Ada sangat banyak jenis ikan hias air tawar. Ada ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium dan ada juga ikan hias yang lebih terlihat bagus bila diletakkan di dalam kolam.

Ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya (satu akuarium satu ikan) dan ada juga ikan hias yang bisa dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam.

Yuks kita bahas satu-satu ikan apa saja yang biasa dipelihara untuk ikan hias di Indonesia ini.

1Ikan Cupang

cirebonpos.com

Nama ikan hias air tawar ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kita sering menjumpai ikan hias ini di pasar-pasar tradisional. Banyak para pencinta ikan hias, khususnya yang masih muda memelihara ikan ini, yang masih kecil malah.

Maklum, dulu saya sering melihat anak SD menenteng cupang di toples sepulang sekolah. Hehe. Jadi cupang dijual di sekolah juga ya. Ampun dah.

Ya maklum sih ya, ikan cupang memang punya daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan hias ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang.

Jadi, bila kamu mempunyai ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut di letakkan dalam satu tempat. Letakkanlah ikan-ikan cupang di tempatnya sendiri-sendiri. Kamu bisa memakai toples sebagai medianya.

2Ikan Guppy

cara.pro

Ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, ikan hias ini sangat cepat peredarannya di dunia. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium.

Kita sangat mudah untuk mendapatkan jenis ikan hias ini, karena banyak orang yang membudidayakannya dan menjualnya.

Uniknya, dari kepala sampai ekornya, ikan hias air tawar ini terlihat sangat menarik karena mempunyai ukuran tubuh dari kepala sampai ekornya kurang lebih 2,5 cm.

3Ikan Arwana

duniaq.com

Ikan arwana adalah jenis ikan hias air tawar yang mempunyai sisik unik sehingga akan memikat siapa saja yang melihatnya dan ikan hias ini yang paling populer sampai saat ini.

Sampai disebut ada ikan arwana yang memiliki jenis sendiri, yaitu ikan arwana super red. Ikan hias seperti ini banyak yang mengatakan akan tidak pernah menurun para peminatnya.

Selain itu, ada mitos yang beredar di masyarakat sampai sekarang yaitu bila memelihara ikan arwana pemiliknya akan diberikan kelancaran rezeki.

4 Ikan Lohan

farrayroom.blogspot.com

Ikan louhan dulu sangat populer di Indonesia. Sangat banyak yang sebelumnya belum pernah memelihara ikan hias, akhirnya mencoba untuk memelihara ikan dan ikan yang dipelihara adalah ikan louhan.

Banyak orang secara tiba-tiba menjadi pencinta ikan hias. Hal tersebut karena sangat terkenalnya ikan louhan pada saat itu.

Hal yang membuat ikan hias air tawar ini terkenal yaitu warnanya yang cantik. Selain itu, terkadang kombinasi warna sisik ikan louhan bisa membentuk seperti sebuah tulisan. Dan benjolan yang ada dikepalanya membuat daya tarik tersendiri bagi ikan louhan ini.

Semakin besar benjolannya, makan semakin mahal harga ikan louhan ini. Jenis ikan louhan seperti penguasa lautan dan sedikit agresif, serta termasuk dalam tipe ikan hias hias karnivora.

5Ikan Koi

satwapedia.com

Jenis Ikan hias air tawar ini sangat cocok dipelihara di kolam yang cukup luas. Karena daya tarik dari ikan koi ini adalah warna-warni ikan yang sangat cantik dan terlihat indah bila dilihat dari atas kolam.

Selain itu, ikan hias ini juga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.
Kerennya bila kamu ingin bermain dengan ikan koi tersebut, maka berilah pakan tepat pada saat ikan tersebut lapar.

Dalam hitungan detik ikan-ikan koi akan berbondong-bondong menyerbu pakan ikan tersebut.

6Ikan Oscar

duniaq.com

Ikan hias satu ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai para pencinta ikan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Jika diperhatikan, ikan oscar sangat mirip dengan ikan yang biasa kita konsumsi yaitu ikan gurame atau nila.

Bentuknya yang lebar serta siripnya yang menjadikan ikan hias ini sangat mirip dengan ikan gurame.

Tetapi, ada hal yang membedakan dari kedua ikan ini, yaitu warna yang dimiliki ikan oscar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada ikan gurame.

Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oscar ini terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya. Juga ada ikan oscar albino atau putih pucat dengan garis totol-totol orange, ataupun berwarna putih polos.

SHARE