Alam ini menyediakan sarana bagi kita untuk mengambil hikmah dari fenomena yang ada. Dengan fenomena alam inilah pada akhirnya kita bisa melihat kekuasaan Allah lebih dekat. Kekuasaan yang tidak memiliki batas atas alam ini.

Kekuasaan yang terkadang tidak masuk logika kita sebagai manusia. Sesuatu yang menurut kita tidak mungkin, ternyata mungkin-mungkin saja bagi Allah. Seperti bentuk-bentuk awan yang membentuk pola-pola yang menakjubkan.

Apakah kamu pernah melihat atau mengetahui jenis-jenis awan yang menakjubkan ini? Jika belum, sama-sama kita ulas yuk! Berikut ini jenis-jenis awan tersebut.

1Lenticular Clouds

interestingfacts.org

Lenticular Clouds merupakan satu jenis awan yang unik yang biasanya terjadi di daerah pegunungan.

Awan ini disebabkan karena pergerakan udara lembab di daerah pegunungan. Awan ini dikatakan unik karena bentuknya seperti piring terbang raksasa atau tumpukan pancake.

Awan lenticular ini pernah terjadi di beberapa pegunungan di dunia, salah satunya gunung Fuji. Sekilas awan ini terlihat padat atau tidak terpecah, namun faktanya tidak demikian. Awan ini bisa bertahan dengan bentuk lenticular selama berjam-jam atau berhari-hari.

2Anvil Clouds

partialmagic.wordpress.com

Anvil Clouds atau yang biasa dikenal sebagai awan Cumulonimbus adalah awan yang sangat berbahaya bagi dunia penerbangan dan bisa menyebabkan bencana. Pasalnya awan ini bisa menghasilkan muatan listrik.

Cumulonimbus adalah awan padat yang memiliki bentuk vertikal dan menjulang tinggi seperti menara. Bagian puncak dari awan ini tampak berserabut dan tampak memiliki alur.

Di bagian bawah awan ini mengandung tetes-tetes air dan bagian atasnya terdiri dari kristal es.

3Helmholtz Clouds

earthsky.org

Awan yang satu ini memiliki bentuk khas, yaitu seperti gelombang raksasa. Awan ini terbentuk dari kumpulan awan cirrus. Awan ini biasanya berada pada ketinggian di atas 5000 m.

Awan ini dinamakan awan Helmholtz karena diambil dari salah satu penemunya di abad ke-19, yaitu seorang fisikawan bernama Hermann Von Helmholtz.

4Fallstreak Hole

abc.net.au

Fallstreak Hole merupakan salah satu formasi awan dengan bagian tengahnya berlubang. Lubang ini bisa terbentuk karena air yang berada di awan suhunya di bawah titik beku.

Akan tetapi, walaupun di bawah titik beku, namun airnya tidak membeku karena kurangnya partikel nukleasi.

5Mammatus Clouds

weatherworksinc.com

Mammatus Clouds merupakan salah satu jenis awan yang diberi nama dari istilah meteorologi. Bentuknya seperti pola seluler dari banyak kantung yang tergantung di bawah awan. Awan Mammatus juga sering dikaitkan dengan awan landasan dan badai petir.

6Polar Stratospheric Clouds

washingtonpost.com

Awan Polar Stratopheric adalah salah satu jenis awan di daerah kutub dan terletak pada ketinggian 15.000-25.000 meter di atas permukaan laut. Awan ini terbentuk akibat penipisan lapisan ozon yang pada akhirnya menghasilkan zat kimia bernama chlorine.

7Rool Clouds

crystalinks.com

Awan yang satu ini tidak kalah unik dan menakjubkan. Kenapa? Karena awan ini membentuk formasi horizontal memanjang. Sehingga menyerupai bentuk tabung.

Salah satu penampakan awan ini yang paling terkenal adalah yang pernah terjadi di Queensland, Australia. Keberadaan awan ini pun cukup membahayakan bagi dunia peberbangan karena dapat menyebabkan turbulensi.

8Undulatus Asperatus

500px.com

Undulatus Asperatus merupakan salah satu jenis awan yang jarang terlihat. Oleh karena itu, awan ini belum diklasifikasikan ke dalam salah satu bentuk formasi awan.

Demikianlah jenis-jenis awan yang begitu menakjubkan. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari keberadaan jenis awan ini agar bisa direfleksikan untuk kehidupan kita.

Artikel terkait: