Sampai sekarang, tanaman obat masih cukup populer dan digemari oleh masyarakat, terutama masyarakat pada lapisan menengah ke bawah.

Beruntung, masih ada masyarakat yang menyadari beragam fungsi di balik macam-macam tanaman obat yang ada di Indonesia, terlebih yang ditanam sendiri di pekarangan rumah.

Tentu tanaman obat tidak akan memberikan efek negatif seperti halnya obat-obatan kimia. Macam-macam tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang diperoleh dari hasil budidaya rumahan yang cukup berkhasiat sebagai obat.

Setidaknya, ada 5 jenis tanaman obat yang paling banyak diudidayakan oleh masyarakat sebab manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

1Temulawak

jamuheritage.com

Temulawak merupakan tanaman obat asli khas Indonesia yang telah dimanfaatkan sejak lama oleh masyarakat Indonesia.

Secara turun temurun, temulawak berfungsi untuk mengobati sakit kuning, perut kembung, maag, dan membantu menstabilkan tekanan darah. Temulawak juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

2Jahe

apotekmaxs.com

Sejak zaman dahulu, rimpang jahe dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan masuk angin, mabuk kendaraan, dan sakit kepala.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam rimpang jahe bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghambat oksidasi kolesterol.

3Bawang Putih

ngasih.com

Bawang putih selain digunakan sebagai bahan baku bumbu masakan, tanaman ini juga memiliki manfaat yang sangat beragam.

Mengobati flu, batuk, dan mampu membunuh bakteri serta virus jahat yang menyebabkan penyakit pada tubuh.

selingkaran.com
selingkaran.com

Penelitian dari para ilmuwan telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi sehingga dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

4Sambiloto

id.wikipedia.org

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kandungan Andrigrapholide, senyawa lakton diterpenoid bisiklik yang terdapat di dalam sambilito memiliki sifat pelindung organ dalam tubuh, yaitu hati.

Sambiloto terbukti efektif menjaga kesehatan hati dari berbagai efek negatif parasetamol maupun galaktosamin. Sambiloto juga mampu memperlambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

5Cengkeh

duniafitnes.com

Rempah-rempah yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan seperti sakit kepala, sakit gigi, mual dan muntah, masuk angin, perut kembung dan gangguan pada pencernaan.

Cengkeh juga dapat membantu memulihkan seseorang yang menderita penyakit kolera, asma, serta memperlancar sirkulasi darah dan pengatur suhu tubuh.