Kamu masih mahasiswa? Penyakit apa yang kamu derita justru ketika menjadi mahasiswa? Terutama bagi mahasiswa yang tinggal indekos, jika sebelumnya tidak mempunyai riwayat penyakit apapun, saat kuliah justru mudah terserang penyakit ini itu.

Menjadi mahasiswa, memang tidaklah mudah. Kehidupan kampus mengharuskan seseorang lebih banyak belajar ilmu yang menjadi bidang studi selama kuliah, daripada mengurusi kebutuhan sehari-hari sendirian.

Oleh karena tuntutan kuliah yang banyak, beban tugas yang diberikan dosen, belum lagi bagi mahasiswa yang ikut organisasi ekstra kampus, semakin membuat asupan makanan dan gizi mahasiswa terabaikan.

Oleh karena alasan itulah, mahasiswa sangat mudah terserang penyakit, yang sebetulnya itu-itu saja jenis penyakitnya. Apa saja? Ini dia 9 jenis penyakit khas mahasiswa;

1Diare

dailymoslem.com

Bagi kamu yang memang suka jajan sembarangan, inilah akibatnya. Ketika lapar, pilihlah tempat makan yang menyediakan makanan sehat.

Jangan hanya tergiur dengan tampilan dan aromanya saja, tapi perhatikan pula lingkungan tempat makanan tersebut diolah.

Bagi anak kos, kamu bisa belajar memasak. Selain menjadi lebih sehat, kamu dapat menghemat uang saku juga kan?

Jika memang terpaksa membeli makanan, pastikan makanan dan lokasi memasaknya terjamin kebersihan dan kesehatannya.

2Maag

deherba.com

Penyakit ini menyerang lambung akibat luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan rasa sakit dan perih.

Penyebab utama penyakit ini adalah pola makan yang berantakan atau tidak teratur sehingga produksi asam lambung menjadi berlebihan.

Kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan demi begadang mengerjakan tugas atau belajar menjelang ujian, dan stres juga dapat memicu timbulnya penyakit ini.

Tidak perlu khawtir, sebab penyakit ini dapat dicegah dan disembuhkan meski tidak bisa sembuh total. Makanlah dengan teratur, cuci tangan sebelum makan, dan tidak jajan sembarangan.

3Typhoid – Tipes

deherba.com

Demam typhoid atau biasa kita kenal dengan tifus atau tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi.

Jika kamu sedang demam hingga 40 derajat Celsius, merasa nyeri di sekujur tubuh, nafsu makan menurun, dan mengalami sakit kepala yang luar biasa, segera periksakan diri ke dokter. Ada kemungkinan besar kamu menderita penyakit tifus.

Di samping memberikan sejumlah obat dan antibiotik untuk mematikan kuman Salmonella typhi, dokter akan menyuruhmu untuk istirahat total (bed rest) guna mempercepat proses penyembuhan.

Tingkat kesibukan di kampus yang luar biasa namun tidak diimbangi dengan pola makan yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat, menjadi faktor utama timbulnya penyakit ini.

Kuman Salmonella typhi masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Biasakan makan masakan rumah (kamu bisa memasaknya sendiri di tempat kos) dibuat bekal selama berkegiatan di kampus.

4Demam Berdarah

republika.co.id

Kebiasaan buruk mahasiswa berikutnya ialah tidak menjaga kebersihan kamar kos maupun kamar pribadi, menumpuk banyak baju pada gantungan pintu, serta jarang menguras bak mandi.

Kebiasaan itu dapat menjadi alasan utama datangnya penyakit DBD lho sebab nyamuk Aedes aegypti senang bersarang di tempat-tempat kotor dan bau.

Jagalah terus lingkungan tempatmu tinggal, baik tempat kos maupun rumah pribadi sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit berbahaya ini.

5Gatal-gatal

klinikpengobatanalami.wordpress.com

Hewan kasat mata ini merupakan penghuni tetap tempat gelap dan lembab, seperti kasur. Maka, bagi kamu yang merasa anak kos maupun tinggal dengan orangtua, biasakan mengganti seprai minimal dua minggu sekali dan membersihkan tempat tidurmu.

6Pusing – Flu – Panas Dingin

apakabardunia.com

Nah, penyakit yang satu ini datangnya bisa satu-satu, atau sekaligus. Biasanya terjadi ketika kamu kurang tidur karena banyak tugas kuliah atau laporan praktikum.

Penyakit ini memang bisa dibilang penyakit umum yang biasa dialami orang-orang, namun jangan dianggap remeh.

Apakah kamu pernah merasakan salah satu penyakit di atas pada saat menjadi mahasiswa? Atau bahkan ada yang pernah merasakan semuanya? Ingat, datangnya penyakit dimulai dari kebiasaan diri sendiri yang tidak baik.

 

7Insomnia

huffingtonpost.com

 

Hanya ada dua hal ketika mahasiswa rela begadang semalam suntuk, atau bahkan ada yang beberapa malam. Pertama, menonton film atau drama korea. Kedua, mengerjakan tugas kuliah atau organisasi.

Kamu termasuk yang mana?

Gejala kelainan tidur, yang dalam istilah kesehatan disebut insomnia, sebenarnya bukan penyakit. Tetapi gejala yang memiliki penyebab berupa kesulitan untuk tidur yang terjadi berulang kali.

Biasanya, gejala insomnia diikuti gangguan fungsional saat bangun, seperti pusing kepala.

8Anemia

obatsakit2011.blogspot.com

Akibat dari begadang dan makan tidak teratur yang terus berulang adalah anemia. paling terlihat adalah susah tidur.

Daya tahan tubuh akan semakin menurun, sehingga mengakibatkan pecahnya dinding sel darah merah karena reaksi antigen antibody.

Apakah kamu sudah pernah mengalami semua penyakit di atas selama menjadi mahasiswa?

 

SHARE