Mendidik anak merupakan kewajiban kita sebagai orang tua. Kewajiban di sini bukan berarti sekedar menyekolahkannya di sekolah yang bagus saja lho. Tetapi orang tua dituntut untuk berperan langsung dalam mendidik anak-anaknya di rumah, bahkan sejak mereka masih bayi.

Pastikan diri kita lah yang menjadi madrasah pertama bagi mereka. Peran pendidikan ini tidak hanya dibebankan kepada ibu. Seorang ayah pun hendaknya mengambil peran utama. Karena kedua orang tua lah yang memiliki andil dalam membentuk kepribadian seorang anak ketika dewasa nanti.

Allah telah menyampaikan kepada kita dalam surat An Nisa ayat 9,

“Dan hendaklah takut kepada Allah dan orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Lalu bagaimana mendidik anak yang sesuai dengan ajaran Islam, kita bisa mencontoh dari teladan terbaik umat ini, yaitu Rasulullah Muhammad SAW. Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu kita ketahui.

1Usia 0-6 Tahun

resepenakajib.wordpress.com

Pada usia ini, kita perlu memperlakukan anak-anak kita dengan lembut. Masa ini disebut juga dengan masa keemasan. Dirinya menyerap sebanyak-banyaknya pengetahuan dari lingkungan sekitarnya. Pada umur ini, jangan sekali-kali memukul anak dengan alasan apapun ya.

2Usia 7-14 Tahun

katalogbunda.com

Mulailah memberikan pendidikan disiplin dan tanggung jawab kepada anak kita pada usia ini. Kita bisa mulai memberikan tugas rumah yang ringan kepada mereka. Bisa juga memberikan uang saku selama seminggu agar mereka bisa belajar mengelola keuangannya sendiri.

Kita juga bisa mulai mengajaknya untuk sholat. Dan di umur 10 tahun, jika mereka melanggarnya, kita perlu untuk menghukumnya dengan pukulan yang tidak menyakitkan. Pada usia ini, kita harus tega dalam menegakkan pendidikan disiplin dan tanggung jawab kepada anak kita.

3Usia 15-21 Tahun

pkpim.or.my

Perlakukan anak-anak kita sebagai sahabat saat usia mereka menginjak usia 15 tahun. Bangunlah budaya komunikasi dengan mereka. Jika mereka melakukan kesalahan, ingatkan dengan dialog dan jangan di hadapan orang lain. Hal ini akan bermanfaat saat mereka mengalami suatu masalah.

4Usia 21 Tahun ke Atas

mabonline.net

Inilah tahap terakhir pendidikan anak sesuai ajaran Rasulullah. Ketika usia anak telah lebih dari 21 tahun, orang tua selayaknya memberikan kepercayaan pada mereka untuk berani memutuskan segala sesuatunya. Termasuk memilih mau bekerja di mana, menikah dengan siapa dan seterusnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here