Tahun ini, tantangan anak muda Indonesia makin bertambah. Pasalnya, akan ada tenaga kerja dari sejumlah negara Asia yang mulai berdatangan ke Indonesia.

Sebagai generasi Nusantara, sumber daya utama Negara, harus punya persiapan matang untuk bersaing dengan mereka di tataran global, dalam hal ini yaitu era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah sebuah kesepakatan antara negara-negara di Asia Tenggara yang membuka pasar bebas di kawasan ini.

Dengan dibukanya pasar bebas oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN berarti akan ada serbuan unsur-unsur asing (dari negara-negara Asia Tenggara) ke tanah air.

Mulai dari investasi, barang-barang impor, arus jasa, sampai tenaga kerja asing. Kamu tidak akan lagi bersaing dengan sesame orang Indonesia, tapi juga dengan orang asing di dunia kerja.

Setidaknya, harus ada 10 kemampuan ini, yang meliputi softskill dan hardskill, dalam diri anak muda Indonesia;

Back

1. Wirausaha

Untuk menghadapi itu (MEA), anak-anak muda harus punya skill wirausaha. Anak-anak muda tidak cuma harus siap menjadi pekerja, tetapi membangun lapangan kerja.‎

Sebagai agen perubahan, anak-anak muda harus mampu menaklukkan dunia sesuai perannya. Kamu tidak cuma harus belajar di kelas, tapi juga aktif berorganisasi untuk meningkatkan kapasitas diri.

Apalagi kalau kamu adalah mahasiswa. Jangan cuma jadi mahasiswa kupu-kupu, kerjaannya setiap hari cuma kuliah pulang-kuliah pulang. Ikutilah organisasi, tingkatkan kompetensi bukan hanya dalam hal akademik.

Jiwa wirausaha yang mesti dimiliki pemuda atau mahasiswa itu sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang ekonomi kreatif. Ini yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

makassar.tribunnews.com
Back