Jika besok adalah hari terakhirmu? Maka apa yang kamu lakukan?

Pertanyaan yang cukup membuat bulu kuduk merinding, darah berdesir dan otak melayang-layang. Bagaimana tidak begitu? Kita yang enak-enak hidup di dunia, masih ingin banyak hal tapi di vonis besok meninggal.

Tentu semua orang akan kelimpungan, ia akan ingat betapa banyak kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Harta yang segunung, jabatan yang tinggi  keluarga dan saudara yang dicintai tidak menjadi pikiran lagi.

Yang terpikirkan hanyalah kembali ke Tuhannya, kembali ke fitrah, kembali menjadi manusia yang baik. Layaknya ungkapan ini, jika esok engkau tahu akan mati, maka engkau akan lapar kebaikan hari ini.

Kematian memang tidak bisa menurut vonis, ia merupakan misteri yang tidak bisa dipecahkan, kapan, dimana, dengan cara apa dan dalam keadaan apa, kita tidak tahu.

Tapi jika memang sudah di vonis oleh dokter atau ahli kesehatan, ada baiknya kamu melakukan 6 hal di bawah ini.

1Tobat

republika.co.id

Yup, tobat merupakan salah satu hal yang harus diutamakan, minta ampun kepada ALLAH atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Mohon ampun lah dengan sungguh-sungguh, keluarkan air matamu, kalau perlu ,menangislah sejadinya.

Kalau tidak bisa keluar air matamu, maka tangisilah akan kerasnya hatimu. Hanya hati yang keras yang tidak bisa mengeluarkan air mata.

Sebenarnya namanya tobat, jangan harus menunggu mau mati guys, tobat ya secepatnya, karena malaikat maut kapan saja bisa mengambil nyawa kita.

2Minta Maaf

intisari-online.com

Minta maaf yang paling utama adalah kepada orang tua, kepada keluarga dan saudara terdekat, karena pasti dengan mereka kita banyak melakukan kesalahan, menyakiti hati atau mengecewakan mereka.

Tapi juga jangan lupakan orang-orang yang pernah kamu lukai, pernah kamu sakiti atau kecewa dengan tingkah liarmu. Minta maaf lah dengan keikhlasan, jangan gengsi, katakan kepada mereka kalau kamu minta maaf dengan sungguh-sungguh.

3Sedekahkan Harta dan Raga

santrigaul.net

Jika kamu punya harta yang banyak, investasi dimana-mana dan tabungan di banyak tempat, mending disedekahkan guys, siapa tahu bisa mengurangi hukuman atas dosa-dosa kamu, hehe.

Eh, kalau memang ada bagian tubuh kamu yang masih normal bisa digunakan, donorkan saja pada orang yang membutuhkan, tentu akan menjadi pahala tersendiri buat kamu, kalau dicatat malaikat lho, hehe.

4Berperilaku Baik

lingkungankita16.blogspot.com

Tentu ini menjadi hal yang harus dilakukan juga, karena tidak hanya pas hidup yang butuh orang lain, mati pun juga butuh orang lain lho guys. Siapa yang akan memandikan, mengurus dan memakamkan tubuh kamu jika bukan orang lain, hayooo.

Siapa lagi yang mendoakan kamu jika bukan orang lain, so teruslah berperilaku baik, jika kamu baik terhadap banyak orang, tentu imbal baliknya, orang lain juga akan peduli padamu.

5Pesan Untuk Keluarga

guetau.com

Sebelum mati beri pesan terakhir pada orang yan kamu cintai, terutama keluarga. Berilah pesan yang baik, bijak dan bisa menjadi prinsip mereka.

Jangan lupa sertakan kenangan, tinggalan berupa harta yang cukup untuk menghidupi mereka lho.

6Selesaikan Hutang

intisari-online.com

Jika punya hutang segera selesaikan guys, karena tidak hanya di dunia hutang ditagih, tapi juga di akhirat lho. Hutang bisa menjadi penghambat jalanmu di akhirat guys, so segera selesaikan ya.

Pada intinya semua itu seharusnya dilakukan ketika masih hidup, masih segar  dan masih bernafas, karena mati tetaplah misteri, siapa tahu sudah divonis mati tapi malah lebih lama hidupnya, atau yang tidak di vonis malah cepat matinya.

So 6 hal tadi dilakukan saja di tiap hari daam kehidupan, pasti dech kamu tidak kebingungan ketika besok hari terakhir nafasmu berhembus.

Semoga bermanfaat ya