Tidak cuma Pulau Jawa yang mempunyai beragam menu khas Ramadan. Medan, Bengkulu, Lampung, Pontianak, sampai Bali juga miliki sajian khas yang umum didapati waktu bulan puasa.

Pakat – Tapanuli

Pakat yaitu pucuk batang rotan. Ini yaitu makanan khas suku Mandailing serta Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Tidak hanya di daerah aslinya, pakat dapat juga Anda dapatkan di Medan. ” Sebagian besar konsumen pakat yaitu warga suku Mandailing atau Tapanuli Selatan yang merantau di Medan, ” kata Evriana penjual pakat di Jalan Sisingamangaraja, Medan diambil Okezone.

Pakat dapat di proses dengan beragam cara. Di rebus atau digabung dengan sayuran lain. Tetapi di bulan Ramadan, pakat umumnya dibakar.

Merdeka melansir, umumnya pakat dipotong selama satu meet, dicuci, lantas dibakar satu jam. Harga pakat per batang sekitaran Rp2 ribu sampai Rp3 ribu.

Sesudah masak, pakat dikupas untuk di ambil dagingnya yang putih. Ini lantas dipotong sesuai sama selera lantas dihidangkan berbarengan santan serta serundeng.

Di Medan, Anda dapat temukan pakat dijajakan di Jalan Letda Sujono serta Jalan Prof H M. Yamin-Jalan Aksara.

Gulai Kakuwah, Bengkulu

Gulai ini datang dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Berbahan yaitu beragam type ikan laut, ataupun ikan air tawar.

Makanan yang satu ini biasanya cuma datang sebagai sajian sahur pertama di bln. puasa. ” Umumnya sahur pertama selera makan kurang, untuk memancing supaya selera makan bangkit, sebagian besar warga Mukomuko memasak gulai kakuwah, ” kata tokoh orang-orang Kabupaten Mukomuko, Ansari, diambil Pada.

Ikan yang umum dipakai untuk bikin gulai ini yaitu ikan yang harga nya lumayan mahal. Umpamanya saja tenggiri, gemolo, serta ikan kurau.

Biaya yang dibutuhkan untuk memproses menu ini lebih mahal. Tidak mengherankan bila menu ini tidak sering dimasak warga setempat.

Tidak hanya gulai kakuwah, ada pula gulau Sampadeh serta pindang atau bagar ikan.

Es kopi luwak – Lampung

Lampung Barat yaitu daerah penghasil kopi luwak. Tidak mengherankan bila kopi yang terkenal istimewa serta mahal itu jadi bahan minuman khas Ramadan di kota ini.

Yaitu tradisi orang-orang Lampung Barat untuk berbuka puasa dengan satu gelas es kopi luwak. ” Kopi yang jadikan minuman es ini, mempunyai rasa yang nikmat, diluar itu bisa menolong untuk kembalikan stamina sesudah puasa, ” tutur Siti Mahmuda diambil Pada.

Umumnya, Siti memberikan madu kedalam kopi. Terkecuali memberi rasa legit, dampaknya juga baik untuk badan.

Tidak cuma dijadikan es kopi, banyak orang-orang Lampung Barat yang berkreasi dengan kopi luwak. Ada yang bikin puding kopi luwak, es cream kopi luwak, serta beragam minuman lain yang tidak kalah beri kesegaran.

Tempo melansir, Juni sampai Agustus yaitu saat panen raya kopi luwak. Dalam satu bulan saja, sepuluh perajin kopi luwak yang tergabung dalam Paduan Kopi Luwak Robusta (GKLR) Lampung Barat bisa menghasilkan 500 kg biji kopi–atau 300 kg bubuk kopi–.

Perkebunan kopi di Lampung Barat umumnya ditanami kopi robusta. Ini lantaran kopi arabika kurang pas dibudidayakan di daerah ini.

Masalah harga, kopi luwak robusta dalam bentuk biji meraih Rp500 ribu per kg. Biji kopi goreng Rp1 juta per kg. Sesaat di Lampung Barat, harga biji kopi luwak Rp300 ribu per kg, serta biji kopi goreng Rp450 ribu per kg.

Sotong pangkong – Pontianak

Dalam bahasa Indonesia, sajian ini berarti sotong yang dipukul. Langkah membuatnya memanglah demikian.

Pertama, cumi dikeringkan lantas dibakar dengan arang. Kemudian cumi dipukul-pukul dengan palu. Saos cabai serta cuka rasa ebi atau saus kacang yang dihidangkan berbarengan sotong pangkong bakal memberi kenikmatannya.

Anda bisa temukan sotong pangkong dijajakan di banyak tempat di Pontianak pada bln. Ramadan. Diambil Okezone, sotong pangkong di bandrol sesuai sama ukuran.

Harga nya dari mulai Rp5 ribu sampai Rp50 ribu. Kombinasi gurih, asin, serta pedas bikin sajian ini nikmat.

Sate susu – Bali

Sesuai dengan namanya, sate ini di buat dari daging payudara sapi. Menu ini umum dietmukan di kampung Jawa, Denpasar, Bali waktu Ramadan.

Tribun melansir, sajian ini datang dari Lombok lantas dibawa ke Karangasem, baru Denpasar. Sate susu sapi di bandrol sekitaran Rp2 ribu per tusuk atau Rp20 ribu per jumlah.

Bumbu sate susu tidak sama dengan sate umum yang berbumbu kacang atau kecap. Sausnya terbuat dari tepung beras serta santan, dengan bumbu kencur, cabai merah serta bawang putih.

Rasa-rasanya gurih, teksurnya kenyal. Untuk memperoleh struktur ini, daging susu sapi mesti di rebus empat jam.

Dapat dengan juga sistem presto sekitaran satu jam. Tetapi menurut Api, satu diantara penjual sate susu, cita rasa daging tetaplah lebih enak bila di rebus lantaran bumbunya lebih meresap.

Diambil dari Republika, untuk bikin sate susu, Anda perlu melembutkan bumbu. Bumbunya terbagi dalam bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, jahe, garam, gula, ketumbar, santan, daun jeruk.

Kemudian, tumis bumbu halus dengan daun jeruk serta santan. Daging susu yang telah di rebus dipotong-potong lantas dimasukkan kedalam bumbu.

Diamkan sekitaran 15 menit supaya bumbu meresap kedalam daging. Kemudian tusukkan empat hingga lima potong daging, serta sate juga siap dibakar.

SHARE