Hai, Guys. Buat kalian yang tahu atau bahkan menggeluti bidang TI mungkin tidak asing lagi dengan jaringan komputer.

Jaringan computer merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Nah dalam jaringan komputer memiliki beberapa jenis. Dari jaringan yang sederhana sampai jaringan yang mencakup secara luas. Jaringan computer itu bermacam-macam lho.

Jenis-jenis jaringan computer ini terbagi berdasarkan 4 golongan, yaitu berdasarkan jangkauannya, transmitter yang digunakan, dan distribusi sumber informasi/data, peran dan hubungan antar computer.

Berikut ini adalah penjelasannya masing-masing

1Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya

yokotirtayanisoleha.blogspot.com

LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN ini merupakan tipe jaringan paling sederhana dan juga paling kecil ruang lingkupnya. Ya namanya saja sudah local ya, jadi areanya kecil seperti itu.

Biasanya jaringan LAN hanya digunakan dalam ruang lingkup kecil, bukan? Yups, warnet itu merupakan salah satu penggunaan dari jaringan LAN itu sendiri.

Dengan menggunakan model jaringan LAN, maka seluruh seperti satu ruangan, satu rumah, satu sekolah. Nah satu lagi, pasti kamu udah pada tahu warung internet komputer dalam satu ruangan tersebut dapat terkoneksi satu sama lain.

LAN ini merupakan jaringan yang kasat mata yang hanya berjalan pada radius beberapa meter saja, oleh sebab itu jaringan ini jaringan terkecil bila di bandingkan dengan lingkung jaringan lainnya.

MAN (Metrolpiltan Area Network)

child-bms.blogspot.com
child-bms.blogspot.com

Nah Guys, MAN ini jaringannya lebih luas dari jaringan LAN. MAN merupakan sebuah jaringan yang berada di dalam satu kota dengan kecepatan transfer data tinggi yang menghubungkan beberapa kantor tetapi masih dalam satu wilayah kota.

Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan computer. Dan kamu tahu? Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 – 50 kilo meter lho.

WAN (Wide Area Network)

yokotirtayanisoleha.blogspot.com
yokotirtayanisoleha.blogspot.com

WAN merupakan jaringan yang jauh lebih luas lagi ruang lingkupnya, bisa dibilang paling luas malah. Why? Karenajaringannya antar negara, antar benua, bahkan satu dunia.

Internet yang biasa kita gunakan termasuk ke dalam jaringan WAN atau Wide Area Network, karena dapat menghubungkan komputer kita dengan jaringan seluruh dunia.

2Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Transmitter yang Digunakan

kiranasafitri.wordpress.com

Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan kabel, satu komputer dihubungkan dengan komputer lain dengan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

epalallo.mhs.uksw.edu
epalallo.mhs.uksw.edu

Jaringan satu ini menggunakan gelombang elektromagnetik sebgai penghubungnya. Jadi, jaringan nirkabel tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan

3Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

Jaringan Terpusat

Namanya saja terpusat. Jadi gini lho Guys. Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server dimana komputer klient berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.

Jaringan Terdistribusi

davidadinugroho.wordpress.com
davidadinugroho.wordpress.com

Nah untuk jaringan yang terdistribusi ini, beberapa jaringan terpusat berpadu menjadi satu sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

4Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peran dan Hubungan Antar Komputer

veeandroid.blogspot.com

Jaringan Client-Server

Jaringan client to server merupakan jaringan umum yang biasa kita temui pada perpustakaan online, ataupun warnet. Jaringan ini menyediakan satu server dan juga beberapa klien, hampir sama dengan model jenis jaringan terpusat.

Jaringan Peer to Peer

hdpix.org
hdpix.org

Jaringan peer to peer ini sering kita temui pada koneksi jaringan dalam permainan yang bersifat multi player.

Untuk jaringan peer to peer ini setiap user memiliki hak akses yang sama sehingga semua dapat mengakses data informasi dan dapat mengubah, menambah dan menghapus data tersebut.

Itu dia sedikit penjelasan tentang jenis-jenis jaringan komputer, semoga bermanfaat!

SHARE