Kisah berikut ini bukanlah cerita di film atau sinetron melainkan Sebuah kisah nyata. Seorang ibu dikabarkan melahirkan di dalam sebuah mobil yang terjebak di kemacetan.

Purnamawati (25), istri seseorang anggota TNI, harus melahirkan didalam mobil di tengah kemacetan di daerah Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (11/4/2016) pagi. Purnamawati melahirkan di tengah perjalanannya menuju rumah sakit.

Menurut Wakasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Eko Setio, kisah ini bermula dari informasi yang diberikan suami Purnawati, Pelda Ono Caryadi, anggota TNI AD Korem 051 Cikarang, yang meminta pertolongan pengawalan ke rumah sakit terdekat.

“Pada pukul 08.15 WIB, anggota kami yang sedang bertugas dihampiri mobil Avanza B 1925 FOZ. Pengemudi meminta pengawalan karena istrinya mau melahirkan,” papar Eko di Mapolda Metro Jaya, Senin.

Eko menjelaskan, Aiptu Sugeng dan Aipda Saefudin Zuhri lah yang sedang bertugas dikala itu. Petugas polisi segera memberikan pengawalan dengan mengemudikan mobil patroli K. 924.

Di tengah perjalanan, mobil yang dikemudikan Ono justru berhenti mendadak. Ia memohon salah seseorang petugas PJR untuk mengemudikan mobilnya. Pasalnya, Ono harus memegangi istrinya yang tengah ingin melahirkan. Peristiwa ini terjadi persis di bawah jalan layang tol Wiyoto Wiyono

“Situasi arus lalu lintas pagi itu macet, membuat ibu tersebut tidak tahan lagi. Akhirnya, ibu tersebut melahirkan di dalam mobil,” kata Eko.

Kabar baiknya, Ibu serta anak perempuannya yang barusan lahir dalam keadaan sehat dan selamat. Meski tampak lemas, istri Ono tetap memegang bayinya yang masih berlumuran darah. Mereka langsung dibawa ke Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, untuk memperoleh perawatan intensif.