Sebagai manusia kita adalah tempat salah dan alpa. Begitu juga dengan keinginan untuk masuk ke surga. Kita kadang melakukan kesalahan yang akan terus membayangi.

Terlebih jika dosa yang kita lakukan adalah dosa besar. Kita punya ketakutan yang besar jika dosa yang kita lakukan akan terus menjadi mimpi buruk kita.

Hati tidak tenang, pikiran terganggu sehingga tidak menjadi produktif. Meski kita melakukan dosa, normalnya kita ingin masuk ke surga.

Kita menjadi orang yang ingin sekali merasakan surga firdaus meski kita sadar kita bergelimang dosa. Lalu adakah amalan yang bisa mengampuni dosa sekaligus menjadi pintu masuk ke surga?

Berikut beberapa amalan yang disarkan dari hadis Rasulullah SAW.

1Taubat

haniff.sg

Guna menghilangkan dosa dan pintu menuju ke surga. Tobat bisa mengggugurkan dosa dan menjadikan seseorang dicintai Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bertobat sebelum matahari terbit dari barat, niscaya Allah akan mengampuninya” HR. Muslim, No. 2703.

Dengan tobat kita berharap jika dosa sebesar apapun akan diampuni dan menjadi plong rasa jiwa kita.

2Menuntut Ilmu

www.kajiantauhiid.org

Guna menuju pintu surga ternyata amalannya cukup sederhana. Yakni mendatangi majelis ilmu agama. Banyak keutamaan saat duduk dalam majelis ilmu.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah memudahkan baginya dengan (ilmu) itu jalan menuju surga” HR. Muslim, No. 2699.

3Mengingat Allah

beritagambarfoto.blogspot.com

Zikir adalah amalan yang ringan namun besar sekali pahalanya. Mengingat Allah adalah sarana untuk menjadi pribadi yang tinggi di sisi Allah.

Rasulullah SAW bersabda, “Inginkah kalian aku tunjukkan kepada amalan-amalan yang terbaik, tersuci disisi Allah, tertinggi dalam tingkatan derajat, lebih utama daripada mendermakan emas dan perak, dan lebih baik daripada menghadapi musuh lalu kalian tebas batang lehernya, dan merekapun menebas batang leher kalian. Mereka berkata: “Tentu”, lalu beliau bersabda: “Zikir kepada Allah Ta`ala “” HR. At Turmidzi, No. 3347.

4Menjenguk Orang Sakit

thayyiba.com

Selain memberikan pahala silaturahim, ternyata membesuk orang sakit besar pahalanya di sisi Allah. Selain pahala yang besar, membesuk orang sakit pun menjadi jalan menuju taman surga.

Nabi SAW bersabda, “Tiada seorang muslim pun membesuk orang muslim yang sedang sakit pada pagi hari kecuali ada 70.000 malaikat bershalawat kepadanya hingga sore hari, dan apabila ia menjenguk pada sore harinya mereka akan shalawat kepadanya hingga pagi hari, dan akan diberikan kepadanya sebuah taman di surga” HR. Tirmidzi, No. 969.

5Menebarkan Salam

mappesangka.wordpress.com

Hanya dengan berucap salam kepada sesama orang beriman, bisa membawa kita menuju jannah. Betapa Islam memberikan kemudahan dengan amalan yang sederhana bisa membawa kita ke surga.

Rasulullah SAW bersabda, “Kalian tidak akan masuk surga sehingga beriman, dan tidaklah kalian beriman (sempurna) sehingga berkasih sayang. Maukah aku tunjukan suatu amalan yang jika kalian lakukan akan menumbuhkan kasih sayang di antara kalian? (yaitu) sebarkanlah salam” HR. Muslim, No.54.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here