Kamu tentu tahu apa itu awan bukan? Awan sebenarnya adalah air karena udara selalu mengandung uap air. Dan titik-titik air yang ‘bergantung’ di langit inilah yang disebut awan. Nah, ternyata jenis awan itu banyak lho.

Kurang lebih ada 5 jenis awan atau keluarga awan. Mari ketahui lebih dalam jenis awan ini, agar yang kita tahu bukan hanya awan kumulonimbus yang sering dipersalahkan karena diduga penyebab kecelakaan pesawat.

1Keluarga A

clouds365.com

Jenis awan Keluarga A ini disebut juga awan tinggi. tentu saja karena lokasinya berada pada ketinggian 3.000-8.000 meter di daerah kutub, 5.000-12.000 meter di daerah iklim sedang dan 6.000-18.000 di daerah dengan iklim tropis.

Nah, baru tahu kan kalau ketinggian awan juga dibagi berdasarkan daerahnya? Awan tinggi ini meliputi 3 kelompok besar, yaitu awan genus Cirrus (Ci), genus Cirrocumulus (Cc) dan genus Cirrostratus (Cs).

Awan Ci umumnya tampak seperti gumpalan putih berserat kristal es halus yang terlihat jelas di langit biru, genus Cc tampak seperti ombak di pasir pantai berbentuk bulat kecil atau serpih berwarna putih yang berkelompok.

2Keluarga B

en.wikipedia.org

Nama lain jenis awan Keluarga B adalah awan tengah karena cenderung muncul atau terbentuk pada ketinggian 2.000 meter. Namun awan ini juga dapat terbentuk pada ketinggian 4.000, 7.000, atau 8.000 meter tergantung dengan daerahnya.

Semakin hangat iklim suatu daerah maka awan ini akan tumbuh pada titik yang yang semakin tinggi. Contoh awan ini adalah awan Nimbostratus. Nimbostratus dapat ‘mengental’ pada ketinggian rendah selama terjadi hujan.

3Keluarga C1

en.wikipedia.org

Jenis awan rendah ini ada pada ketinggian 2.000 meter, termasuk ke dalam genus Stratus. Nah, kamu tahu kabut? Jika awan stratus ini cukup rendah hingga kontak dengan tanah, timbullah kabut.

Ada dua genus awan rendah keluarga C1 ini, yaitu genus Stratocumulus (Sc) dan genus Stratus (St). Genus Sc umumnya berwarna gelap dengan pola yang tidak teratur dengan ukuran yang besar.

4Keluarga C2

en.wikipedia.org

Nah, kalau jenis awan yang satu ini disebut awan rendah tengah, keluarga C2. Umumnya awan ini berada pada ketinggian 3.000 meter. Awan ini sebenarnya berada pada ketinggian rendah.

Namun, jika pada saat yang sama kelembaban udara relatif sangat rendah, awan ini akan naik ke bagian bawah golongan awan menegah. Bahkan sangat mungkin terbentuk ketebalan yang signifikan hingga kemudian justru digolongkan dalam keluarga D.

5Keluarga D

clouds365.com

Di keluarga jenis awan D inilah kamu akan mengenal awan Cumulonimbus (Cb). Awan besar yang menjulang dari ketinggian rendah hingga titik yang sangat tinggi, rawan badai dan petir.

Awan Cb sendiri digolongkan menjadi dua. Jenis pertama disebut spesies Calvus Cumulonimbus (Cb cal). Bentuknya sangat tinggi dan seperti memotong puncak kubah. Mirip dengan gumpalan awan yang menjulang tinggi.

Jenis Cb yang kedua disebut spesies Capillatus Cumulonimbus (Cb cap). Bentuknya dengan puncak yang sangat tinggi dan berserat karena adanya kristal es yang terkandung di dalamnya.

clouds365.com
clouds365.com

Nah, sedangkan awan Cumulus adalah awan dengan ukuran vertikal lebar yang besar dan berwarna gelap keabu-abuan. Awan inilah yang akan terbentuk jika jenis awan C2 naik dan membentuk ketebalan yang signifikan.

Bagaimana? Kamu sudah cukup tahu berbagai jenis awan sekarang? Awan adalah salah satu ciptaan tuhan yang sangat indah, bentuknya yang beraneka ragam dan putihnya yang sungguh bersih.

Mengingatkan kita untuk menjadi manusia dengan impian yang tinggi dan hati yang bersih. Agar kita dapat menjadi manusia yang tinggi derajatnya namun rendah dan lembah lembut perangainya.

SHARE