anomharya.com

Jangan Bilang Gaul Kalau Belum Pernah ke Destinasi Wisata Malang yang Kekinian Ini

Posted on

Malang sudah bermetamorfosis menjadi salah satu destinasi wisata terbaik se-dunia yang berhasil mendatangkan banyak turis mancanegara.

Semua keindahan yang ditawarkan oleh lokasi wisata di Malang, didominasi oleh keindahan alam. Ada pantai, gunung, perbukitan, dan masih banyak lagi. Seruuu!

Jangan ngaku gaul, deh kalau belum ke sini. Oh ya, jangan lupa ajak kawan, suami/istri, keluarga, anak-anak, dan tentunya fotoo!

Waduk Selorejo

bakorwilmalang.jatimprov.go.id
bakorwilmalang.jatimprov.go.id

Ngantang berada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Ngantang juga dikelilingi oleh 4 Gunung berturut-turut yaitu Gunung Kelud, Gunung Kawi, Gunung Arjuno, dan Gunung Anjasmoro.

Saat tiba di Daerah Selorejo, kamu diselimuti hawa sejuk khas pegunungan. Nah, begitu memasuki kawasan wisata Waduk Selorejo, kamu akan disambut dengan Bangkai Pesawat Terbang.

setiawantaufiq.wordpress.com
setiawantaufiq.wordpress.com

Tak hanya itu, waduk Selorejo juga memiliki jembatan gantung yang lumayan memacu adrenalin. Saat kaki menginjak jembatan, maka seluruh jembatan akan ikut bergerak.

Di bawah jembatan itulah para pemancing mania memburu ikan untuk dibawa pulang atau diolah di tempat.

Waduk Selorejo juga menawarkan keindahan refleksi alam yang begitu sempurna. Waduk Selorejo seketika itu juga seperti laksana cermin alam.

Omah Kayu Malang

surabaya.panduanwisata.id
surabaya.panduanwisata.id

Omah Kayu Malang atau Rumah Pohon Paralayang berlokais di kawasan Obyek Wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Keunikan dari Omah kayu atau Rumah Pohon ini adalah didesain full dengan bagan baku dari kayu, dimana terdapat 6 unit , masing masing unit mempunyai luas 3 x 2 x 2 meter.

Dengan kualitas bahan kayu yang cukup bagus dan kuat, yaitu yang di gunakan adalah kayu eukaliptus sebagai kerangka bangunan, juga untuk pagar serta balkon.

Untuk dindingnya, memakai papan kayu pinus yang disusun rapat sehingga penghuninya akan merasa hangat saat bermalam di sini, untuk atap pengelola memakai bahan dari ijuk.

Sebagai tempat penginapan, didalam tempat peristirahatan ini juga disediakan 1 tempat tidur, 2 bantal, sebuah selimut dan peralatan makan.

Namun, untuk kamar mandinya tidak terdapat di dalam kamar, tetapi di tempat lain yang terpisah dengan bangunan. Untuk 6 unit Rumah pohon ini disediakan 2 kamar mandi luar yang dilengkapi dengan air hangat.

Museum Angkut

enjoymalang.com
enjoymalang.com

Di Museum Angkut, kamu bisa melihat sendiri berbagai produk alat transportasi dari berbagai penjuru dunia.

Koleksi yang dipajang mulai dari yang tradisional hingga modern, dari angkutan darat, laut dan udara dengan penataan begitu sistematis. Sangat Lengkap dan pastinya seru.

Museum Angkut dengan luas sekitar 3,7 hektar ini termasuk museum transportasi terlengkap di Asia.

Koleksi Museum Angkut Batu asli dari Indonesia juga lengkap, mulai dari perahu, sepeda onthel, dokar, pedati, dan becak. Ada juga kapal terbang dan kapal laut. Koleksi yang disediakan mulai dari yang original, modifikasi dan replika.

Olahraga Paralayang

anomharya.com
anomharya.com

Wisata Paralayang di wilayah Batu, Malang ini memiliki dua lokasi yakni lokasi pemberangkatan yang terletak di daerah Gunung Banyak, dan lokasi pendaratan yang terletak di daerah Songgoriti.

Objek wisata Batu Paralayang ini selain banyak dikunjungi oleh wisatawan ternyata banyak gunakan oleh para atlet paralayang untuk latihan bahkan melukukan kompetisi.

Pantai Sipelot

malangonline.com
malangonline.com

Objek wisata di Malang yang ramai dikunjungi selain wisata Kota Batu saat liburan, pastilah objek wisata pantai.

Salah satunya yaitu Pantai Sipelot yang memiliki garis pantai cukup panjang, dengan pasir putih dan garis pantai berbentuk seperti bulan sabit.

