Jagung adalah komoditas pertanian yang sangat banyak di Indonesia. Bisa dibilang kalau jagung ini termasuk bahan pangan yang murah. Masyarakat biasa menggunakan jagung sebagai pengganti nasi atau hanya sekedar jajanan.

Jagung adalah bahan pangan potensial yang bisa menggantikan nasi. Karena kandungan karbohidrat dan zat-zat lainnya yang tidak kalah komplek dengan nasi. Meskipun jagung lebih populer dijadikan sebagai jajanan.

Berbagai macam jajanan bisa dibuat dari jagung. Dibuat keripik, pop corn, gorengan, dan lain lain. Bahkan pengolahan yang sangat sederhana sekalipun dapat menjadikan jajanan yang enak dan meningkatkan nilai jual jagung.

Dengan hanya membakar jagung maka jadilah jajanan jagung bakar. Sangat nikmat ketika masih hangat. Ditambah rasa manis dari jagung tersebut menambah nikmatnya jagung bakar.

Itu adalah kesan jagung bakar dahulu, jagung bakar ya dibakar. Namun jaman sekarang, jagung bakar sudah bukan lagi sekedar jagung bakar biasa. Jagung bakar sekarang memiliki banyak varian rasa.

Mau tahu apa saja varian rasa jagung bakar yang banyak diminati? Simak penjelasan berikut tentang berbagai varian rasa jagung bakar.

1Jagung Bakar Manis

nitariway.blogspot.com

Rasa manis dari jagung bakar yang sudah sangat enak ditambah bumbu rasa manis. Rasa manisnya jadi berlapis lapis. Rasa manis ini cukup populer di kalangan remaja karena memang rasa yang ringan.

Biasanya rasa ini diminati para anak anak. Karena anak anak yang masih kecil biasanya tidak suka makan pedas. Dan cenderung menyukai jajanan yang manis manis. Namun banyak juga remaja putri yang menyukai rasa manis ini.

2Jagung Bakar Manis Pedas

aeunike.wordpress.com

Mungkin rasa ini adalah rasa yang bisa dianggap netral. Karena rasa pedas dan manis ini keduanya saling menetralkan. Sehingga tidak ada rasa terlalu pedas ataupun terlalu manis.

Terkadang jajanan yang terlalu manis lama kelamaan akan membuat cepat bosan. Namun berbeda jika dicampur dengan rasa pedas. Dan untuk rasa pedas sendiri menjadi penambah rasa pada jajanan rasa manis.

3Jagung Bakar Asin Pedas

caraka-online.com

Rasa asin biasanya memiliki efek berkebalikan dengan rasa manis. Kenapa? Jajanan dengan rasa asin atau gurih akan menyebabkan orang yang memakah tidak cepat bosan.

Jagung dengan rasa asin pedas jelas ditujukan untuk para penggemar pedas. Rasa asin yang ada menambah cita rasa dari jagung bakarnya. Penggemar rasa asin pedas ini cenderung pada laki laki baik remaja maupun dewasa.

4Jagung Bakar Asin Manis Pedas

sambalpedaz.blogspot.com

Tiga rasa jadi satu sehingga rasanya sangat rame dalam satu gigitan. Mungkin para penjual jagung bakar terinspirasi produk permen yang iklannya manis, asem, asin rame rasanya.

Mengombinasikan 3 rasa sekaligus dalam jagung sungguh memberikan rasa yang sangat enak. Enaknya rasa manis yang bercampur dengan pedas yang memberi semacam kejutan ditambah rasa asin yang enak.

5Jagung Bakar Keju Pedas

adielvyruz.blogspot.co.id

Untuk jagung rasa keju pedas ini sedikit berbeda. Karena membakarnya dengan dibungkus daun pisang. Jagung diolesi dengan margarin kemudian dibungkus daun pisang. Bakar setengah matang lalu buka bungkus daun pisangnya.

Setelah proses membakar dengan daun pisang selanjutnya adalah melumuri jagung dengan bumbu pedas yang sudah disiapkan. Kemudian bakar lagi. Sambil dibakar sambil terus diolesi bumbu.

Setelah matang taburi jagung bakar pedasnya dengan parutan keju. Santap jagung bakar selagi hangat agar lebih nikmat.

6Jagung Bakar Santan

adielvyruz.blogspot.co.id

Untuk bakaran jagung yang satu ini selanjutnya sedikit rumit karena menggunakan santan dan bumbu halus. Namun akan terbalas dengan rasa jagung bakar yang nikmat berbalut santan gurih.

Siapkan bumbu halusnya yaitu bawang putih, cabai merah, garam, gula pasir. Haluskan dan tumis hingga harum. Masukkan santan dan rebus sampai mendidih. Santan digunakan untuk bumbu jagungnya.

Rendam jagung mentahnya dalam santan selama 1 jam agar bumbu meresap. Kemudian bakar dan terus olesi santan dan mentega. Bakar sampai benar benar matang. Setelah matang sajikan dan siap dimakan.

SHARE