Penyakit kulit adalah sebuah gangguan yang berada di bagian tubuh manusia, yaitu di kulit, dan biasanya sangat mengganggu penderitanya.

Selain karena penyakit ini letaknya di tubuh bagian luar yang mudah dilihat banyak orang, juga karena penyakit ini sangat mengganggu kenyamanan seseorang dalam beraktivitas.

Entah karena rasa gatal atau perih yang dirasakan, juga karena merasa tidak nyaman akibat dilihat oleh banyak orang.

Secara umum, penyebab penyakit-penyakit muncul di kulit adalah karena faktor kebersihan.

Entah dari dalam yang artinya seseorang tidak bisa menjaga kebersihan kulit dan tubuhnya sendiri, atau karena faktor luar berupa polusi udara yang membuat kulit kering dan kotor.

Karena kulit letaknya adalah di tubuh bagian luar manusia, maka memang sudah menjadi hal wajar jika kulit akan menjadi tempat serangan pertama bagi beberapa penyakit.

Nah, berikut ini adalah 5 macam penyakit kulit yang paling mengganggu penderitanya, beserta beberapa sebabnya.

Sebagai bentuk kewaspadaan, kamu wajib membacanya!

1Jerawat

wajah-bebas-jerawat.blogspot.com

Baik kaum hawa maupun kaum adam, tak ada yang menyukai jika si bentol kecil bernama jerawan ini muncul di kulit, terutama di area wajah.

Apalagi jika mereka muncul dalam jumlah banyak, dan berwarna merah mencolok, kemudian terasa nyeri sekali.

Tangan akan secara otomatis bergerak gemas ingin segera memencetnya agar si Jerawat ini segera enyah dari kulit.

Namun jangan biarkan tanganmu bergerak memencetnya, karena jerawat semakin dipencet akan semakin merugikan seseorang.

Selain karena bisa menimbulkan infeksi dan luka pada kulit, jerawat yang dipencet justru malah bisa membuat penyebarannya di kulit semakin merata.

Penyebab jerawat sendiri karena beberapa faktor luar seperti kulit yang kotor terkena polusi udara, serta  faktor dalam yang biasanya terjadi karena pengaruh lemak dan hormon.

Untuk mencegahnya, lebih baik kamu hindari konsumsi makanan berlemak terlalu banyak, dan jangan lupa untuk memperbanyak air putih serta rajin membersihkan kulit.

2Eksim

jualobatgataleksin.blogspot.com

Eksim atau yang kadang juga disebut dermatitis atopik, adalah sebuah penyakit kulit yang sangat mengganggu dan sulit sembuh dalam jangka waktu panjang.

Penyakit ini biasanya akan membuat kulit terlihat memutih seperti menebal dan terasa sangat gatal menyiksa bagi para penderitanya.

Gejalanya biasa diawali dengan kulit yang mendadak menjadi kering dan gatal, kemudian muncul ruam pada kulit, biasanya pada daerah wajah, siku, lutut belakang, tangan, dan kaki.

Penyebabnya ada bermacam-macam, bisa karena faktor kebersihan, bisa juga karena bakteri atau virus yang menginfeksi kulit penderitanya.

3Herpes

laser.elexxion.com

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi virus Herpes pada kulit manusia.

Virus Herpes ada bermacam-macam, dan bentuk herpesnya di kulit juga tergantung dari virus Herpes apakah yang menginfeksinya.

Pada umumnya gejala awal herpes adalah dengan demam tinggi, kemudian disusul dengan munculnya ruam kemerahan seperti ada benjolan berisi air atau nanah yang terasa perih.

4Keriput

mungkopas.blogspot.com

Penyakit kulit yang satu ini pada umumnya memang dikenal sebagai sebuah penyakit kulit yang banyak diderita oleh orang-orang yang telah lanjut usia.

Namun tahukah kamu, bahwa seseorang yang masih muda pun bisa saja terkena penyakit keriput atau penuaan dini?

Ya, hal ini bisa saja menyerang orang-orang muda yang suka sekali gonta-ganti merk kosmetik atau menggunakan beberapa obat wajah yang mengandung bahan kimia keras.

Akibatnya kulit semakin tipis dan membuat munculnya beberapa kerutan halus yang disebut keriput tersebut.

5Panu

www.beautips.net

Berbeda dengan eksim, panus biasanya muncul seperti sebuah bentuk blok putih pada kulit. Putihnya pun tidak terlalu terlihat, atau bisa dikatakan agak samar-samar.

Panu menyerang kulit karena kebersihannya yang tidak terjaga, sehingga jamur menyerang kulit dan menyebabkan tumbuhnya panu.

Panu bisa diobati dengan beberapa obat panu, kemudian dicegah dengan tidak berkontak benda bersama penderita panu dan rajin membersihkan kulit.