Kalau kamu ingin backpacker ke luar negeri, cobalah Singapura sebagai destinasi pertamamu di kawasan Asia Tenggara.

Singapura punya tata kota yang rapi, transportasi yang jauh lebih teratur, sajian kuliner yang memanjakan lidah, sampai amusement park yang akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Kamu masih ragu soal tiket? Ongkos hidup selama berlibur di Singapura? Apakah dalam bayanganmu, semua itu mahal sekali? Ah, tidak juga.

Kamu bisa sangat berhemat, hanya mengeluarkan ongkos sedikit untuk berlibur ke Singapura, asalkan kamu pandai menyusun strategi liburanmu. Mau tahu bagaimana caranya?

1Pilih Transportasi Ekonomis

matthewwilliamsellisdotphotoshelter.com

Kamu Cuma akan berlibur sebentar ke Singapura. Tidaklah perlu naik pesawat yang mahal. Pilih pesawat paling murah, tapi tentunya tetap harus diperhatikan soal pelayanan, keamanan dan keselamatan maskapainya.

Perjalanan ke Singapura hanya memakan waktu 1,5 jam. Kamu bisa memilih kelas ekonomi dengan harga tiket di bawah 1 juta rupiah untuk sampai ke negara tersebut.

2Manfaatkan Momen

scmp.com

Biaya paling banyak biasanya makan dan membeli souvenir. Soal souvenir, kalau tak begitu penting dan hanya jadi pajangan saja, lebih baik tahan keinginanmu. Gunakan uang sehemat mungkin, dan dahulukan untuk urusan makan.

Nah, kalau kamu ingin mengunjungi tempat menarik, manfaatkan saja berbagai festival dan event yang mendukung upaya penghematanmu. Dalam berbagai event yang diselenggarakan, biasanya ditawarkan juga berbagai deals menarik.

Misalnya saja, diskon belanja selama event berlangsung. Syaratnya, kamu harus menunjukkan kartu kredit pada suatu waktu tertentu. Kamu akan mendapat potongan harga.

3Makan di Street Food

flightcentre.co.uk

Jangan memilih makan di restoran, kalau kamu hendak berhemat. Pilihlah street food sebagai tempat makanmu. Street food Singapura terkenal otentik dan kaya rasa.

Kamu bisa mencicip makanan dengan aneka bumbu, mulai dari chinese food, makanan peranakan Arab dan India, sampai nasi lemak khas Melayu.

Perjalananmu tidak akan memboroskan uang, dan menjadi perjalanan penuh makna daripada memilih fasilitas serba mahal. Kalau ada yang murah, kenapa harus mengeluarkan uang lebih banyak? Kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar?

4Cari Destinasi Wisata Gratis

blog.thomascook.in

Banyak sekali tempat wisata yang tak perlu tiket masuk, tak perlu uang sepeser pun. Kamu hanya perlu membawa diri. Lokasi wisata di Singapura memang cocok sekali bagi tipe pelancong dengan gaya backpacker maupun gaya koper.

Selain gratis, destinasi wisata di Singapura juga tetap menyuguhkan keindahan. Meskipun bukan keindahan alam, tapi cukup memuaskan karena teknologinya yang canggih, didukung suasana kota yang rapi, bersih, dan teratur.

5Pilih Japanese dan Chinese Garden di Jurong Park

sugarandspace.com

Untuk menikmati Chinese dan Japanese Garden di Jurong Park, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, alias gratis. Tenpat ini terletak di Jurong Park. Kamu cukup naik MRT untuk sampai ke sana. Cukup terjangkau kok.

Dua taman ini terkesan sangat tenang, asri, dan nyaman sekali. Berbeda 180 derajat dengan suasana kota di luar tempat ini yang super sibuk dan terus-menerus ramai.

6Merlion dan Esplanade

thousandwonders.net

Merlion.Spot ini menjadi agenda wajib bagi setiap pelancong yang dating ke Singapura. Patung Merlion ini bisa kamu gunakan sebagai spot foto secara gratis.

Setelah foto-foto, kamu bisa menuju ke taman merlion atau Merlion Park untuk duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan Marina Bay Sands dan Esplanade. Asik sekali, lho.

7Nikmati Light Show di Gardens by The Bay

flickr.com

Kalau sudah tiba malam, maka jangan lupa mengunjungi Gardens by The Bay. Tempat ini bisa jadi pilihan apik untuk mengakhiri harimu yang melelahkan.

Setiap hari pada pukul 19.45 dan 20.45 ada pertunjukan light show gratis. Pertunjukan ini bisa kamu nikmati dari berbagai spot strategis di sekeliling Gardens by The Bay.

8Manfaatkan Waktu di Changi Airport

luxuo.com

Banyak traveler yang senang sekali berada di bandara Changi. Bandar udara ini memang punya banyak kelebihan dibanding bandara-bandara lain di luar sana.

Di Changi ada banyak sekali fasilitas yang bisa kamu nikmati secara gratis. Ada gym dan kolam renang, taman anggrek dan kupu-kupu di dalam bandara. Ada juga city heritage tour gratis buat kamu yang harus transit lebih dari 5 jam. Saying, kan kalau dilewatkan begitu saja?

Kamu juga bisa belanja dengan mudah di sini. Changi ini sudah seperti mall, tidak terasa bahwa tempat ini adalah bandara. Sampai-sampai ada traveler yang sengaja memasukkan Changi dalam daftar destinasi wisata lho!