Bagi seorang ibu, memberikan sesuatu yang terbaik untuk anak anaknya adalah sebuah impian. Terutama bila hal itu menyangkut dengan kesehatan dan pendidikan.

Mungkin tidak sedikit ibu yang melarang para anaknya untuk menghentikan kebiasaan untuk jajan sembarangan diluar.

Tapi pada kasus seperti ini, anak sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan lingkungan luar si anak adalah lingkungan yang membuatnya terus tergoda untuk jajan sembarangan.

Walaupun sebagai ibu kamu telah memberikan pengertian akan bahaya jajan sembarangan dari segi kesehatan namun si anak tetap saja melanggarnya.

Dia tidak begitu peduli dengan hal itu. Untuk itu, sebagai orang tua kamu harus pintar mengalihkan keinginannya agar tidak melirik jajan diluar.

Bagaimana caranya? Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut agar si buah hati tidak jajan sembarangan lagi.

1Memberi Contoh

www.merries.co.id

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam menasehati si kecil adalah dengan memberikannya contoh dari perilaku dan kebiasaan yang benar. Jika kamu melarang si buah hati untuk tidak jajan sembarangan, maka kamu harus menerapkannya juga.

Ketika seorang anak dilarang untuk melakukan suatu hal maka dia akan memperhatikan dan meniru kebiasaan dari orang tuanya. Mereka akan terus memperhatikan apakah kamu masih suka jajan sembarangan atau tidak. Bila kamu masih melakukannya maka kepercayaan anakmu akan hilang.

2Membuat Camilan Sendiri

www.am-card.com

Jika kamu mempunyai anak yang gemar sekali dengan cemilan, maka kamu sebagai orang tua juga harus melakukan langkah yang tepat agar buah hatimu tidak larut dalam kebiasaan jajan sembarangan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat cemilan sendiri di rumah. Tidak ada salahnya juga untuk mengajak si kecil untuk turut andil dalam membuat cemilan mereka sendiri. Mereka akan lebih senang dan menikmati hasil usahanya dalam membuat cemilan favorit mereka.

3Sarapan di Rumah

spiritriau.com

Biasakan kepada anak untuk selalu sarapan sebelum mereka berangkat ke sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi selera jajan mereka saat berada di sekolah. Sebab jika si buah hati berangkat dengan perut yang kenyang mereka akan malas untuk melirik jajan saat berada di sekolah.

Selain itu, dengan sarapan di pagi hari sebelum berangkat sekolah akan memberikan energi yang cukup untuk anak anak dalam beraktivitas di pagi hari. Jangan lupa untuk memvariasikan menu setiap hari agar si kecil tidak merasa bosan untuk sarapan di rumah.

4Membawa Bekal

www.deviantart.com

Untuk anak yang mempunyai waktu di sekolah lebih panjang, sebaiknya siapkan bekal makan siang untuk mereka. Cara ini selain bisa menghemat pengeluaran juga dapat membuat mereka tidak terlalu berselera untuk jajan karena telah merasa kenyang.

Tapi perlu diperhatikan juga untuk membuat bekal makan siang mereka terlihat menarik agar mereka tidak merasa bosan membawa bekal setiap harinya.