Bagi seseorang yang mempunyai keinginan untuk membangun sebuah hunian. Tentu saja ada banyak hal yang pelu dipertimbangkan demi mendapatkan tempat hunian yang sangat nyaman. Hal ini karena rumah kita aadalah tempat untuk beristirahat dan berkumpul bersama dengan keluarga.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan model, tempat, bentuk, hingga material rumah idaman. Karena untuk setiap material yang dipilih akan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing.

Salah satu material rumah yang sangat perlu untuk dipertimbangkan jenis bahan dan modelnya adalah atap rumah. Hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan kita saat berada didalam rumah. Pemilihan jenis atap rumah yang benar akan memberikan efek positif bagi para penghuninya.

Berikut jenis jenis atap rumah yang perlu kamu tahu sebagai bahan pertimbangan dalam memilih atap rumah untuk tempat tinggalmu.

1Atap Sirap

Atap sirap adalah jenis atap yang biasanya terbuat dari bahan kayu besi atau kayu ulin tua yang tahan terhadap kondisi cuaca. Jenis atap sirap memberikan efek sejuk saat berada didalam rumah. Karena sirap tidak menyerap panas dan memberikan sirkulasi udara yang bagus bagi atap rumah.

Akan tetapi jenis atap ini sangat sulit untuk didapatkan dan dari segi hargapun tergolong sangat mahal. Untuk pemasangannya memerlukan keahlian khusus serta membutuhkan perawatan yang teratur.

2Atap Genteng

Atap jenis genteng merupakan jenis atap yang banyak dijumpai terutama pada rumah rumah lama atau pedesaan. Genteng terbuat dari tanah liat, tetapi ada juga yang terbuat dari beton, metal atau seng, serat fiber semen atau esbes, dan kaca.

Karena terbuat dari bahan tersebut, genteng memiliki bobot yang cukup berat serta harganya lumayan mahal. Akan tetapi jenis atap genteng tergolong awet dan perawatannya sangat mudah.

3Atap Beton Bertulang

Jenis atap beton merupakan jenis atap yang banyak digunakan pada gedung gedung bertingkat. Biasanya rumah dengan memiliki tingkat dua atau lebih menggunakan atap beton untuk memperkokoh bangunan rumahnya.

Walaupun atap ini banyak digunakan didaerah perkotaan dan tergolong jenis atap yang paling kuat namun jenis atap ini sangat panas bila digunakan sebagai atap. Karena sifat beton yang menyerap panas matahari.