Sudah pernah mendengar tentang tanaman auqascape? Yap! Ini adalah jenis tanaman yang tumbuh didalam air atau akuarium.

Walstad (1999), mengemukakan bahwa manfaat dari keberadaan tanaman air di dalam akuarium yaitu melindungi ikan dari bahaya amonia dan logam-logam berat, mengontrol pertumbuhan alga, menstabilkan pH karena reaksi fotosintesis membutuhkan asam (H+) yang banyak.

Manfaat lainnya dari tanaman aquascape yaitu menyediakan oksigen dalam perairan dan meningkatkan aktivitas biologis seperti bakteri pendekomposisi dalam akuarium.

Tanaman air juga berfungsi mengurangi karbondioksida bebas yang dapat menyebabkan menipisnya oksigen terlarut, serta adanya akar tanaman yang ditancapkan pada substrat mencegah substrat menjadi bersifat toksik.

Sebenarnya tanaman air sama saja dengan tanaman darat pada umumnya, sama-sama memerlukan pupuk sebagai sumber nutrisi yang kaya akan trace element yang digunakan untuk merangsang petumbuhan tanaman agar tumbuh subur, kekar dan kuat di dalam akuarium.

Nah, kamu ingin tahu lebih jauh tentang tanaman air? Yuk simak ulasan berikut.

1Egeria Densa

www.youtube.com

Egeria Densa merupakan tanaman akuarium yang awet muda dan tetap populer dikalangan scaper. Tanaman ini awalnya ditemukan di Amerika Selatan dan tengah sejak tahun 1915. Namun setelah itu keseidaan tanaman ini bisa ditemukan dimana saja.

Egeria Densa lebih sering digunakan untuk mengoksidasi air dan menyerap kelebihan nutrisi. Tanaman ini sangat diminati dikalangan pembeli, selain karena harganya yang murah juga karena tanaman ini cukup mudah untuk didapatkan.

2Echinodorus

www.extraplant.com

Awalnya tanaman ini hanya dipasarkan dibelahan bumi bagian barat atau Amerika Serikat, kemudian berjalan ke Argentina. Nama ilmiah tanaman ini berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu echius yang berarti kulit kasar dan dhoros yang berarti botol terbuat dari kulit.

Spesies Echinodorus memiliki banyak jenis, ini juga merupakan tanaman yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

3Java Moss

www.youtube.com

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk dan penampilan seperti karpet. Ini sangat cocok ditanam pada akuarium kamu. Selain bisa menjadi penambah pesona akuarium, tanaman mirip karpet ini bisa menjadi pelindung bagi bayi ikan.

Wah, jadi bayi ikanmu tidak perlu takut jatuh. Karena ada karpet lembut dari Java Moss yang siap menjadi alasnya. Hehehe.

4Marsilea Hirsuta

www.youtube.com

Bentuk tanaman Marsilea Hirsuta bulat mirip dengan glosso, namun ia memiliki ukuran daun yang lebih besar. Tanaman ini juga menjadi alternatif terbaik untuk akuarium kamu.

Fungsi tanaman ini hampir sama dengan Java Moss, yaitu menjadi karpet pada akuarium yang kamu miliki.

5Pogostemon Stellatus

www.aquascapingworld.com

Waw! Ternyata tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman air yang menakjubkan. Selain karena bentuknya yang menawan juga karena warna daunnya yang lain dari tanaman air biasanya.

Tanaman dengan warna daun pink kemerahan ini berasal dari Australia dan Asia. Tanaman ini cukup populer karena bergaya Belanda atau Dutch Style dimana tanaman berwarna-warni yang diutamakan.

Bagi penggemar tanaman air, jenis tanaman yang satu ini adalah tantangan tersendiri. Karena tingkat kesulitan merawatnya cukup tinggi serta kebutuhan cahaya dan CO2 nya yang tidak sedikit pula.

6Cabomba Caroliniana

www.flickr.com

Cabomba Caroliniana juga dikenal sebagai cabomba hijau. Tanaman asli Amerika Utara ini juga menjadi salah satu favorit bagi penggemar tanaman aquascape.

Nah, itulah tadi beberapa jenis tanaman aquascape yang mungkin akan menjadi teman ikan-ikanmu di akuarium. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginanmu.

Ayo, cari sekarang juga tanaman aquascape. Agar akuarium yang kamu miliki penuh warna dan pesona. Hehehe.