Laki-laki maupun perempuan dikatakan siap untuk menikah adalah ketika telah muncul hastrat untuk melakukan hubungan biologis suami istri.

Adapun laki-laki yang memiliki hasrat namun secara materi dan kedewasaan belum mumpuni untuk menikah, maka yang sering dilakukannya adalah memilih perempuan untuk dijadikan pacar.

Padahal, jika mereka menyimpan hasrat tersebut kepada yang lebih pantas, bisa saja akan meningkatkan keinginannya untuk mencukupkan kebutuhan materi lalu menikahlah dengan perempuan pilihannya.

Nah, kemampuan untuk memilih seorang perempuan untuk dijadikan istri, bisa kamu lihat dari empat jenjang rasa.

1Rasa Cenderung

axltwentynine.com

Laki-laki, tentu memiliki rasa kecenderungan terhadap lawan jenisnya. Hal kecil yang bisa menjadi contoh adalah pandangan laki-laki ketika melihat perempuan cantik, rambutnya tergerai, tinggi semampai dan sebagainya.

Itulah, contoh rasa cenderung dalam perihal mata. Lantas, rasa cenderung seperti apakah yang mampu membuat perempuan pantas untuk dijadikan istri?

arwan.web.id
arwan.web.id

Adalah caranya merawat diri dapat dilihat dari cara berpakaiannya. Bicaranya sesuai kebutuhan, tidak melebihkan maupun mengurangi. Perempuan tersebut berteman dengan orang yang baik.

Keramahan dan kelembutannya terhadap orang-orang disekitarnya. Serta kedekatannya dengan Tuhan-nya melalui intensitas ibadahnya.

Lalu, apakah calon kamu sudah memenuhi syarat di tersebut?

2Rasa Tenteram

batikmantap.wordpress.com

Jika pada rasa cenderung, kamu telah yakin kepadanya. Segeralah nikahi dia. Agar kalian merasa tenteram, bebas melakukan apa saja berdua.

Tenteramnya bagi seorang perempuan diantaranya, ada laki-laki yang bisa menjadi pelindung, penasehat yang bijak dan sandaran yang nyaman untuk meluapkan apa-apa yang telah membuatnya kesal dalam sehari.

wiwikhaylila.wordpress.com
wiwikhaylila.wordpress.com

Begitu juga pada rasa tenteram bagi laki-laki. Kamu akan mendapati istrimu memasakkan makanan terbaik untukmu, membersihkan pakaianmu serta menjadi penyejuk mata yang akan selalu kamu rindukan kehadirannya.

Rasa tenteram yang dikemas apik oleh pasangan suami istri, akan berdampak pada membuncahnya kasih dan sayang yang kontinyu dan tak akan habis-habisnya untuk mengucap syukur.

3Rasa Kasih

hatree.co

Kasih merupakan kata kerja. Ketika sepasang laki-laki dan perempuan telah meresmikan ikatan mereka dalam pernikahan, maka keduanya akan sangat sering melakukan interaksi.

Interaksi inilah yang nantinya bersumber pada kasih. Sebuah rasa yang ingin memperlihatkan kebaikan-kebaikan pada setiap pribadi. Sebuah kegiatan yang akan membekas sehingga akan sangat sulit dilupakan.

aliadelina.blogspot.com
aliadelina.blogspot.com

Kasih sebagai kata kerja, membutuhkan lawan bicara untuk memperhatikan apa yang disampaikan dengan seksama. Suami paham betul ketika istri sedang dirundung masalah, maka yang dibutuhkan adalah pundaknya.

Begitupula ketika suami sedang menumpuk pekerjaan di kantor yang belum terselesaikan, maka tugas istri adalah menyiapkan tempat yang nyaman baginya untuk berdiam diri. Lantas pergi meninggalkan suami untuk mempermudah ia mencari solusi.

4Rasa Sayang

katakatamutiaralogs.com

Jika rasa kasih telah terpatri pada suami istri, maka sayang akan sangat mudah muncul di antara keduanya. Rasa sayang dapat menyingkap keburukan-keburukan.

Sayang, akan menampik setiap luka menjadi bahagia karena yang terkasih tidak ingin disakitinya. Dengan sayang, kehidupan rumah tangga akan menjadi tempat yang memang benar-benar kembali. Mengapa?

Karena di rumah, rasa sayang itu berkumpul. Istri yang berpenampilan menawan saat suami pulang dari kantor. Anak-anak yang dengan sangat gembira menyambut ayahnya dan tak jarang mengajak sang ayah bermain.

dekamuslim.blogspot.com
dekamuslim.blogspot.com

Bukankah, kebahagiaan itu hanya sebagian kecil dari rasa sayang yang terpelihara? Bukankah, menjadikan perilaku yang baik bagi setiap anggota keluarga adalah tugas ayah dengan bantuin istri yang mengingatkan?

Itulah nikmatnya hidup. Dari keluarga, orang-orang berpengaruh bermunculan. Mari menjaga keharmonisan keluarga dengan rasa kasih dan sayang!