Islam adalah agama yang mengedepankan keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Pada kehidupan dunia, salah satu hal yang dianjurkan oleh Islam ialah berolahraga.

Mengapa perlu olah raga? Sebab tubuh yang kuat akan mendatangkan banyak manfaat bagi umat, tidak lemah, jiwanya pun sehat, mudah juga dalam beribadah.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, dalam Islam ada olah raga yang disunnahkan oleh Raulullah lho. Berikut ini adalah 3 jenis olahraga yang dapat mendatangkan pahala bagi yang menjalankannya.

1Panahan

sunnahmemanah.blogspot.com

Panahan adalah olahraga yang menggunakan busur dan anak panah yang dilontarkan. Olahraga ini membutuhkan ketepatan dan ketangkasan dalam menembakkan anak panah.

daaruttauhiid.org
daaruttauhiid.org

Mengapa Islam menyunnahkan olahraga ini? Karena memanah memberikan manfaat bagi penggunanya, seperti melatih konsenterasi, kesabaran, dan ketepatan sehingga memudahkan pengontrolan diri.

“Aku mendengar Rasulullah Saw berkhutbah di atas mimbar. Tentang ayat ‘dan persiapkanlah bagi mereka al quwwah (kekuatan) yang kalian mampu” (QS. Al Anfal: 60)

Rasulullah bersabda: ‘ketahuilah bahwa al quwwah itu adalah skill menembak (sampai 3 kali)’” (HR. Muslim)

smp-im.com
smp-im.com

Selain itu, memanah juga berguna ketika tersesat di alam liar. Dengan hanya menggunakan panah, seseorang dapat bertahan hidup dengan cara mencari hewan buruan.

Pada masa lalu, ketika perang bergejolak dalam menyiarkan Islam, panah adalah senjata yang sangat efektif untuk pertahanan diri, sekaligus bentuk perlawanan.

“Barangsiapa yang belajar menembak lalu ia melupakannya, maka itu termasuk nikmat yang ia durhakai” (HR Ath Thabrani)

“Kelak negeri-negeri akan ditaklukkan untuk kalian, dan Allah mencukupkan itu semua atas kalian, maka janganlah salah seorang diantara kalian merasa malas untuk memainkan panahnya” (HR. Muslim)

2Berkuda

aktual.com

Berkuda adalah aktivitas berjalan atau berlari dengan menunggangi kuda. Di dalam olahraga ini, dibutuhkan keberanian dan keseimbangan dalam mengontrol kuda yang ditunggangi.

beta.ulin.in
beta.ulin.in

Berkuda mempunyai banyak manfaat, diantaranya melatih seseorang untuk bersahabat dengan hewan, bagaimana adab-adab dalam memperlakukannya, tidak menyiksa.

Selain itu, berkuda akan menguji keberanian, sebab mengendalikan hewan tunggangan tidaklah mudah. Perlu kesabaran terhadap prosesnya.

3Berenang

lazyflowerisme.wordpress.com

Berenang adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh secara terkoodinasi sehingga dapat mengapung, bergerak di air, dan tidak tenggelam.

Berenang merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari anak-anak maupun orang dewasa.

Olah raga ini akan memperkuat seluruh otot tubuh sehingga tidak akan mudah lelah, dan melatih sistem pernafasan.

mohlimo.com
mohlimo.com

Kemampuan berenang juga akan sangat berguna ketika terjadi kecelakaan di air. Seseorang yang mampu berenang dengan baik akan bertahan hidup.

Ketiga olah raga tersebut di atas (memanah, berenang, berkuda) tercantum dalam sebuah hadist; “Ajarilah putra-putramu memanah, dan berenang.” (HR. Ath-Thawawi).

“Tidak ada perlombaan kecuali untuk unta, panah, atau kuda.” (HR. Ahmad).

Jadi, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk malas berolahraga. Karena dengan berolahraga berarti umat muslim telah menjaga kesehatan tubuh sebagai salah satu bentuk amanah Allah.

Apabila tubuh kuat dan sehat, seorang muslim tidak akan lagi sibuk memikirkan dirinya sendiri sebab urusan pribadi sudah selesai, dan bisa lebih leluasa untuk memberikan manfaat bagi yang lain.