Membangun karakter seseorang haruslah dimulai saat dirinya dilahirkan. Khususnya pada masa-masa emasnya, yaitu di usia 0 – 5 tahun. Maka orang tua lah yang menentukan bagaimana karakter anaknya kelak. Dengan pola asuh yang baik, seorang anak akan memiliki karakter yang baik pula.

Salah satu pola asuh yang sangat menentukan karakter seseorang adalah perkataan yang sering didengarnya di masa kecil mereka. Jika seorang anak sering mendapat kata positif seperti sanjungan dan apresiasi, maka kelak dirinya akan percaya diri dan bijak dalam menghadapi kehidupan.

Karena itu, sebagai orang tua, kita harus sering memperdengarkan kata-kata positif sebagai apresiasi atas setiap tindakan mereka. Berilah ruang untuk membuat keputusan-keputusan kecil bagi mereka untuk menguatkan karakter positif.

Beberapa kata yang perlu  mereka dengar diantaranya seperti;

1I Love You

blizpix.com

Seringkali orang tua masih malu dan terkadang merasa tabu untuk mengekspresikan rasa sayang dan cintanya kepada anak-anak mereka. Fenomena yang kemudian muncul, anak pun akan merasa malu mengungkapkan bahwa mereka mencintai kedua orang tuanya.

Padahal, seorang anak yang sering mendapat ungkapan sayang dan cinta dalam bentuk lisan akan lebih percaya diri dibandingkan anak lainnya. Dia juga akan mudah mengeluarkan segala potensinya jika telah merasa cukup mendapat rasa sayang dan cinta dari kedua orang tuanya.

2I’m Proud Of You

laurenwsmith.wordpress.com

Sebagaimana kata cinta dan sayang, orang tua pun harus sering memberi apresiasi kebanggaan kepada anaknya. Hal ini akan membuat seorang anak akan menunjukkan hasil belajar mereka dengan lebih baik lagi.

Sebaliknya, jika kita jarang membanggakan anak kita di depan mereka, malah justru mencemooh. Maka mereka akan menanamkan sebuah patron bahwa apapun yang mereka lakukan, tidak ada yang benar di mata kedua orang tuanya.

3I’m Sorry

leanadelle.wordpress.com

Orang tua pun, jika tidak menepati janji atau menyakiti hati anaknya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, maka orang tua harus meminta maaf. Hal ini akan membuat si anak merasa dihargai dan mereka akan berlaku yang sama ketika sudah dewasa nanti.

4I Forgive You

switchback.com

Kebiasaan selalu memaafkan kesalahan anak dan mencoba untuk memahami kenapa mereka melakukan itu akan berdampak pada karakter anak untuk berani mencoba sesuatu di masa depan.

Berbeda halnya jika kita selalu menyalahkan mereka. Anak-anak kita akan berpikir bagaimana melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Padahal tidak ada yang sempurna di dunia ini bukan? Bahkan kamu pun tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan sempurna.

5I’m Listening to You

themoneymakerbook.com

Merasa dihargai merupakan perasaan yang akan muncul ketika kita sebagai orang tua senantiasa mampu mendengarkan perkataan mereka. Timbal baliknya, mereka akan mendengarkan dan menjalankan nasehat kita saat mereka mulai dewasa.

6This is Your Responsibilty

liferantings.com

Berikanlah perintah kepada anak-anak kita dalam bentuk tanggung jawab mereka dalam melakukan kegiatan tersebut. Contohnya tugas membersihkan kamar dan menyapu halaman. Karena sejak kecil mereka ingin dihargai sebagai pribadi yang mandiri dengan tanggung jawab mereka sendiri.

7You Can Do This

paparish.com

Berikan kepercayaan kepada anak-anak kita untuk melakukan sesuatu. Berikan kepercayaan sepenuhnya, bukan hanya dari lisan. Cara ini akan melatih mereka untuk melakukan sesuatu tanpa diawasi oleh orang tuanya. Tentu hal ini juga akan berdampak positif pada karakternya saat dewasa.