nahason-bastin.blogspot.com

Yuk Ketahui Jenis Organisasi Islam Eksternal Kampus Untuk Kamu Para Mahasiswa Baru

Posted on

Saat kamu telah menyandang titel sebagai mahasiswa baru, itu adalah saat dimana dunia baru kamu telah dimulai. Karena proses berjalannya kehidupan di kampus sangat berbeda dari kehidupan sekolah. Di kampus kamu akan mengenal berbagai macam organisasi kemahasiswaan.

Mulai dari organisasi minat bakat, intelektual, sosial, hingga misi politik muncul dengan mengusung ideologinya masing masing. Mahasiswa yang disebut sebagai golongan intelektual adalah penyambung lidah masyarakat.

Organisasi kemahasiswaan terdiri dari organisasi internal kampus dan eksternal kampus. Organisasi internal adalah organisasi yang berada dibawah naungan kampus tersebut. Sedangkan organisasi ekternal adalah organisasi luar kampus yang mempunyai skala lebih besar daripada internal.

Organisasi eksternal kampus berfungsi untuk mengembangkan soft skill para mahasiswa serta mengembangkan diri dalam berbagai macam hal. Termasuk organisasi yang bergerak dibidang keagamaan islam.

Berikut beberapa jenis organisasi islam eksternal kampus yang perlu diketahui para mahasiswa baru.

KAMMI

KAMMI adalah singkatan dari kesatuan aksi mahasiswa muslim Indonesia. KAMMI berdiri pada tanggal 29 maret 1998 bersamaan dengan diadakannya FSLDKN X di Universitas Muhammadiyah Malang. Organisasi islam ini mengusung konsep dakwah islamiyah yang dijalankan oleh beberapa LDK (Lembaga Dakwah Kampus)

Awal mula berdirinya KAMMI adalah karena jatuh temponya hutang Indonesia dan krisis moniter yang terjadi cukup lama. Dengan mengumpulkan perwakilan dari beberapa LDK maka terbentuklah KAMMI dengan Fahri Hamzah sebagai ketua umum yang pertama.

HMI

Organisasi islam lainnya adalah HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) yang berdiri pada tahun 1947 dan diprakarsai oleh Lafran Pane. Organisasi ini merupakan organisasi yang mempunyai banyak kontribusi pada masyarakat hingga saat ini.

Sekarang telah banyak para politikus yang terlahir dari HMI ini. Antara lain adalah Akbar Tanjung, Jusuf Kalla, Anas Urbaningrum, Hatta Rajasa, Mahfud MD dan lain lain.

IMM

IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) merupakan satu satunya organisasi mahasiswa yang berada dibawah naungan organisasi otonom Muhammadiyah. IMM merupakan bagian dari AMM (Angkatan Muda Muhamadiyah).

Ada dua faktor yang melandasi kelahiran dari IMM yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu faktor yang terdapat didalam diri Muhammadiyah itu sendiri, sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar Muhammadiyah khususnya umat Islam di Indonesia.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *