Karier adalah kita sendiri yang menentukan, itu merupakan pilihan masing-masing. Ada yang ingin menempuh karier menjadi seorang pengusaha atu pebisnis, ada yang ingin menjadi karyawan, atau karier di bidang fashion, dan lain sebagainya.

Semuanya sah-sah saja, semua itu merupakan pilihan yang kamu ambil. Akan tetapi mungkin diantara kamu ada yang ingin mandiri alias tidak ingin bekerja di tempat orang lain, justru ingin ‘mempekerjaan’ orang lain, yakni dengan kata lain menjadi bos.

Jika kamu ingin mandiri atau paling tidak menjadi bos bagi dirimu sendiri, sebaiknya kenali dulu kemampuanmu serta cari tahu bisa atau tidak kamu menjadi bos?

Baiklah, untuk mengetahui terdapat ‘mental bos’ dalam dirimu atau tidak, bisa cek dulu apakah kamu memiliki beberapa hal di bawah ini.

Mengetahui dan Mampu Memaksimalkan Kelebihanmu

kiki widyasari bos
celahsinar.blogspot.com

Tahukah kamu bahwa menjadi bos, bukanlah ia yang mampu melakukan segala hal seorang diri. Akan tetapi seorang bos yakni ia mampu mengoptimalkan kelebihannya sehingga dapat membantu orang lain untuk memaksimalkan keahlian yang ada dalam diri mereka.

Apakah kamu sudah mengetahui kelebihan atau keistimewaan yang kamu miliki? Jika sudah, apakah kamu mampu memaksimalkan kelebihanmu?

Ketika kamu sudah mampu malakukannya maka saat kamu menjadi bos kamu dapat menjalin kerjasama dengan kuat.

Memiliki Tujuan Jelas dalam Urusan Karier

BOS 2
papasemar.com

Kamu sudah memiliki target-target dalam hidupmu. Apa target yang ingin kamu capai dalam dalam lima tahun yang akan datang? Apakah kamu sudah memiliki tujuan, akan dibawa kemana usaha yang kamu rintis saat ini?

Jika kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut maka kamu sudah layak menjadi bos bagi dirimu sendiri.

Mampu Membagi Prioritas dengan Baik

BOS 3
bisnisukm.com

Menjadi bos adalah tahu cara membagi prioritas dengan baik, sehingga tidak seenaknya mengatur segala sesuatu dengan sesuka hati.

Misalnya hal itu bisa dilihat dari caramu mengatur waktu dengan baik. Kamu bisa datang tepat waktu, disiplin dalam mengerjakan tugas, dan lain-lain.

Memiliki Kemampuan Membangun Jaringan dengan Baik

BOS 44
japo.me

Menjadi bos berarti kamu pasti berurusan dengan banyak orang, sehingga sangat penting bagimu memiliki kemampuan membangun jaringan dengan baik.

Dengan jaringan yang luas dan terjalin dengan baik, maka akan membantu bisnis atau usahamu untuk berkembang.

Berani Ambil Resiko Namun Juga Jeli

BOS 5
csdnews.com

Berani mengambil resiko bukan berarti sembarangan dalam bertindak, ia juga disertai dengan perhitungan dan pertimbangan yang sangat jeli.

Ketika mengambil resiko seorang bos juga bisa mengukur agar kedepannya bisa berdampak positif terhadap yang usahanya.

Apakah kamu memiliki kemampuan di atas? Jika iya berarti paling tidak kamu bisa menjadi bos untuk dirimu sendiri atau bahkan bisa menjadi pengusaha sukses.

Atau mungkin kamu punya pendapat sendiri tentang kemampuan apa saja yang perlu dimiliki untuk memiliki ‘mental bos’?

SHARE