Toilet memang berfungsi sebagai tempat pembuangan. Sebagus apapun toilet memang fungsinya untuk membuat kotoran. Kotoran akan dialirkan ke pembuangan akhir.

Beberapa akan disambungkan dengan tanah resapan sehingga air dari toilet bisa di ‘daur ulang’ oleh tanah sehingga menjadi bersih.

Namun baik di toilet pribadi maupun umum, orang-orang sering beranggapan jika semua barang bisa dibuang ke toilet. Toh memang fungsi toilet untuk pembuangan akhir.

Kamu juga pasti pernah lihat di beberapa toilet umum baik di stasiun atau mal, sering ada tulisan jangan buang barang-barang tertentu di toilet. Ternyata di balik larangan tersebut ada alasan yang ilmiah lho.

Sehingga tak bisa disamakan toilet sebagai tempat untuk membuat segalanya. Jika kamu tak berhati-hati bisa jadi justru toilet kamu akan rusak karena tersumbat.

Selain itu beberapa barang yang dibuang ke toilet memiliki kadar yang berbahaya jika diserap oleh air resapan.

Maka kamu harus simak dan paham apa saja barang yang tidak boleh dibuang ke toilet berikut alasannya yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

1Popok Bayi

kakira.my.id

Jelas popok bayi yang ukurannya cukup besar akan membuat saluran toilet kamu tersumbat. Apalagi jika popok bercampur dengan kotoran sehingga membuat massanya lebih besar.

Jika sudah tersumbat bisa jadi akan merusak toilet dan membuat kamu harus merogoh kocek tidak sedikit untuk perbaikan.

Disamping itu, bahan popok bayi dibuat dari bahan yang sulit diurai. Sehingga yang terjadi hanyalah popok bayi buangan akan menumpuk di saluran pembuaangan dan akan menjadi penyumbat.

Sarannya lebih baik popok bagi dibuang di tempat sampah seperti biasanya agar dibuang ke tempat yang seharusnya.

2Kondom

www.diynetwork.com

Kondom juga termasuk barang yang dilarang dibuang di toilet. Alasannya, kondom juga terbuat dari bahan yang sulit diurai sehingga hanya akan menjadi kotoran di saluran pembuangan.

Selain itu kondom terbuat dari bahan latex yang akan menjadi racun bagi air tanah yang akan diproses setelah dikirim ke saluran pembuangan. Racun ini juga bisa membahayakan tanaman yang mengambil air tanah sebagai bahan untuk hidup.

3Kapas

vibiznews.com

Lho bukannya kapas itu ringan dan kecil jadi gapapa kalau dibuang di toilet? Jangan salah kapas ini meski kecil namun kalau dibuang terus menerus di toilet akan menumpuk sehingga menyumbat saluran.

Bisa jadi cara yang dilakukan satu satunya adalah mengambil dan membersihkannya secara manual jika sudah tersumbat. Apalagi jika kapas tercampur air akan membuat menjadi bahan yang keras.

4Obat Kadaluarsa

www.rmol.co

Obat meski sudah kadaluarsa disarankan jangan dibuat ke toilet. Masalahnya obat mengandung bahan kimia yang tidak kadang sifatnya keras.

Obat akan larut dalam saluran pembuangan dan air tanah. Bahan kimia yang berbahaya tentu akan membuat air akan tercemar. Bisa jadi dalam beberapa waktu tidak akan hilang.

Obat ini baik kapsul maupun cair usahakan dibuang di tempat sampah atau barang-barang khusus obat sehingga tidak menggangu lingkungan.

5Puntung Rokok

www.radioaustralia.net.au

Siapa yang suka diam diam merokok saat berada di toilet? sebenarnya putung rokok meski bersifat sampah tidak bisa dibuang seenaknya ke toilet.

Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbaya. Jika putung rokok dibuang ke toilet maka racun-racun tersebut akan menyebabkan polusi air dan membahayakan kesehatan dan tanaman yang mengambil air dari tanah.

6Minyak

indagkop.kaltimprov.go.id

Minyak apapaun memang jangan dibuang ke toilet. Apalagi minyak gorang. Minyak memang tidak bercampur dengan air.

Namun jika berada dalam tanah yang dingin dan suhunya rendah minyak akan membeku dan bisa jadi akan menyumbat saluran air jika jumlahnya sangat banyak.