Warga California benar-benar dikejutkan dengan kejadian beberapa hari yang lalu. Laporan dari pengguna jalan pada 19 November 2015 kepada petugas lalu lintas melaporkan keanehan di jalan Vasquez Canyon.

Tidak ada gempa bumi, tidak ada hujan badai, tidak ada gunung meletus, tiba-tiba dalam hitungan jam, jalan Vasquez Canyon menjadi seperti kertas yang terlipat.

Kamu pernah menonton film berjudul 2012? Sebuah cerita tentang terjadinya hari kiamat. Ditampilkan di situ jalan-jalan yang terlipat dengan dahsyatnya akibat pergerakan lempeng bumi.

Apa yang ada di film, menjadi nyata di jalan Vasquez Canyon sekarang. Jalan itu terbelah, tertekuk seperti karpet, bahkan ada yang terangkat hingga ketinggian 4,5 meter.

Paul Funk, seorang petugas dari Departemen Pekerjaan Umum di Los Angeles mengatakan bahwa kemungkinan peristiwa itu disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi.

Bagi Funk, jika ada ada pergeseran lempeng bumi dalam skala tertentu, akan mudah menekuk jalan yang semula datar.

Namun, penyebab pasti kejadian itu baru diteliti oleh para ahli geologi. Retakan yang hanya berdurasi beberapa jam, tanpa ada sebab gempa bumi atau badai, sungguh sesuatu yang membingungkan.

Kini jalan sepanjang 2 mil (3,2) km tersebut sudah ditutup pemerintah dan tidak akan bisa digunakan kembali dalam jangka waktu yang lama.

Berikut beberapa gambar yang menunjukkan kondisi jalan di California tersebut.

1Sepeda Gunung Pun Susah Lewat

dailymail.co.uk

Sebuah jalan di California telah menjadi sangat membahayakan bagi pengendara. Bahkan yang menaiki sepeda gunung juga akan keselitan untuk dapat melalui jalan tersebut.

Gambar di atas, seperti seorang yang sedang berselancar dengan sepeda melewati ‘ombak besar’ jalanan.

2Jalan Ditutup

dailymail.co.uk

Nampak petugas yang menjaga jalan yang sudah ditutup pembatas. Siapa tahu ada pengendara yang nekat menerobos dan melewati jalan yang terangkat curam sepanjang 60 meter.

Seorang ahli dari American Geophysical Union (AGU), Dave Petley, memperkirakan kejadian tersebut disebabkan oleh tanah longsor progresif. Dan itu itu bisa terjadi walau tidak ada pemicu yang jelas.

3Berubah Dalam Waku 3,5 Jam

dailymail.co.uk

Jalan Vasquez Canyon pada pukul 12:08 masih baik-baik saja, aspal masih stabil dan datar. Lihatlah perubahan derastis terjadi hanya dalam waktu 3,5 jam. Jalan menjadi bergelombang dan retakan mulai terlihat.

Jalan semakin parah dalam 3 hari berselang, tepatnya pada 23 November 2015 adalah puncak dan akhir dari perubahan tekstur tanah dan jalan.

Gambar di atas juga menunjukkan bahwa bukan hanya jalan yang mengalami perubahan, bukit disekitarnya juga berubah.

4Tiang dan Kabel Listrik Juga roboh

dailymail.co.uk

Tiang dan kabel listrik banyak yang roboh dalam kejadian tersebut, membuat perusahaan listrik harus memutus aliran listrik ke jalur listrik yang roboh tersebut.

Warga yang awalnya tak dapat aliran listrik, kini sudah dapat menikmati layanan kembali melalui jalur listrik yang lain.

5Membelah Jalan

dailymail.co.uk

Fenomena geologi tersebut telah membentuk retakan jalan. Lihatlah gambar di atas jalan yang seperti terbelah dua.

Vincent Devlahovich, seorang professor dariĀ College of the Canyons, berpendapat bahwa banjir bandang bulan lalu mungkin telah membuat bebatuan disini jenuh dan memicu terjadinya kelongsoran dari bawah.

6Jalan Vital Warga

dailymail.co.uk

Penduduk setempat yang sangatĀ  mengandalkan jalan ini untuk pergi dari timur ke barat Los Angeles Utara, berharap agar jalan bisa cepat dipulihkan.

Namun, pejabat setempat mengatakan bahwa jalan ini tidak akan dibuka dalam waktu dekat.

7Wisata Dadakan

dailymail.co.uk

Walaupun petugas sudah menyarankan untuk tidak mendekati lokasi kejadian, namun banyak warga sangat penasaran dan ingin melihat langsung. Jadilah jalan Vasquez Canyon menjadi tempat wisata dadakan.

SHARE