Permasalahan finansial merupakan masalah yang sangat klasik. Hampir dialami oleh semua orang dari generasi ke generasi. Pertanyaannya, apakah permasalahan ini disebabkan oleh penghasilan kita yang tidak seberapa?

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Permasalahan ekonomi belum tentu disebabkan oleh penghasilan yang kecil. Kenapa begitu? Karena banyak juga orang-orang yang notebene memiliki penghasilan puluhan juta, namun tetap saja banyak yang terlilit hutang.

Kenapa bisa terlilit hutang ya? Ya salah satunya dipengaruhi oleh gaya hidup yang peningkatannya lebih tinggi dibandingkan kenaikan gaji tiap tahunnya.

Biasanya kalau orang berpenghasilan besar, pengeluaran terbesarnya bukan lagi pada pemenuhan kebutuhan pokok, namun pada pemenuhan kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersiernya.

Tapi, sebenarnya kita bisa kok terbebas dari permasalahan ekonomi. Bagaimana caranya? Jadi berapapun penghasilanmu, maka saat gajian kamu harus membagi uang yang kamu dapat menjadi 5 bagian.

Kok 5 bagian sih? Untuk apa aja? Untuk apa saja 5 bagian itu, langsung kita lihat saja yuk!

1Biaya Hidup

hijabumroh.com

Bagian pertama yang perlu kamu alokasikan adalah untuk biaya hidup. Ingat ya, biaya hidup bukan untuk gaya hidup. Soalnya kalau untuk memenuhi gaya hidup, maka seluruh gajimu bisa habis dalam sehari.

Biaya hidup itu meliputi, biaya untuk makan kamu sehari-hari, untuk peralatan mandi, transportasi, dan lain sebagainya. Intinya yang menunjang kehidupanmu sehari-hari.

Namun, yang perlu kamu ingat, jika kamu ingin kaya, maka pilihlah gaya hidup yang sederhana. Makanlah sesuai kebutuhan dan belilah sesuatu sesuai kebutuhan. Dengan begini, kamu bisa lebih hemat dan terbebas dari masalah ekonomi.

2Sedekah dan Menjamu Teman

rotidankopi.blogspot.com

Tentunya ini merupakan satu hal yang tidak boleh kamu lupakan saat kamu mendapatkan gaji, yaitu bersedekah. Bersedekah bisa diperuntukkan bagi siapa saja yang tidak mampu, namun utamakan kerabat terdekat.

Nah, selain sedekah, kamu pun perlu menyisihkan sebagian uang untuk menjamu teman. Kenapa perlu menjamu teman? Karena bisa jadi, kesuksesan kita kini dan nanti itu disebabkan karena doa teman-teman kita.

3Pengembangan Diri

belajarforex.guru

Supaya kita mendapatkan peluang yang mampu menghasilkan uang lebih banyak lagi, maka kita perlu mengalokasikan sebagian uang kita untuk pengembangan diri.

Dengan meningkatnya kualitas kita, maka kesempatan kita untuk mendapatkan uang menjadi lebih terbuka luas, karena akan banyak yang membutuhkan keahlian kita.

Kalau sudah begitu, uang yang kita gunakan untuk pengembangan diri ini, suatu saat nanti akan kembali lagi ke kita. Bisa jadi dalam bentuk yang berbeda. Bukankah rezeki itu bukan selalu berupa uang?

4Liburan

ciricara.com

Jika kita jenuh dengan rutinitas keseharian kita, maka sekuat apapun kita berusaha untuk semangat, maka akan sulit bagi kita berkembang. Oleh karena itu, kita harus selalu mengatasi kejenuhan.

Bagaimana caranya mengatasi kejenuhan? Caranya tentunya mudah sekali, yaitu dengan liburan. Untuk tempat liburan ke mana dan seperti apa, itu diserahkan kembali ke setiap individu, satu dengan yang lainnya tentu berbeda.

Nah untuk liburan ini, maka kita perlu mengalokasikan dananya. Liburan sebaiknya sudah direncanakan dari awal. Kalau kita terbebas dari jenuh, tentunya kita bisa bekerja dengan baik dan mendapatkan penghasilan yang baik pula.

5Investasi

okupasi.com

Bagian terakhir yang perlu kamu persiapkan juga adalah dana untuk investasi. Jangan pernah biarkan uangmu diam ditabungan begitu saja. Investasikanlah, biar uang kamu berputar dan menghasilkan.

Bukankah kalau investasi ini menghasilkan, maka uang kamu akan bertambah banyak, dan semakin sering kamu investasi, maka kamu akan lebih cepat menjadi orang kaya.

SHARE