Di sini, kamu bisa melihat langsung lalu-lalang nelayan dan warga sekitar yang sibuk pulang pergi dari lautan, tepatnya Samudra Hindia di selatan untuk mencari ikan.

Karena kawasan Pantai ini berbentuk Teluk, maka kamu bisa berenang dengan agak santai karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Cocok sekali kalau kamu ingin membawa perlengkapan snorkeling. Tapi tetap harus hati-hati ya, sebab banyak karang tajam.

Desa Wisata Ngadas

malangkab.go.id
malangkab.go.id

Desa Ngadas berada di wilayah Kecamatan Poncokusumo dan terletak di ujung paling timur Kabupaten Malang, berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Lumajang.

Selain itu, Desa Ngadas berada di dalam area teritorial Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) dengan ketinggian sekitar 2.150 mdpl sehingga merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa.

Desa ini ditetapkan menjadi Desa Wisata oleh pemerintah Kabupaten Malang sejak tahun 2007.

Uniknya, Desa Ngadas adalah satu-satunya desa yang didiami oleh suku Tengger di Malang. Selain di Malang, desa-desa suku Tengger berjumlah 37 desa yang tersebar di wilayah Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang.

Menariknya, di desa ini tidak ada satupun warga yang berstatus sebagai pendatang. Bahkan, terdapat aturan tak tertulis yang berlaku di Desa Ngadas bahwa tanah yang dimiliki suku Tengger tidak boleh diperjualbelikan.

Di desa wisata ini, kamu bisa menyaksikan berbagai adat dan tradisi masyarakat suku Tengger. Terdapat banyak kesenian atau atraksi rakyat yang masih terjaga yakni kuda lumping, bantengan, dan kuda kencak.

Kuda kencak atau jaran kencak digunakan untuk karak-karakan (arak-arakan) mengelilingi Dusun Ngadas. Para pengunjung atau tamu bisa langsung menyaksikan rangkaian upacara adat tersebut bila sedang dilaksanakan.

Batu Night Spectacular

malang-guidance.com
malang-guidance.com

Batu Night Spectacular (BNS) Malang merupakan objek wisata malang yang paling cocok untuk dikunjungi di malam hari. Suasana Pasar Malam bergaya modern siap menemani anda sekeluarga selama berada di sini.

Banyak wahana menarik, salah satunya adalah Lampion Garden BNS, dimana berbagai macam bentuk dan ukuran yang besar menyebabkan pemaandangan begitu eksotis.

Pura Luhur Poten

coklatkita.com
coklatkita.com

Pura Poten atau Pura Luhur Poten Gunung Bromo terletak di tengah lautan pasir Gunung Bromo menjadi salah satu tempat beribadah Suku Tengger untuk memuji Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasi Dewa Brahma.

Pura Tengger ini di bangun pada tahun 2000 dengan arsitektur campuran dari adat Bali dan Jawa.

yewkwang.photoshelter.com
yewkwang.photoshelter.com

Selain sebagai tempat sembahyang suku Tengger, Pura Luhur Poten merupakan lokasi perayaan suku adat Bromo yaitu Festival Yadya Kasada yang familiar disebut Upacara Kasodo.

Upacara Kasada adalah upacara tahunan untuk memanjatkan puji syukur atas karunia yang diberikan kepada masyarakat Suku Tengger.

Pantai Watu Lepek

wikimapia.org
wikimapia.org

Pantai Watu Lepek merupakan destinasi wisata yang tergolong sangat sepi. Kalau kamu berkunjung ke pantai ini, rasanya pantai milik sendiri.

Kamu akan menemukan para nelayan yang sedang mencari ikan di tengah laut. Di pinggir pantai pun ada orang-orang yang tampak sedang memancing ikan, seolah tak mau kalah dengan para nelayan.

Pantai ini tergolong sepi pengunjung karena belum banyak orang tahu kalau di balik bukit pantai Batu Bengkung, ada pantai semenakjubkan ini.

Coban Jahe

suetoclub.wordpress.com
suetoclub.wordpress.com

Alasan kenapa air terjun ini bernama Coban Jahe adalah sebenarnya diambil dari Bahasa Jawa “Pejahe” yang berarti meninggal dunia.

Nama itu muncul, setelah sekitar satu regu tentara (yang sekarang bernama TNI) di bawah komando Ali Murtopo melakukan perlawanan terhadap pemerintah Belanda.

Mereka gugur dibombardir Belanda di daerah tersebut saat akan melanjutkan perjalanan ke Lumajang. Kejadian tersebut berlangsung sekitar tahun 1947.

Lama-kelamaan, nama Pejahe berganti Jahe. Begitu juga nama makam yaitu Makam Pahlawan Kali Jahe.

Keberadaan Makam Pahlawan Kali Jahe bisa dijumpai sekitar 50 meter, sebelum pintu masuk Coban Jahe.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *