Bulan Ramadhan tinggal hitungan sebulan lagi, namun rasanya umat Muslim masih belum sadar tentang persiapan yang harus dilakukan menyambut bulan penuh berkah dan ampunan tersebut.

Beda ketika ada momen hura-hura, justru banyak sebagian besar umat Muslim yang bergegas untuk menyambutnya dengan berbagai persiapan.

Karena memang hakikatnya, apa-apa yang dilarang atau menuju jalan setan itu dibuat indah dan menyenangkan oleh setan agar anak cucu Adam terpedaya dan lupa kepada Rabb mereka.

Nah, berbicara tentang persiapan menyambut bulan Ramadhan. Tak hanya masalah fisik saja untuk mendukung kekuatan puasa sebulan penuh, namun juga kekuatan ruhani untuk bisa istiqomah mendekatkan diri kepada Allah.

Sehingga harapannya tak hanya selama bulan Ramadhan saja umat Muslim menjadi kusyu’ beribadah, namun selepas itu justru iman semakin kuat dan mantap dalam menjalani kehidupan.

Salah satu yang akan kita temui di bulan Ramadhan adalah 10 hari terakhirnya. 10 hari yang penuh dengan rahmat, berkah, pahala, dan tentunya ampunan dari Allah.

Dan di antara 10 hari ini ada satu hari yang disebut Lailatul Qadar, atau malam seribu bulan, dan barangsiapa mendapatkannya maka selamat lah hidupnya hingga ke syurga kelak.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan umat Muslim di 10 hari terakhir adalah melakukan I’tikaf di dalam masjid. Tak hanya sekedar berdiam diri, namun memaksimalkan diri mendekat kepada Allah.

Nah, apa saja sih kenikmatan yang bisa kita dapat dari melakukan I’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini?

1Khatam Al Qur’an dengan Lebih Cepat

safrinadewi.wordpress.com

Tanpa sadar, untuk menyibukkan diri dengan kebermanfaatan di dalam masjid selama I’tikaf, kita telah menghabiskan berlembar-lembar halaman di Al Qur’an. Dan bahkan ada yang mampu khatam dalam waktu semalam!

Bagaimana rasanya membaca Al Qur’an di tempats etenang dan senyaman masjid? Rasanya sungguh luar biasa nikmat! Apalagi jika kita bisa mengkhatamkan atau tilawah Qur’an lebih lama dan banyak daripada biasanya.

2Sholat Lebih Kusyu’

alisunandar.wordpress.com

Jika di rumah sholat tahajud atau qiyaumul lail biasa dilakukan sendiri, dan mungkin kurang kusyu’ karena masih ada beberapa pikiran atau dan sebagainya.

Maka di saat I’tikaf kita bisa melakukan sholat tahajud berjamaah, dan biasanya bacaan surat pendek imam dibuat panjang agar kita bisa lebih lama berdiri dan merasakan kusyu’ dalam sholat.

Rasakan lah, kenikmatan kusyu’ yang tiada duanya di rumah Allah, masjid!

3Bertemu dengan Saudara Seiman

buyamasoedabidin.wordpress.com

Saat I’tikaf di masjid kita tak hanya sendirian, jadi tak usah takut. Biasanya banyak masjid yang membuka profram I’tikaf, sehingga banyak jamaah yanga kan datang di masjid-masjid tersebut berburu keberkahan di akhir Ramadhan.

Di sana kamu bisa menjalin silaturahim dengan sudara seiman baru yang kamu kenal. Namun jangan sampai perkenalan itu berlanjut gosip atau ketidakbermanfaatan, karena niatmu kan ke masjid untuk beribadah. Hehehe.

4Ada Program Manarik di Masjid-masjid

icunabra.blogspot.com

Dan yang terakhir, kenikmatan saat di bulan Ramadhan adalah berlomba-lombanya para dermawan untuk mendapatkan pahala Allah dengan memberi makan orang lain yang sedang berpuasa.

Maka pada saat 10 hari terakhir di bulan Ramadhan kamu tak usah kaget jika di masjid-masjid yang membuka program I’tikaf akan menyediakan makan sahur gratis bagi semua jama’ahnya.

Nah, nikmat sekali bukan? Semoga dengan semua kenikmatan yang Allah beri itu akan membuat umat Muslim semakin semangat juga dalam menyambut Ramadhan dengan penuh ketakwaan dan ketaatan.