Semua orang tua berharap memiliki anak yang sehat, baik itu sehat secara fisik, kognitif maupun psikososialnya. Nah, untuk tujuan itu, maka ada satu bagian tubuh yang harus benar-benar dijaga kesehatannya, yaitu otak.

kesehatanku.xyz
kesehatanku.xyz

Kenapa otak perlu benar-benar dijaga, kan sudah ada tempurung kepala yang menjaga otak agar tidak terkena benturan atau pun infeksi bakteri? Itu memang benar, namun kita pun perlu menjaga fungsi dari otak.

Perlu kamu ketahui bahwa otak memiliki fungsi yang sangat penting bagi hidup kita, mulai dari koordinasi gerak, hingga berperan sebagai tempat berpikir, menganalisa, mengingat menjaga keseimbangan, dan lain sebagainya.

effandra.com
effandra.com

Dan yang perlu kita perhatikan, bahwa yang mempengaruhi kesehatan otak bukan hanya faktor benturan saja lho ya! Makanan yang masuk ke dalam tubuh pun mampu mempengaruhi kerja otak secara signifikan.

Jadi penting sekali bagi para orang tua untuk menjaga agar anak-anaknya makan makanan yang sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan otak. Di antara makanan yang ada dan dianggap cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebih adalah makanan berikut ini.

1Tuna

indomerchandise.com

Tuna kan ikan, kok berbahaya sih? Ikan kan mengandung protein yang tinggi dan baik bagi otak? Wah itu memang benar sekali, tuna memang ikan yang mengandung protein yang bagus untuk tubuh kita.

Lalu bahaya tuna di mananya? Tuna yang berbahaya adalah tuna yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi karena pencemaran air laut. Jadi bagi ibu-ibu, hati-hatilah memilih hewan laut.

Berdasarkan hasil riset dari Jurnal Integrative Medicine, orang yang terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri tinggi, akan memiliki resiko besar mengalami disfungsi kognitif.

2Jangan Banyak-Banyak Mengonsumsi Garam

buletinmeletop.blogspot.com

Bukan hanya orang yang tensinya tinggi saja yang dilarang mengonsumsi garam banyak-banyak. Anak-anak pun dilarang untuk mengonsumsinya terlalu banyak.

Berdasarkan penelitian di Kanada, mengonsumsi garam itu harus diiringi aktivitas fisik yang cukup banyak, jika jarang bergerak, maka dapat memberikan dampak negatif bagi kemampuan kognitif.

Sebenarnya sih anak-anak cukup aktif bahkan sangat aktif bergerak, namun ada juga anak yang lebih senang diam dibandingkan bergerak. Jadi kalau kamu punya anak dan nggak bisa diam, jangan kamu marahi ya, ternyata itu bagus buat kesehatannya lho!

3Tahu

tokomesin.com

Tahu merupakan makanan yang cukup lezat dan disukai oleh anak-anak. Tapi, siapa sangka kalau tahu ini dapat menyebabkan penurunan kognitif jika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering. Hal ini berdasarkan hasil sebuah penelitian.

Tapi dengan informasi ini, bukan berarti kita tidak boleh sama sekali memberikan anak kita tahu ya! Namun, jangan terlalu banyak dan terlalu sering, bukankah yang berlebihan itu memang tidak baik.

Tapi kenapa ya tahu bisa menurunkan fungsi kognitif? Jadi penasaran nih! Jadi disinyalir tahu itu mengandung fitoestrogen yang berpengaruh terhadap penurunan fungsi otak.

4Lemak Jenuh

buahsehat-alami.blogspot.co.id

Kalau lemak jenuh, sepertinya tidak hanya berbahaya untuk anak-anak, untuk orang dewasa pun bisa membahayakan, tapi ya sekali lagi kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Untuk anak-anak, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, maka dapat menyebabkan anak kesulitan mengingat kata-kata. Mungkin dampaknya bisa menyebabkan anak lambat bicara.

Waduh! Ternyata banyak juga ya makanan yang berbahaya apabila kita tidak mengatur porsinya dengan baik. Oleh karena hal tersebut, maka para ibu harus lebih variatif dalam menyediakan menu makanan untuk anak setiap harinya.