Pernikahan tidak selamanya indah. Ada kalanya sesuatu membuat keduanya berdebat panjang. Hal tersebut wajar-wajar saja karena sebuah hubungan pasti ada hitam putihnya. Justru, perselisihan dalam sebuah pernikahan merupakan tanda pernikahan sehat.

Namun, semua ada batasannya. Boleh berdebat mengenai suatu hal, asalkan tidak melukai pasangan. Jangan sekali-sekali mengarah pada hal negatif yang berpotensi membuat masalah semakin besar.

Saat kamu bertengkar dengan pasangan, inilah 6 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan. Check it!

1Sejenak Diam dan Menenangkan Diri

thefuturisticlovers.wordpress.com

Kalau kamu merasa perselisihan antara kamu dan pasangan kian tajam, sebaiknya diamlah sejenak. Menjauhlah sedikit untuk menenangkan diri dan menstabilkan emosi masing-masing.

Kamu bisa melakukan hal positif tatkala itu. Misalnya, berolahraga, menulis, berbelanja dan masih banyak lagi. Saat kamu sudah cukup tenang, temuilah pasangan kamu. Jika ia masih diam, tak masalah kamu dulu yang memulainya.

Bicarakan baik-baik permasalahan kamu dan dia. Carilah jalan keluar terbaik. Sebaiknya, perselisihan kamu dan dia tidak lebih dari tiga hari karena dapat berakibat fatal pada hubungan kalian. Lebih cepat kamu selesaikan maka akan lebih baik.

2Jangan Ungkit Masa Lalu

danudarkangelz.blogspot.com

Mungkin ketika kamu berdebat dengan pasangan, kamu sudah sangat emosional. Tapi, jangan pernah mengungkit masa lalu ya. Itu akan memperparah perselisihan kamu dan dia.

Masa lalu biarkanlah berlalu. Tidak ada hubungannya dengan masa depan kamu dan pasangan. Maafkanlah masa lalu dan hadapi masa depan bersama.

3Dengarkan Penjelasan Dari Pasangan

khususme.blogspot.com

Kemarahan mungkin telah menjalar di hatimu, namun bukan berarti kamu mengesampingkan penjelasan dari pasangan. Cobalah tahan amarah sebentar, diam dan dengarkan penjelasannya. Ia juga berhak memberikan penjelasan padamu.

Barangkali, ketika ia menjelaskan, masalah kamu dan dia akan selesai. Mungkin saja kamu hanya salah paham. Jadi, dengarkanlah apa yang dia sampaikan.

4Lunakan Hatimu

scrapsyard.com

Hal tersulit yang dilakukan pasangan ketika sedang bertengkar adalah mengalah. Jika keduanya saling mengeraskan hati, lalu siapa yang akan mengalah?

Mengalah bukan berarti kalah. Dengan kamu mengalah, itu akan sedikit meredakan perselisihan kamu dan dia. Tidak ada yang paling benar, kamu dan dia sama-sama memiliki kesalahan. Selesaikan masalah kalian dengan berdiskusi baik-baik.

5Hindari Kekerasan Fisik

komunitaislam.blogspot.com

Akhir-akhir ini banyak kejadian KDRT di Indonesia. Pelakunya mayoritas laki-laki. Kadang seorang laki-laki kurang bisa mengendalikan emosi sehingga cenderung melakukan kekerasan fisik saat bertengkar dengan pasangannya.

Jangan sekali pun lakukan hal tersebut, guys. Selain meyakiti hati dan fisik pasangan kamu, masalah kamu dan dia juga akan makin parah. Lebih baik selesaikan dengan kepala dingin. Jika tidak mampu menyelesaikan berdua, mintalah bantuan orang tua.

6Hindari Perkataan Kasar

psikolog.id

Saat kamu bertengkar dengan pasangan, upayakan semaksimal mungkin untuk tidak mengeluarkan intonasi keras dan tinggi. Suasana akan makin memanas tatkala salah satu atau bahkan keduanya menggunakan kata-kata kasar.

Jangan pula mengeluarkan sumpah serapah yang tidak senonoh. Berkatalah baik-baik meskipun kamu sangat emosional. Ingat guys, orang kuat bukan karena fisiknya melainkan karena ia mampu menahan amarah.

Itulah tadi beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan selama berdebat dengan pasangan. Perkara dalam rumah tangga adalah hal wajar. Namun, jika dibiarkan akan mengakibatkan keretakan rumah tangga.

Ada baiknya, kamu dan pasangan bersikap rendah dan tidak mengeraskan hati. Masalah tidak harus diselesaikan dengan pertengkaran. Menyelesaikannya dengan cara berdiskusi jauh lebih baik dan damai.