uin-alauddin.ac.id

Jangan Kudet! Ini yang Harus Dilakukan Anak Muda untuk Hadapi MEA

Posted on

Tahun ini, tantangan anak muda Indonesia makin bertambah. Pasalnya, akan ada tenaga kerja dari sejumlah negara Asia yang mulai berdatangan ke Indonesia.

Sebagai generasi Nusantara, sumber daya utama Negara, harus punya persiapan matang untuk bersaing dengan mereka di tataran global, dalam hal ini yaitu era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah sebuah kesepakatan antara negara-negara di Asia Tenggara yang membuka pasar bebas di kawasan ini.

Dengan dibukanya pasar bebas oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN berarti akan ada serbuan unsur-unsur asing (dari negara-negara Asia Tenggara) ke tanah air.

Mulai dari investasi, barang-barang impor, arus jasa, sampai tenaga kerja asing. Kamu tidak akan lagi bersaing dengan sesame orang Indonesia, tapi juga dengan orang asing di dunia kerja.

Setidaknya, harus ada 10 kemampuan ini, yang meliputi softskill dan hardskill, dalam diri anak muda Indonesia;

Wirausaha

makassar.tribunnews.com
makassar.tribunnews.com

Untuk menghadapi itu (MEA), anak-anak muda harus punya skill wirausaha. Anak-anak muda tidak cuma harus siap menjadi pekerja, tetapi membangun lapangan kerja.‎

Sebagai agen perubahan, anak-anak muda harus mampu menaklukkan dunia sesuai perannya. Kamu tidak cuma harus belajar di kelas, tapi juga aktif berorganisasi untuk meningkatkan kapasitas diri.

Apalagi kalau kamu adalah mahasiswa. Jangan cuma jadi mahasiswa kupu-kupu, kerjaannya setiap hari cuma kuliah pulang-kuliah pulang. Ikutilah organisasi, tingkatkan kompetensi bukan hanya dalam hal akademik.

Jiwa wirausaha yang mesti dimiliki pemuda atau mahasiswa itu sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang ekonomi kreatif. Ini yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Leadership

techinasia.com
techinasia.com

Orang yang berbakat memimpin selalu dibutuhkan di mana saja. Karena orang-orang seperti ini punya kecenderungan mengatur dengan penuh strategi yang cerdas dan sangat peduli akan kemajuan kelompoknya.

Sebagai anak muda, kamu bisa mempelajari seni memimpin dengan bergabung di organisasi sekolah atau kampus.

Misalnya saja dengan menjadi ketua pentas seni, ketua OSIS, ketua BEM, dll. Organisasi akan membantumu untuk melejitkan potensi, akan ada banyak tanggung jawab yang dipikul.

Tujuannya jelas, yaitu memajukan organisasi, mengembangkan orang-orang yang kamu pimpin, dan dirimu juga akan terlatih soal menejemen diri.

Public Speaking

pesantrenbisnis.com
pesantrenbisnis.com

Bicara di depan orang banyak adalah keterampilan yang tidak dimiliki semua orang, sebab kemampuan ini sebetulnya cukup sulit lho.

Kamu bisa melatihnya dengan sering menjadi juru bicara pada saat presentasi tugas kelompok di kelas.

Di dunia kerja, orang-orang dengan keterampilan presentasi dan public speaking–lah yang sering menjadi andalan untuk membangun relasi di luar.

Bahasa Asing

radioelnury.com
radioelnury.com

Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan bukan lagi sekadar keterampilan tambahan. Namun, sudah menjadi kewajiban bagi setiap anak muda.

Justru, kemampuan berbahasa tersebut tidak hanya pada bahasa Inggris saja, tetapi akan menjadi nilai plus ketika mampu menguasai lebih dari 1 atau 2 bahasa asing.

Selain Inggris, persaingan MEA menuntut para anak muda untuk belajar dan menguasai bahasa Mandarin, Jerman, Perancis, dan Spanyol.

Project Management

akhwatindonesia.net
akhwatindonesia.net

Maksudnya, kemampuan untuk merancang dan mengorganisir sebuah proyek.

Tentunya, sebelum kamu mampu mengatur proyek tersebut, kamu harus sudah selesai dengan dirimu sendiri. Maksudnya, kamu sudah harus tuntas untuk urusan waktu, kekuatan dan kelemahan yang kamu punya.

Baru kemudian kamu bisa belajar dan bekerja secara profesional. Bagaimana caramu bekerja dalam tim dan secara personal adalah tantangan besar dalam pengerjaan sebuah proyek.

Negosiasi dan Mediasi

korahealthcare.com
korahealthcare.com

Negosiasi dan mediasi bisa kamu pelajari dari organisasi yang diikuti di sekolah atau kampus.

Negosiasi dengan guru atau pihak sekolah tentang penyelenggaraan sebuah acara atau jadi mediasi pihak-pihak yang bertikai dalam tawuran pelajar.

Kamu menjadikan organisasi sebagai arena latihan. Di dunia kerja, kemampuan dalam berorganisasi ini akan sangat terpakai.

Networking

teamhuber.com
teamhuber.com

Networking sama dengan bergaul, membangun jaringan, memperbanyak hubungan pertemanan dan persahabatan dengan orang lain. Bukan karena alasan ingin tenar.

Kamu harus menggunakan networking ini untuk membantu karirmu di masa mendatang. Manfaatkan jaringan seluas-luasnya dengan sebaik mungkin.

Rendah Hati

pakaijilbab.com
pakaijilbab.com

Rendah hati bukanlah rendah diri. Salah satu sifat orang melayu yang kurang pas jika berada dalam posisi penuh persaingan di era global ini adalah mudah sekali merendahkan diri.

Rendah diri artinya tidak percaya diri. Tapi rendah hati itu tidak membanggakan diri atas prestasinya.

Rendah hati lahir dari kesadaran bahwa masih ada langit, di atas langit. Kamu masih terus harus belajar, meskipun sudah meraih banyak sekali prestasi. Banyak orang hebat lainnya di atasmu.

Terbuka

undergroundnewyorkpubliclibrary.com
undergroundnewyorkpubliclibrary.com

Pikiran yang terbuka atau open minded sangat berguna ketika kamu masuk ke dunia atau lingkungan baru. Menerima perbedaan pandangan, dan budaya adalah salah satu contohnya.

Toleransi termasuk ke dalam sifat open mind. Dalam persaingan kerja, sifat ini diperlukan untuk memahami masalah-masalah antar personal di kantor atau organisasi. Modal keramahtamahan orang Indonesia bisa jadi nilai plus, lho!

Ingin Tahu dan Kritis

bahasa.aquila-style.com
bahasa.aquila-style.com

Kamu mungkin akan menjadi orang yang sering sekali bertanya, sebab memiliki dua sifat ini. Tapi bagusnya, pertanyaan itu bukan tanpa maksud, justru akan semakin memperkaya pengetahuan.

Rasa ingin tahu yang besar menandakan kamu haus pengetahuan. Sementara rasa kritis diperlukan supaya kamu tidak cepat puas, dan selalu ingin mencari jawaban serta berbuat yang lebih baik lagi.

Profesionalisme

corecomputerco.in
corecomputerco.in

Kata ini punya banyak makna. Beberapa di antaranya adalah tekun, kerja keras dan fokus. Ketiganya berjalan beriringan. Tanpa tiga hal itu, ilmu tinggi yang kamu punya akan sia-sia.

Karena orang lain akan segera melihat seberapa tinggi ilmumu dari hasil kerja. Biasanya, orang yang memiliki ketiga hal ini bisa menghasilkan sesuatu yang berkualitas.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *