Anda merasa semakin menua? Penuaan memang tidak dapat kita elakkan. Namun sayangnya tanda-tanda penuaan datang lebih cepat dari seharusnya.

Di usia yang masih terbilang muda, kamu merasa daya tahanmu berubah. Kamu menjadi cepat lelah danĀ  tidak memiliki daya semangat.

Masalahnya mungkin kamu memiliki kebiasaan buruk yang membuatmu menjadi terlihat tua. Ketahui apa saja pemicunya yuk, sehingga kamu bisa terhindar dari penuaan dini. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang membuat kamu terlihat lebih tua.

1Kurang Tidur

iberita.com

Tidur adalah berkah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia. Selama tidur semua organ tubuh dibersihkan dari racun, so kamu bisa beraktivitas di siang hari. Tidur dengan baik menjadi kunci kesehatan yang lebih baik.

Secangkir kopi pada pagi hari tidak akan mengembalikan waktu tidur kamu. Kalau kamu kurang tidur, penampilanmu akan kuyu, mata berkantung seperti orang tua, lingkaran hitam di area mata melebar hingga kulit menjadi keriput.

Kalau kamu kurang tidur, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang bisa memengaruhi kehalusan dan kekenyalan kulitmu. Hormon ini berhubungan dengan stres. Sebaliknya, kalau tidurmu cukup, tubuh akan melepaskan hormon yang membuat kulitmu lebih kencang dn tulangmu menjadi lebi kuat.

curemysleepapnea.com
curemysleepapnea.com

Kurang tidur juga dapat menyebabkan banyak penyakit. Tidur yang buruk dapat membuat orang menyantap makanan cepat saji dan makanan manis lebih banyak.

Kamu rentan terhadap penyakit gula darah dan diabetes. Kurang tidur juga menyebabkan kanker payudara dan resiko kanker lainnya. Radikal bebas dapat merusak sel-sel yang menyebabkan kanker.

Penyakit lainnya dapat menghinggapimu adalah serangan jantung dan stroke. Selama tidur, organ tubuh kita meregenerasi dan mengeluarkan racun.

Namun, jika kamu kurng tidur, waspada serangan jantung dan stroke mengikutimu. Kurang tidur juga membuat memori otakmu menjadi lemah atau menjadi pelupa.

2Makanan tidak Sehat

fitgirlcode.com

Kebiasaan ini sepertinya sulit untuk kamu hindari. Padahal, mengkonsumsi makanan tidak sehat dapat membahayakan tubuhmu. Makanan tinggi kadar gula dan garam sangat tidak sehat apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Gula adalah zat yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin tinggi. Tubuh memproduksi insulin agar gula dapat masuk ke sel tubuh. Ibarat kunci dan gembok, insulin adalah kunci yang membuka gembok agar gula dapat masuk.

Jika tubuh dipaksa terus-menerus menerima gula, maka fungsi insulin berkurang. Akibatnya, kita bisa kegemukan, menderita diabetes, penyakit jantung koroner, hipertensi dan stroke.

Hindari juga lemak dan makanan tinggi kolesterol. Seperti yang kita tahu, membran sel manusia termasuk sel kulit, terbuat dari lemak jenuh dan penting bagi kita untuk untuk mengonsumsi omega 6 dan omega 3.

Untuk itu, pilihlah lemak dengan pemrosesan minimal seperti minyak kelapa atau chia karena mengandung asam lemak yang baik. Campurkan ke dalam salad atau pudding.

3Alkohol

www.blog-netizen.com

Mengkonsumsi minuman ini juga membuat kamu tampak terlihat lebih tua. Kebanyakan mengonsumsi alkohol akan merusak organ hati.

Jika organ hati kamu rusak maka racun-racun akan tumbuh di hati dan menyebabkan masalah kesehatan kulit, seperti kerutan dan jerawat.

Alkohol juga dapat mengganggu air dalam tubuh. Akibatnya timbulnya kantung mata seperti kurang tidur. Terlalu banyak alkohol juga bisa membuat sakit kepala, lemas, mual dan tidak enak badan.

Minuman beralkohol membuat tubuh terdehidrasi dan menghabiskan kadar vitamin B dan magnesium, dimana zat tersebut dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Hal ini juga mempengaruhi GABA, neurotransmitter yang membuat tertidur.

4Rokok

cara.media

Kebiasaan yang satu ini harus kamu hindari. Perlu kamu tahu, perokok lebih dari 10 batang sehari selama 10 tahun lebih rentan mengalami kerutan pada kulitnya.

Penelitian lain di tahun 2002 mengungkap bahwa keriput sudah mulai terlihat melalui mikroskop pada perokok di usia 20 tahun.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu ini dikarenakan merokok menyebabkan perubahan biokimia pada tubuh yang dapat mempercepat proses penuaan alami.

Di tingkat molekural, rokok menghasilkan tekanan oksidatif, mengacaukan sirkulasi, dan memicu kerusakan DNA. Akibatnya, kerutan meningkat, warna kulit tidak rata, kulit tampak kering, kusam, dan rapuh.

Untuk menghindari penuaan ini mudah, yakni berhentilah merokok. Penelitian tahun 2010 lalu menunjukkan bahwa tampilan kulit yang lebih muda sudah bisa diamati dalam waktu sembilan bulan setelah berhenti merokok.

Mereka juga mengalami peningkatan warna kulit dan pengurangan kerutan pada wajah.

 

SHARE