Kulit adalah organ yang paling terlihat dari seluruh anggota tubuh. Selain wajah, warna kulit biasa digunakan untuk membedakan seseorang dengan yang lainnya.

Perbedaan jenis warna kulit seseorang umumnya digunakan untuk mengidentifikasi ras dan keturunan orang tersebut.

Umumnya, bangsa Indonesia atau Melayu memiliki kulit berwarna cokelat sawo matang atau kuning langsat, bangsa China berkulit kuning, bangsa Eropa berkulit putih dan Afrika berkulit hitam.

Namun, bagaimana penggolongan kulit manusia menurut ahli dermatologi?

Thomas B. Fitzpatrick adalah sosok dermatologis terkemuka asal Amerika berkat karya dan kiprahnya di dunia kesehatan kulit.

Pada hasil penelitiannya, Fitzpatrick mengelompokkan lima jenis warna kulit manusia yang masing-masing mempunyai karakter serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelima jenis warna kulit ini terbilang cukup mewakili beragam warna kulit seluruh manusia di dunia. Berikut ini 5 jenis warna kulit manusia;

1Warna Very Fair

amazonhealthnews.com

Jenis warna kulit very fair memiliki tingkat intensitas warna putih yang sangat terang dan cenderung terkesan pucat.

Jenis ini tidak akan bisa menggelap atau kecoklatan meski terpapar oleh sinar matahari seharian. Masyarakat keturunan ras Eropa dan Australia memiliki kulit dengan warna jenis ini.

2Warna Fair

cambon.id

Fair, adalah jenis warna kulit yang cenderung lebih pink dan banyak muncul di jenis kulit bangsa Jepang dan Cina.

Warna kulit fair selalu bisa terbakar, namun terkadang bisa berubah menjadi gelap. Orang-orang dengan warna kulit ini tentu harus lebih berhati-hati melindungi tubuh dari sinar UV yang berbahaya.

3Warna Medium

randomandquick.blogspot.com

Warna kulit medium adalah warna kulit orang keturunan Indian Meksiko dan Indonesia pada umumnya. Jenis warna medium bila terpapar sinar matahari akan cukup mudah berubah menjadi gelap.

4Warna Olive

infokesehatankulit.com

Warna kulit olive walaupun jarang terpapar sinar matahari, warnanya akan tetap cokelat. Warna kulit ini juga dimiliki oleh masyarakat melayu.

5Warna Brown

theodysseyonline.com

Warna kulit brown atau black banyak didapatikan pada bangsa Afrika dan India. Kulit brown atau black meskipun tidak pernah terkena sinar matahari langsung, tapi akan selalu menggelap atau hitam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here