Musik adalah bagian dari seni kehidupan. Tanpa musik, dunia seperti kehilangan warnanya. Musik bisa membuat orang menjadi bahagia, semangat atau sedih.

Para penulis papan atas, seperti Dee Lestari justru menjadikan musik sebagai pemacu mood menulis. Sementara beberapa penulis, seniman, pelukis, mahasiswa, bahkan menjadikan musik sebagai sumber inspirasi.

Pengaruh musik bagi psikologi sangat besar. Ada lho, yang gara-gara musik malah bunuh diri. Itulah sebabnya, salah satu judul musik yang mengarah kepada kematian dilarang diperdengarkan. Musik juga bisa bikin pendengarnya gembira dan bersemangat terus.

Surver PyshCentral, North menyatakan bahwa lebih dari 36.000 dari 60 negara di dunia menyukai musik dengan genre yang berbeda. Ternyata perbedaan kesukaan tersebut menandai kepribadian tertentu pada seseorang.

Nah, guys, manakah musik kesukaanmu? Intip lewat genre musik berikut ini. Cekidot!

1Musik Rock

kompasiana.com

Kebanyakan orang berpendapat bahwasanya musik rock sangat dekat dengan kekerasan dan hal negatif. Namun, belakangan diketahui persepsi tersebut salah kaprah.

Penelitian dari North membuktikan bahwa pecinta genre rock justru berkepribadian sensitif, kreatif, santai, lembut dan penyayang.

Penggemar musik rock memang terlihat garang dan galak. Tapi, pada dasarnya mereka makhluk yang kurang percaya diri dan sangat tertutup. Tahukah kamu, mereka juga suka bekerja keras. Hanya saja mereka kurang bisa bersosialisasi.

Jadi, kalau ada teman kamu yang berpenampilan preman dan suka musik rock, belum tentu mereka jahat. Malah biasanya mereka suka menolong dan sangat setia kawan.

Beberapa di antara penggemar musik rock bahkan ada yang jadi pemimpin di negara ini. Contohnya, Jokowi, Ganjar Pranowo dan masih banyak lagi.

2Musik Pop

dailymotion.com

Pop merupakan genre musik dengan penggemar terbanyak. Jika kamu penyuka musik pop yang sedang tren atau masuk dalam 40 musik pop terbaik, artinya kamu berkepribadian lembut dan pekerja keras.

Selain itu, kamu mudah bersosialisasi dan sangat mencintai diri sendiri. Saking cintanya, kadang kamu egois (nah, lho). Sayangnya, kamu kurang kreatif dan sulit berpikir santai. Maunya cepet-cepet aja.

3Musik Dangdut

youtube.com

Ini dia musik asli Indonesia. Kamu penggemar musik dangdut? Jangan malu karena kamu termasuk tipe orang yang sederhana, tidak suka mempermasalahkan sesuatu, asik dan seru diajak berteman.

4Musik Jazz

maricari.com

Musik jazz mungkin sudah tidak setenar zaman dahulu. Namun, hingga kini masih ada segelintir orang yang suka musik jazz.

Apakah kamu salah satunya? Selamat, itu artinya kamu tipe orang yang kreatif banget. Kamu juga bisa menghargai orang lain, santai dan outgoing.

5Musik Klasik

angelinacecilia13510.wordpress.com

Bethoven dan Mozart adalah contoh musik klasik yang masih layak diperdengarkan. Kalau kamu termasuk penyuka jenis musik klasik, berarti kamu memiliki harga diri yang tinggi dan sangat kreatif. Sayangnya, kamu agak tertutup dengan lingkungan sekitar.

6Musik Rap

inspirasi.co

Rap, kini menjadi salah satu tren anak muda zaman kekinian. Lirik lugas dan dinamisasi musiknya bikin kamu selalu enjoy. Penggemar musik rap biasanya mudah bersosialisasi dan sangat bangga terhadap apa yang dia miliki.

7Musik Indie

nobitanobi90.blogspot.com

Musik indie sama halnya dengan buku yang diterbitkan secara indie. Artinya, musik ini dikeluarkan oleh perusahaan musik yang kurang ternama.

Penggemar musik indie termasuk orang yang suka bekerja keras, kurang peka dan kurang memperhatikan dirinya sendiri. Seperti halnya musik indie, penggemarnya juga memiliki kreativitas yang unik.

8Musik Country

musikidea.blogspot.com

Asal musik ini dari dunia barat sana. Kamu yang penggemar musik country berkepribadian supel dan mudah bergaul. Di samping itu, kamu juga pekerja keras.

9Musik Reggae

mjrasta.com

Bob Marley adalah pelopor musik reggae. Penyuka musik reggae biasanya kreatif, senssitf, santai dan supel. Saking santainya, mereka kurang suka bekerja keras.