Setiap dari kamu pasti masih ingat bagaimana masa-masa kecilmu dulu. Khususnya di saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Di masa itu salah satu yang pasti masih kita ingat adalah jajanannya.

Setiap hari kita mendapatkan uang saku untuk dibelikan jajanan tho. Sewaktu kita SD dulu, hampir setiap akan masuk dan pulang sekolah, abang penjual berbagai macam jajanan sudah siap memanjakan kita dengan barang dagangannya.

Uniknya, ada beberapa macam jajanan yang hampir di setiap SD bisa kita temukan. Jajanan itu memang banyak disukai dan sampai sekarang masih menjadi primadona para abang penjual jajanan.

Jangankan yang masih SD, kamu saja yang usianya sudah melewati usia SD masih suka mencari jajanan ini karena rasanya yang enak dan murah meriah.

Berikut ini beberapa macam jajanan yang menjadi favorit banyak anak SD hingga saat ini.

1Cilok

flickr.com

Jajanan yang sebutannya dari singkatan aci dicolok ini berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari tepung kanji atau dalam bahasa Sunda disebut dengan aci yang dicampur dengan daging ayam atau sapi.

Namun banyak juga pedagang yang hanya menggunakan kaldu sebagai bahan campurannya.

Bahan-bahan yang dicampur tadi kemudian dibentuk bulat-bulat kecil. Tak ketinggalan bumbu pelengkap yang terbuat dari sambal kacang, kecap atau saus tomat. Ada yang mengatakan bahwa cilok ini mirip sekali dengan bakso karena bentuk dan bahannya.

Jajanan ini benar-benar menjadi kegemaran anak-anak. Bahkan remaja dan dewasa pun banyak yang suka. Apalagi bila bumbu sambal dan sausnya pas di lidah. Pasti akan ketagihan dan ingin terus menikmatinya.

2Batagor

bismamuslim.wordpress.com

Jajanan ini juga berasal dari Bandung, Jawa Barat. Singkatan dari bakso tahu goreng. Biasanya disajikan dengan bumbu yang mirip dengan cilok, sambal kacang, kecap dan saus tomat.

Sesuai dengan kepanjangannya, batagor terbuat dari tahu yang dilembutkan, kemudian dicampur dengan adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Setelah itu dibentuk bulat-bulat dan digoreng.

Setelah matang disajikan bersama bumbu pelengkap ditambahkan air perasan jeruk nipis.

3Cimol

kuliner.panduanwisata.com

Jajanan ini juga berbahan baku tepung tapioka atau tepung kanji. Mirip dengan cilok maupun batagor. Asalnya pun dari Jawa Barat.

Proses pembuatannya sangat mudah, tepung dibasahi dan diaduk hingga kalis. Selanjutnya dibentuk bulat dan digoreng. Setelah diangkat kemudian diberi bumbu dalam bentuk bubuk dengan berbagai varian rasa. Seperti pedas manis, keju gurih, ataupun barbeque.

Cimol sangat enak jika dinikmati selagi masih hangat. Sebab jika sudah dingin, cimol akan mengeras dan kempes. Serta lebih sulit untuk dikunyah. Karena kekenyalannya, sekalinya kamu menggigit, serasa ingin makan lagi dan lagi.

4Gulali

ilonadea.blogspot.com

Jajanan yang memiliki rasa manis ini memang bukan asli Indonesia. Namun gulali sudah terkenal sejak dahulu dan menjadi jajanan favorit masyarakat. Bahkan sebelum masa kemerdekaan, gulali sudah terkenal hingga pelosok negeri.

Rasanya yang selalu manis memang menjadi kegemaran banyak orang. Apalagi anak-anak. Gulali berbahan dasar gula pasir dengan campuran pewarna makanan. Makanan ini terdiri dari dua bentuk.

Ada yang berbentuk seperti kapas yang sering juga disebut sebagai kembang gula. Ada juga yang berbentuk seperti permen dan mudah dibentuk. Keduanya akan lumer ketika masuk mulut.

Menariknya dari gulali ini, khususnya yang berbentuk permen. Kita bisa memesan bentuk-bentuk yang berbeda sesuai keinginan kita. Biasanya abang penjual gulali bisa melakukannya. Bentuknya pun bisa beraneka ragam. Bisa berbentuk hewan atau bunga.

5Tempura

flickr.com

Kalau di restoran ala Jepang, makanan yang satu ini memang mahal harganya. Tidak mungkin anak SD bisa membelinya dengan uang saku yang sangat terbatas.

Yang dimaksud tempura di sini adalah jajanan yang terbuat dari olahan daging ikan dengan berbagai macam variasi dan bentuknya. Biasanya disajikan dengan digoreng.

SHARE