Beberapa diantaramu mungkin masih sering merasa keteteran dalam mengatur waktu harian. Bahkan bisa dikatakan sebagian besar orang di dunia ini memiliki masalah yang sama denganmu perihal mengatur waktu.

Ada perbedaan mencolok antara orang sukses dengan orang gagal yang berkaitan dengan cara mereka mengatur waktu. Orang sukses mengelola waktu mereka dengan rencana dan komitmen dalam menjalankannya. Sedangkan orang gagal tetap stagnan dan seringkali mengeluh.

Bagi kamu yang ingin memiliki kualitas pengelolaan waktu yang baik, berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengelola waktu setiap harinya. Tapi ada hal yang paling penting, yaitu komitmen dan konsisten dalam menjalankan tips-tips tersebut.

1Berniat untuk Besok Sebelum Tidur

pexels.com

Mulailah hari esok dengan hari ini. Maksudnya, pikirkan apa saja yang akan kamu lakukan besok, kemudian tuliskan pada buku kerja harianmu atau pada aplikasi ponsel pintarmu yang sesuai. Setelah itu, niatkan untuk melakukannya besok dan pikirkan alasannya.

2Tidur Lebih Awal

unsplash.com

Begadang atau lembur untuk mengerjakan tugas justru bukanlah cara yang tepat untuk memanfaatkan waktu seoptimal mungkin. Cara ini akan membuat tubuhmu sangat lelah dan akan membuatmu masih merasa capek walau sudah tidur selama 6-8 jam.

Berbeda halnya jika kamu tidur lebih awal sekitar jam 9 atau 10. Kemudian bangun pada dini hari sekitar jam 2 atau jam 3. Tubuhmu akan terasa segar kembali dan siap untuk mengerjakan tugas hingga fajar.

3Bangun Lebih Awal

unsplash.com

Jika kamu tidur lebih awal, maka kamu juga bisa mudah untuk bangun lebih awal. Cara ini pun akan memberikan kesempatan kepadamu untuk memanfaatkan lebih banyak waktu hingga fajar. Dan bila badanmu masih merasa malas, cobalah untuk minum air putih dan mandi.

4Berniat untuk Hari Ini

pexels.com

Setelah kamu mulai bisa fokus untuk beraktifitas, cobalah untuk membuka buku kerja harian atau catatan rencana kerja hari ini. Setelah itu niatkan secara sungguh-sungguh untuk menyelesaikannya dan maknai setiap pekerjaan yang akan kamu lakukan.

Cara ini akan membuatmu terus memiliki energi dan semangat sepanjang hari. Kamu pun memiliki alasan kuat kenapa harus melakukan ini. Selalu lah menjaga niat dan alasan kuat untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.