radyumikono.com

Jangan Jadi Orang Biasa Kalau Kamu Mau seperti Pemuda Ini

Posted on

Anak muda ini lahir di Jakarta dan sempat melalui masa kecilnya selama 5 tahun di Jepang. Meskipun usianya masih sangat muda, namun pengalaman internasionalnya segudang.

Mulai dari menempuh pendidikan sarjana dan master di sekolah terbaik, sampai berkontribusi membangun negeri dengan ilmu pengetahuan mumpuni yang ia miliki.

Siapakah anak muda ini?

Sekolah di Luar Negeri

radyumikono.com
radyumikono.com

Namanya Radyum Ikono. Nama yang cukup unik untuk pemuda yang sangat menyukai dunia teknik, saintis, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu alam.

Ia mendapatkan beasiswa prestisius dari kementerian pendidikan singapura untuk menempuh S1 di Teknik Material, Nanyang Technological University (NTU), Singapura, setelah melewati seleksi ribuan pendaftar se-Indonesia.

Setelah menyelesaikan masa studinya di Singapura dan mendapatkan gelar B.Eng. (Hons.), ia kembali melanjutkan studinya di University of Tsukuba.

Bekerja sama dengan National Institute for Material Science (NIMS), yang merupakan pusat riset material dan nanoteknologi terbaik se-Jepang.

Prestasi Akademik

radyumikono.com
radyumikono.com

Beliau memiliki pengalaman riset material dan nanoteknologi yang cukup bervariasi: metal, keramik dan juga polimer. Prestasinya meliputi beberapa publikasi di jurnal ilmiah, prosiding dan presentasi di berbagai konferensi internasional.

Ia juga pernah terpilih untuk mengikuti program seminar atau summer school yang bergengsi, seperti summer school yang diadakan oleh Berlin School of Regenerative Therapies (BSRT), Jerman, atas keterlibatannya dalam riset irisan materials science  dengan biomedis.

Selain itu juga beliau pernah mendapatkan full financial support dari Abdus Salam International Center for Theoritical Physics, Trieste, Italy pada Southeast Asian International Advances in Micro/Nano-technology (SAIAM).

Prestasi Non Akademik

jolkona.org
jolkona.org

Prestasi non-akademiknya meliputi juara kompetisi esai bahasa jepang se-singapura, 3 besar lomba esai PPI Jepang, Keynote dalam penataran guru bahasa jepang se-singapura dan lainnya.

Selain itu, ia juga aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan seperti menjadi ketua PPI NTU (PINTU), dewan penasehat PPI Singapura, majelis Syuro NTU Muslim Society, sekretaris simposium internasional PPI Dunia, Ketua PPI Jepang komsat ibaraki dll.

Komunitas Sahabat Beasiswa

komunita.id
komunita.id

Saat ini, Ikono sedang menempuh studi S3 di Jurusan Manajemen Bisnis, Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Beasiswa LPDP.

Pada tahun 2013, Ikono mendirikan Sahabat Beasiswa untuk membantu sebanyak mungkin anak muda Indonesia menikmati sensasi kuliah dan mendapatkan beasiswa di dalam maupun luar negeri.

Hal tersebut sama seperti yang ia rasakan; 11 tahun belajar di luar negeri. Salah satu produknya adalah Atlas Beasiswa, CD informasi tentang 1000 beasiswa dari 50 negara di 5 benua.

Salah Satu Pendiri Pusat Riset Nano

nano.or.id
nano.or.id

Ia adalah salah satu pendiri pusat riset Nano Center Indonesia pada usia 24 tahun dan saat ini menjadi CEO dari salah satu start-up company-nya, yaitu PT Langgar Nanotech Indonesia (Lanoxid).

Ialah perusahaan pertama buatan anak bangsa yang memproduksi pigmen anorganik besi oksida untuk berbagai aplikasi.

Saat ini, Lanoxid memiliki pabrik dengan luas area 5000 m2 di kawasan industri Narogong dengan kapasitas produksi 2500 ton per tahun.

Salah satu pendiri Yayasan Miniatur Bangsa ini juga memiliki passion terhadap sains, dibuktikan dengan 25 artikel jurnal nasional dan internasional serta 2 paten untuk teknologi pigment coloring machine dan herbal nanoparticle.

Juga mempelajari hazardous waste management (HWM) dengan mengikuti training profesional dari UNESCO di Belanda pada bulan September 2015.

Penghargaan Bergengsi

radyumikono.com
radyumikono.com

Radyum Ikono yang lahir pada 24 Desember 1988 di Jakarta ini berhasil meraih penghargaan bergengsi.

Produknya terpilih sebagai salah satu dari 106 Inovasi Indonesia pada tahun 2014 oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta pernah mewakili Indonesia dalam berbagai event internasional.

Kontribusi Tiada Henti

radyumikono.com
radyumikono.com

Ikono juga menikmati menjadi pembicara dan motivator pada seminar-seminar dengan topik technopreneurship, beasiswa, leadership, maupun beberapa topik seputar keagamaan.

Motto hidupnya “JANGAN JADI ORANG BIASA” senantiasa membakar semangatnya untuk menjadi orang yang tampil beda, dan mampu memberikan kontribusi terbaiknya bagi umat manusia.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *