Jembatan selalu menjadi obyek yang memikat mata. Bagi para backpacker, traveler dan sebangsanya, jembatan merupakan benda paling berharga. Dengan adanya jembatan, mereka bisa menjelajah dari satu kota ke kota lain. Bahkan dari pulau ke pulau lain.

Dalam dunia melankolis, jembatan biasa dijadikan tempat pelarian dari kejenuhan dan sesaknya hati. Tak hanya sekedar melepas penat, tetapi juga memandangi setiap keindahan di atas jembatan.

Itulah sebabnya banyak arsitek berlomba-lomba merancang aneka bentuk jembatan. Lalu munculah puluhan jembatan-jembatan unik dan menawan. Inilah 6 jembatan paling indah di dunia, dijamin kamu akan selalu terpesona melihatnya.

1Dragon Bridge

colorkinetics.com

Vietnam adalah pemilik jembatan nan indah ini. Nama jembatan diadopsi dari arsitekturnya yang menyerupai naga. Dragon Bridge, begitulah orang-orang menyebutnya.

Nuansa kecantikan Dragon Bridge semakin nampak tatkala malam datang. Kamu akan menyaksikan 2000 lampu LED menyala terang di sekujur tubuh jembatan. Saat itu, kamu benar-benar akan terpukau dan nyaris tak mengedipkan nyata.

2Bridge of Strings

wikimedia.org

Bridge of Strings dibangun di Kota Jerusalem oleh seorang arsitek bernama Santiago Calavatra. Nama lain jembatan adalah Chords Bridge. Disebut demikian karena memang terdapat banyak sekali senar atau kabel yang membumbung ke angkasa.

3Nanpu Bridge

paulreiffer.com

Kota Shanghai, Cina, juga punya jembatan istimewa. Nanpu Bridge, itulah sebutannya. Arsitekturnya spiral seperti lintasan mobil tamiya. Pokoknya keren banget deh.

4Langkawi Sky Bridge

wikimedia.org

Mendengar namanya saja, sudah bisa ditebak, jembatan ini tinggi nyaris menyentuh wajah langit. Ialah Langkawi Sky Bridge yang berdiri di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Jembatan Langkawi Sky Bridge berada di Negara Malaysia.

Sepanjang jembatan dihiasi pemandangan kanopi hutan. Sangat indah sekali. Warnanya hijau memukau dan menyejukan hati. Namun, bagi kamu yang takut ketinggian, jangan coba-coba melongok dari atas jembatan, kalau tidak ingin ketakutan.

5Tower Bridge

tes.com

Ini nih jembatan yang disebut-sebut mirip dengan jembatan Ampera Palembang. Memang agak mirip, tapi tetap berbeda. Kalau Tower Bridge arsitekturnya menyerupai bangunan khas Eropa. Sementara, jembatan Ampera, arsitekturnya khas Indonesia banget.

Keberadaan jembatan ini cukup menarik perhatian para pengunjung, baik domestik maupun mancanegara. Pemerintah Inggris menjadikannya sebagai salah satu obyek wisata di London. Lingkungan sekitar Tower Bridge diatur sedemikian rupa sehingga tampak segar dan asri.

Di dekat jembatan ada kafe-kafe yang letaknya di pinggir sungai. Kalau dipikir-pikir konsepnya sama dengan warung-warung di pinggiran Sungai Musi. Kamu dapat menikmati keindahan sungai dan jembatan secara langsung.

Angin yang berembus menyisakan kesejukan tiada tara. Kamu pun dapat merasakan kenyamanan luar biasa. Kebanyakan orang mengunjungi Tower Bridge saat musim panas atau musim semi.

Jika ingin tahu kisah menarik tentang kehidupan raja zaman dahulu, kunjungi Tower of London. Letaknya tidak jauh dari Tower Bridge.

6Charles Bridge

raredelights.com

Charles Bridge merupakan jembatan yang berdiri di atas sungah Vlavata Praha. Jembatan ini dijuluki sebagai jembatan gotic paling indah di dunia. Charles Bridge dibangun dengan lebar kurang lebih 10 meter.

Charles Bridge dibangun sejak abad ke-14. Dulu, Charles Bridge dinamakan Kemenny atau Prazsky Bridge. Baru pada tahun 1870, nama Charles Bridge digunakan untuk nama tetap jembatan. Dua kastil yang dihubungkan oleh jembatan ini adalah Kastil Praha dan Old Town.

Itulah tadi deretan jembatan paling indah di dunia. Sayangnya, jembatan di Indonesia tidak termasuk di antaranya. Ingin wisata yang berbeda? Segera datang, kunjungi dan nikmati keindahan di sekitarnya.