Miris sekali kalau melihat anak-anak sekolah, baik itu di tingkat SMA, SMP, ataupun SD melakukan tindakan konyol seperti tawuran. Tindakan seperti ini, bukan hanya membahayakan nyawa pelakunya saja, tapi membahayakan orang-orang di sekitarnya juga.

Tawuran, mungkin bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dalam sistem pendidikan dan pola asuh, baik itu di rumah maupun di sekolah.

Tentu menjadi pertanyaan, kenapa anak-anak ini mengedepankan emosi dan memilih perpecahan untuk menyelesaikan masalahnya?

jurukunci.net
jurukunci.net

Mungkin, sebagai orang di sekitarnya kita perlu mengajarkan sejarah kepada mereka, melihat balik apa yang dilakukan oleh para pahlawan di zaman dahulu. Belajar sejarah agar anak-anak bisa memaknai makna sebuah persatuan.

Bahwa persatuan itu, lebih utama daripada mengedepankan kepentingan pribadi atau golongan. Bukankah hal ini sudah disampaikan oleh orang-orang terdahulu dengan isi sumpah pemudanya.

Lalu, apakah anak-anak yang tawuran itu belum mengetahui tentang isi sumpah pemuda ini?

masturnado.com
masturnado.com

Sepertinya di SD kelas 3 sudah ada deh pelajarannya. Seharusnya kan mereka tahu. Tapi kenapa mereka lebih memilih untuk saling menyakiti dengan melakukan tawuran?

Yup, mungkin saja pelaku-pelaku tawuran tersebut tidak benar-benar memahami isi sumpah pemudanya. hanya sekedar tahu saja. Memangnya, apa sih sebenarnya makna isi sumpah pemuda itu?

Yuk kita cari tahu makna dari isi sumpah pemuda, agar kita tahu dan bisa menyampaikannya kembali kepada generasi muda di sekitar kita.

1Sejarah Sumpah Pemuda

en.wikipedia.org

Kalau kita menengok kembali sejarah pergerakan untuk mencapai kemerdekaan, maka hal itu erat kaitannya dengan ikrar yang disampaikan para pemuda untuk menegaskan cita-cita kemerdekaan.

Untuk menyatakan ikrar itu, maka diadakanlah kongres pemuda kedua yang diselenggarakan di lapangan Banteng pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres ini menghasilkan sebuah keputusan yang dinamakan Sumpah Pemuda.

wikandatu.blogspot.com
wikandatu.blogspot.com

Penggunaan istilah Sumpah Pemuda sendiri tidak muncul dari hasil kongres, namun diberikan setelahnya. Kamu mau tahu isi Sumpah Pemudanya? Yuk kita lihat dengan ejaan zaman dulunya seperti apa.

Pertama
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

2Makna Sumpah Pemuda

fromnothing-something.blogspot.com

Jika kita lihat makna secara umum, isi sumpah pemuda ini mengajak seluruh pemuda pada zaman itu untuk bersatu. Hal ini bisa kita lihat jelas dari kata-kata dalam isi sumpah pemuda tersebut.

Pada isi sumpah pemuda yang pertama, dikatakan bahwa kita memiliki tumpah darah yang satu, yaitu tanah Indonesia. Di sini maknanya dalam sekali, yaitu bahwa Indonesia ini milik kita bersama.

catatanfriska.blogspot.com
catatanfriska.blogspot.com

Ketika kita menyadari bahwa Indonesia adalah milik bersama, maka hilanglah niat ingin menguasai sebagian dari Indonesia ini. Apalagi memanipulasi sumber daya alam untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Jadi anak-anak muda zaman sekarang pun perlu sadar akan hal itu. Jangan sampai ada anak sekolah lain lewat depan sekolahnya saja disakiti. Ingat bahwa ini adalah tanah air kita bersama.

translatemedia.com
translatemedia.com

Dari isi sumpah pemuda yang pertama, kita sambung dengan isi sumpah pemuda yang kedua, di mana dikatakan di sana, kita berbangsa yang satu, yaitu bangsa Indonesia.

Apa ya yang dimaksud bangsa yang satu? Walaupun kita berasal dari berbagai macam budaya yang terkadang memiliki aturan dan tata krama yang bertolak belakang, namun hal tersebut tidak boleh memecah belah kita.

Jadi selama kita masih berada di wilayah NKRI, maka kita adalah satu bangsa, walaupun karakter kita berbeda, walaupun agama kita berbeda, walaupun bahasa kita berbeda.

Untuk menjadi satu bangsa yang saling memahami dan bisa saling berkomunikasi itulah, maka saat kongres pemuda kedua disepakati bahwa bahasa persatuan yang kita pakai adalah bahasa Indonesia. Hal ini tercatat di isi sumpah pemuda yang ketiga.