Bulan suci Ramadhan tinggal sebentar lagi akan menyapa umat Muslim di seluruh belahan bumi ini. Hiruk pikuknya mungkin masih belum terasa, namun bagi sebagian besar umat Muslim kerinduan sudah mulai hadir dalam hati masing-masing.

Antara rasa khawatir juga apakah masih ada kesempatan dari Allah untuk menemui bulan suci penuh rahmat dan ampunan tersebut, juga rasa senang karena akan menemui sebuah bulan dengan suasan hari-hari yang begitu menenangkan.

Salah satu suasana khas yang mungkin hanya akan bisa kita temui saat bulan Ramadhan adalah suasana malam hari setelah sholat tarawih usai sampai menjelang waktu sahur di masjid-masjid, yang ramai dengan tadarus Qur’an.

Baik anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan kakek nenek dan remaja ikut berbondong-bondong tadarus Qur’an dengan harapan ikut memperbaiki bacaan Qur’annya, sambil bersilaturahim dan menambah banyak pahala.

Dan kesempatan ini juga tak disia-siakan oleh beberapa dermawan yang mengharapkan pahal Allah dengan menyedekahkan hartanya untuk memberikan makanan atau jajanan bagi mereka yang bertadarus.

Untuk masyarakat Indonesia, pasti sangat akrab sekali dengan jajanan khas di malam-malam tadarus Qur’an ini, yang semakin menambah semangat untuk menghabiskan malam di masjid tersebut.

1Gorengan

infokuberita.com

Bagaimana pun makanan inis elalu menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Rasa gurih dan penyajiannya yang praktis membuatnya disukai baik pedagang maupun pembelinya.

Gorengan juga enak disantap di suasana malam yang dingin, apalagi jika sajiannya masih hangat-hangat.

2Teh Hangat

resep-makananku.com

Dipadukan dengan gorengan yang masih hangat, minuman favorit ini selalu menjadi teman setia saat suasana apapun termasuk saat tadarus Qur’an.

Masyarakat Indonesia menyukai minuman teh hangat ini selain manis, bisa menghangatkan perut, juga memang praktis dan sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia.

3Kopi Hangat

kemilauindonesia.wordpress.com

Bagi bapak-bapak, kakek-kakek, atau beberapa anak-anak dan remaja yang menyukainya, kopi hangat juga slealu dinantikan untuk menjadi minuman favorit di malam-malam tadarus Qur’an.

Penyajiannya biasanya bersanding dengan teh hangat, sehingga para jamaah tadarus bisa memilih sendiri mana minuman yang akan mereka minum.

4Jajanan Pasar

www.diahdidi.com

Jajanan pasar seperti lemper, kue kukus, nagasari, dan kue lapis biasanya selalu menjadi makanan yang akan dihidangkan bersanding dengan gorengan saat malam tadarus tiba.

Selain bisa mengganjal perut, makanan-makanan ini juga disukai semua kalangan umur, dan tentunya akan menambah semangat para jamaah untuk mengkhatamkan Qur’an bersama-sama dalam satu malam tersebut.

Hmm, luar biasa sekali ya, suasana keakraban dan kedermawanan yang secara tak langsung terlihat di malam-malam tadarus Qur’an pada bulan Ramadhan di Indonesia ini.

Rasanya semakin tak sabar menanti bulan suci penuh rahmat dan ampunan tersebut tiba menyapa kita semua.