Waktu berbuka puasa adalah waktu yang pastinya sangat dinanti-nantikan oleh semua umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan suci Ramadhan.

Selain waktu ini bisa membayar rasa haus dan lapar yang telah ditahan selama lebih kurang 12 jam seharian penuh saat berpuasa, waktu ini juga merupakan momen yang sangat istimewa untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat, atau sanak saudara.

Momen keakraban yang terjalin saat berbuka, serta limpahan rahmat dan berkah yang Allah karuniakan di waktu mustajab saat berbuka, harusnya disyukuri dengan maksimal oleh setiap hamba.

Cara bersyukur salah satunya dengan tidak makan terlalu berlebihan dan mengawali dengan do’a dan makan yang ringan dahulu. Mengapa harus demikian?

1Makan Ringan Terlebih Dahulu Tak Akan Memicu Rasa Perih dan Mual

www.wallpapersxl.com

Saat adzan maghrib berkumandang, baiknya kita segera membuka puasa kita dengan minum air putih hangat atau buah kurma terlebih dahulu. Karena air putih hangat atau kurma bisa membantu mengembalikan energy tubuh yang sempat hilang karena puasa.

Selain itu, air putih hangat dan kurma juga tidak akan menjadi pemberat bagi sistem pencernaan, sehingga tak akan memicu sakit perut atau mual.

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengkonsumsi makanan ringan seperti kue kering atau basah, dan melaksanakan sholat maghrib dahulu, baru makan berat.

Mengapa demikian? Karena jika langsung makan berat, lambung yang seharian kosong akan kaget dan memicu asam lambung naik, akibatnya perut akan terasa perih dan memicu mual bahkan muntah.

2Makan Ringan Terlebih Dahulu Tak Akan Memicu Kantuk

andriesharing.blogspot.com

Memang setelah terdengar adzan maghrib, umat Muslim dianjurkan menyegerakan berbuka puasa. Namun bukan berarti harus langsung menyantap hidangan berat seperti nasi dan lauk pauk berat lainnya.

Dimulai dari makanan ringan dan minuman hangat, perut akan mengalami pembiasaan sehingga tidak mengalami kaget.

Dengan makanan yang ringan terlebih dahulu, rasa kantuk juga bisa dilawan sehingga tak akan mengganggu kekusyu’an ibadahmu setelah berbuka puasa. Masih ada sholat maghtib, sholat isya’, sholat tarawih, serta tilawah Qur’an bukan?

Dengan dua alasan kuat tersebut, sudah sangat jelas membuktikan bahwa langsung terburu-buru menyantap makanan berat saat berbuka puasa memang sangat merugikan dan tidak baik. Tidak hanya untuk tubuh namun juga untuk melakukan ibadah.

Waspada ya!