Jembatan merupakan sarana yang memiliki fungsi sebagai penghubung transportasi. Dua wilayah yang terpisah oleh aliran sungai besar dapat dihubungkan dengan jembatan.

Begitu juga antar pulau atau benua yang terpisahkan oleh lautan. Jembatan memang memiliki fungsi yang penting guna memperlancar transportasi.

Selain berfungsi sebagai penghubung trasnsportasi, jembatan bisa menjadi bangunan kebanggaan negara dimana jembatan itu berada.

Karena ia merupakan mahakarya kontruksi yang bisa dijadikan kebanggaan dengan bentuk yang menarik dan unik.

Suatu negara bisa memiliki ikon jembatan yang menunjukkan negara tersebut, bisa karena memiliki jembatan yang sangat panjang atau bentuk unik.

Selama ini kita mengenal jembatan-jembatan terpanjang di dunia, kali ini kita akan melihat jembatan tertinggi di dunia.

1Millau Viaduct

www.youtube.com

Millau Viaduct dinobatkan sebagai jembatan tertinggi di dunia. Ia berada di Prancis dan diresmikan langsung oleh Presiden Prancis Jacques Chirac.

Jembatan ini sangat menarik dan mengesankan, jika di ukur ia memiliki ketinggian yang hampir menyamai Empire State Building.

Sturuktur jembatan ini sangat kokoh dan mengagumkan, Millau Viaduct telah menjadi kebanggan bagi negara Prancis.

2Royal Gorge Bridge

upload.wikimedia.org

Jembatan ini merupakan jembatan tertinggi di Amerika Serikat dengan ketinggian 321 meter di atas Sungai Arkansas.

Ia juga merupakan jembatan gantung tertinggi di dunia. Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 1929 ini terletak di dekat Canon City, Colorado dengan panjang 384 meter, lebar 5 meter dan tergantung dari menara yang tingginya 46 meter.

3Akashi Kaikyo Bridge

www.bridge-info.org

Jembatan Akashi Kaikyo menghubungkan kota Kobe di Pulau Honshu sampai Iwaya di Pulau Awaji. Degan ketinggian 298,3 meter, ia terbentang di atas Selat Akashi, Jepang.

4New River Bridge

awakened-blue-rose.deviantart.com

Adalah New River Bridge, jembatan yang terletak di atas sungai New River, Amerika dengan ketinggian 267 meter.

Tahukah kamu ia juga dijuluki sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika. Bagaimana tidak, lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap harinya. Wow!

5The Great Belt Fixed Link

venturedenmark.com

Kali ini kita mengunjungi Eropa. Terdapat jembatan tertinggi di Eropa yang menghubungkan Zealand dengan pulau-pulau Funen di Great Belt Denmark, jembatan itu bernama The Great Belt Fixed Link.

Jembatan ini memiliki ketinggian 254 meter dan terdiri dari sebuah jalan, sebuah terowongan kereta api serta sebuah kotak kayu palang jembatan.

The Great Belt Fixed Link merupakan jembatan milik Denmark.

6The Golden Gate Bride

/upload.wikimedia.org

Pernahkah kamu melihat di film-film hollywood adegan romantis atau menegangkan dengan mengambil latar di sebuah jembatan gantung yang menarik?

Nah, jemabatan ini mungkin salah satunya, ia adalah The Golden Gate Bride. Jembatan elegan yang sering meuncul di pertunjukan atau film-film hollywood ini menghubungan kota San Fransisco dan Marin County.

Ia memiliki ketinggian 227,4 meter dan memiliki artisekrur serta kemegahan yang memikat hati banyak orang tidak hanya warga Amerika saja yang terpikat tapi banyak orang di dunia.

Sungguh luar bisa bukan? Mahakarya manusia yang megah dan tentunya memiliki manfaat penting.

Itulah beberapa jembatan tertinggi di dunia yang sangat menarik untuk kita ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.