Sepeda adalah alat transportasi roda dua zaman dahulu yang hingga sekarang masih banyak digemari oleh masyarakat. Bahkan, sampai terbentuk klub atau komunitas sepeda onthel.

Dengan adanya zaman yang semakin berkembang, bersepeda mulai dijadikan life style. Produksi sepeda dengan berbagai macam tipe juga mulai marak dikreasikan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Kalau kamu hendak membeli sepeda, kenali dulu apa saja jenis sepeda yang sesuai dengan model dan seleramu. Akan kamu gunakan sepeda itu pada lintasan apa, perlu kamu perhatikan juga.

Untuk semakin mengenali tipe seperti apa sepeda yang kamu butuhkan, kenali dulu 7 jenis sepeda beserta fungsinya.

1Sepeda Gunung

id.wikipedia.org

Sepeda jenis ini digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka kuat. Sepeda ini juga memiliki suspension, dan kombinasi kecepatan sampai 27 km/jam. Cocok sekali digunakan pada lintasan berkelok-kelok, penuh bebatuan, dan curam.

2Sepeda Jalan Raya

garnadiutomo.wordpress.com

Sepeda ini digunakan untuk berbalapan di jalan raya. Bobot keseluruhannya ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan. Sepeda ini memiliki kombinasi kecepatan yang sama dengan sepeda gunung, yaitu 27 km/jam.

3Sepeda BMX

sepedabmx.com

Nama BMX merupakan kepanjangan dari Bicycle Motocross. Sepeda jenis ini banyak digunakan untuk atraksi.

4Sepeda Mini

vivacycle.com

Biasanya, sepeda mini ini termasuk dalam kelompok sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga. Kalau di luar negeri, barangkali kreasi bentuk sepeda mini sudah beragam.

5Sepeda Angkut

kaskus.co.id

Beberapa jenis sepeda yang termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos, atau sepeda yang mempunyai gerobak pada bagian belakangnya. Sesuai dengan namanya, sepeda ini sering dipakai oleh penggunanya untuk mengangkut barang-barang.

6Sepeda Lipat

vivacycle.com

Sepeda ini merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik, sehingga akan memudahkan penggunanya untuk membawa ke manapun dengan mudah.

7Sepeda Balap

cykl.cz

Sepeda balap memiliki model handler setengah lingkaran. Sesuai dengan nama dan bentuknya, sepeda memang secara khusus sering digunakan untuk balapan.

Sepeda balap biasanya mepunyai bentuk ban yang ramping dan tipis. Cocok sekali digunakan untuk bersepeda dengan kecepatan tinggi pada arena balap.

Mengendarai sepeda dengan baik akan mendatangkan dua manfaat, yaitu sebagai sarana olah raga dan alat transportasi yang bebas dari polusi. Nah, mulai sekarang, yuk kita budayakan penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi alternatif.

SHARE