Bisnis kreatif telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan anak muda Indonesia saat ini. Mereka banyak yang mencoba peruntungan dengan menampilkan ide-ide kreatifnya melalui hobi atau keterampilan seni yang dimilikinya.

Salah satunya melalui keterampilan dalam dunia seni rupa seperti melukis dan menggambar. Dengan bekal kepiawaiannya dalam melukis atau menggores sketsa, mereka mencoba untuk mengemasnya dalam bentuk bisnis.

Berikut ini beberapa bisnis kreatif dengan memanfaatkan kemampuan menggambar atau melukis yang barangkali bisa kamu coba di rumah. Jadi kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan pundi-pundi uang dari hasil berjualan karyamu.

1Undangan Pernikahan yang Anti-Mainstream

hipwee.com

Bagi kamu yang ahli dalam dunia menggambar wajah orang bisa mencoba memanfaatkan peluang yang satu ini. Mendesain undangan pernikahan yang lain daripada yang lain dengan menampilkan wajah kedua pasangan calon mempelai merupakan suatu hal yang unik dan menarik.

Kamu bisa melengkapinya dengan desain peta denah tempat pesta pernikahan kedua mempelai yang dibikin mirip dengan peta harta karun misalnya. Cara ini akan membuat desain milikmu tampak berbeda sehingga banyak orang akan tertarik memilikinya.

Pertama kali untuk memasarkan jasamu ini, bisa kamu mulai dari orang-orang terdekat. Bisa dari keluarga, sahabat, teman nongkrong atau orang-orang yang baru kamu kenal.

Konsistensi dan upaya maksimal untuk mendapatkan hasil desain yang terbaik pada akhirnya akan mendorong banyak orang merekomendasikan dan menggunakan jasa desain undanganmu. Dan pada akhirnya bisnis yang kamu mulai dari kecil akan berkembang semakin besar dan menjanjikan.

2Sketsa Foto Pengantin

hipwee.com

Bila sebelumnya kamu bisa memanfaatkan bakat menggambarmu dengan menawarkan jasa desain undangan pernikahan. Selainnya kamu bisa juga menawarkan jasa melukis pengantin.

Lukisan yang kamu buat bisa digunakan sebagai pengganti foto pre-wedding yang sudah mainstream digunakan oleh para calon pasangan mempelai yang akan menikah. Patut disadari pula bahwa jasa ini memang membutuhkan kesulitan yang lebih tinggi.

Karena kamu harus bisa melukis wajah kedua pasangan calon pengantin mirip bahkan sama persis dengan aslinya. Hal ini semata-mata agar konsumen yang menggunakan jasamu begitu terkesan dan dapat memberikan rekomendasi kepada orang lain.

Maka kamu perlu untuk sering-sering membuat sketsa wajah di sela-sela aktifitasmu agar semakin tinggi jam terbangmu dalam melukis sketsa wajah. Sehingga pada saat ada pesanan, kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk menerima orderan karena kamu sudah bisa dibilang mumpuni.

3Sulap Barang Bekas dengan Gambar Vintage dan Jual Kembali

hipwee.com

Assesoris yang unik dan berkesan klasik kini mulai banyak dicari di pasaran. Banyak anak muda yang menghiasi rumahnya dengan aksen-aksen klasik dan vintage untuk memberi kesan berbeda. Untuk kamu yang memiliki kemampuan menggambar bisa mengambil peluang ini juga lho.

Berkecimpung di bisnis assesoris rumah berkesan klasik atau vintage sangatlah murah. Kamu bisa memulainya bermodalkan barang bekas yang ada di rumahmu dengan mengolahnya kembali. Berikan sentuhan kreatifitas pada barangmu itu dan jadilah assesoris yang siap kamu jual.

Contohnya seperti membuat jam dinding vintage. Kamu cukup memanfaatkan piring atau tatakan berbahan kayu, cat kayu dan pendulum jam dinding. Selanjutnya berikan gambar beraksen vintage pada badan jam agar terlihat menawan. Dan rangkai menjadi sebuah jam.

Bila sudah jadi, kamu bisa memasarkan hasil karyamu melalui jejaring sosial yang sudah ada. Menarik bukan?

hipwee4

Media lain yang dapat dimanfaatkan untuk menghadirkan hasil karyamu kepada konsumen contohnya seperti sepatu, tas dan bantal. Kamu dapat membuat desainnya sesuai dengan permintaan si pemesan.

Melalui cara ini, kamu memiliki nilai tersendiri dibandingkan penyedia produk yang sama. Karena kamu selalu menawarkan produk yang limited edition sesuai permintaan pembeli. Yang penting kamu harus selalu bisa menjaga kualitas.

Sehingga dijamin para konsumen akan setia dan bisa menjadi pelanggan dengan selalu memesan di tempatmu. Khususnya ketika merayakan hari istimewa mereka.