Huft, menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari tentu membuatmu penat. Tugas kantor menumpuk, tugas sebagai ibu ruman tangga yang menguras tenaga dan pikiran atau bagi kamu yang masih menjadi mahasiswa dibuat pusing oleh tugas kuliah yang menggunung.

Itulah hal-hal monoton yang setiap hari kamu temui tanpa tahu kapan akan berakhir. Yup, namanya juga rutinitas.

Bagi kamu pekerja kantoran yang setiap pagi berangkat kerja, terjebak kemacetan, dan masih di sibukkan dengan lembaran-lembaran di meja kerja tentu membuamu merasa sesak.

Sama halnya dengan mahasiswa yang dikejar deadline pengumpulan tugas begitupun dengan ibu rumah tangga yang menjalani kegiatan monoton setiap hari, tentu semakin membuat bosan dan penat.

Terkadang kita lupa kapan waktu untuk istirahat, atau malah kita sering berpura-pua untuk tak memahami keadaan tubuh yang sudah akut merasakan kelelahan.

Salah satu “obat” mujarab untuk mengatasi kepenatan tersebut adalah dengan liburan. Nah, sebaiknya mulailah peka terhadap dirimu.

Berikut tanda-tanda yang dapat kamu rasakan jika kamu butuh liburan level akut.

1Lupa Akan Nikmatnya Sinar Matahari

images.fondecranhd.net

Biasanya para pekerja kantoran berangkat pagi sekali, ketika matahari masih nyenyak di peraduannya. Dan mereka pulang saat matahari sudah tenggelam.

Nah, dapat dibayangkan, jangankan melihat cahaya matahari, kehangatan sinar mataharipun tak pernah menyentuh kulitmu.

Kamu lupa akan hangatnya sinar matahari pagi, kamu lupa panasnya sengatan sinar matahari karena tubuhmu “terjebak” di dalam dinding ruang kerja kantor.

Kamu juga lupa betapa indahnya sunrise dan sunset, lupa akan sensasi keindahannya. Jika kamu telah merasakan itu semua, saatnya angkat ranselmu untuk liburan!

2Laptop Menjadi Teman Terbaikmu

pelangiituaku.files.wordpress.com

Ketika kamu berada dalam “cengkraman” kesibukan, laptop seakan menjadi teman terbaikmu. Betapa tidak, dia selau menemani hari-harimu untuk menyelesaikan segudang tugas-tugas hingga larut malam.

Dia juga tak pernah marah saat kamu tinggal tidur karena kelelahan. Diapun siap untuk menemanimu begadang kembali. Dan dengan senang hati diajak kemanapaun kamu pergi untuk menjalani meeting.

Yup, seperti itulah mungkin gambarannya bahwa kamu perlu rehat sejenak dari rutinitas yang membuatmu lelah hingga bukan lagi teman-teman yang membuatmu tertawa tapi justru laptop yang menemani hari-harimu.

3Mengungkapakan Teori “Dilema Kuliah-Kerja”

swadaya.ac.id

Masih ingatkah kamu saat berada di bangku kuliah, mungkin bagi sebagian besar mahasiswa banyak waktu luang dan ingin sekali liburan tapi sayangnya tidak punya cukup uang untuk liburan.

Yah, maklum saja mungkin juga saat itu masih meminta orang tua atau sudah kerja partime tapi uangnya untuk membantu baiaya kuliah.

Nah, saat kamu sudah berkarir alias sudah bekerja, kamu ngeluh lagi, sekarang sudah punya uang untuk liburan tapi kendala di waktu, tak ada waktu luang untuk liburan.

Itulah teori “Dilema Kuliah-Kerja”, saat kamu sudah mencetuskan teori tersebut, itu adalah tanda akut kamu perlu berlibur.

4Hati Bergejolak Saat Melihat Harga Tiket Murah

cdn-2.tstatic.net

Ketika kamu melihat di layar komputermu jejeran harga tiket liburan yang murah, hatimu langsung menjerit “I wanna gei it, right now!”

Rasanya buru-buru ingin mengepak koper dan meluncur ke beberapa destinasi wisata yang kamu inginkan.

Mungkin menikmati panorama indahnya pantai di Lombok, jalan-jalan ke kota Pelajar Yogyakarta, atau hanya ingin menikmati pesona sunset di Pantai Losari.

Namun, renacana itu seakan hanya menguap di dinding-dinding kamar saja. Karena kamu baru tersadar bahwa itu tak terjadi di dunia nyatamu.

Deretan tugas dan pekerjaan masih menunggu untuk kamu kerjakan.

5Mode “Auto-Pilot” Adalah Rutinitasmu

images.detik.com

Beginilah alurnya : Tidur – Bangun – Beangkat Kerja – Pulang – Tidur, dan hal itu terus terjadi dengan di ulang-ulang.

Yah, itu ritme hidupmu, sehingga membuatmu seakan kebal dengan godaan untuk keluar dari rutinitas sehari-hari.

6Hangout Hanya Keluar Makan Bersama Teman-teman Kerja

blog.carionline.com

Tampaknya adalah makan siang bersama teman-teman kantor, tapi apa bedanya dengan hangout berdua sama laptop jika yang dibahas dalam makan siang tak jauh dari pekerjaan kantor.

Bosan dan jenuh tentunya, inginnya hangout itu dapat menyegarkan pikiran dari rutinitas, tapi jika hangoutmu hanya bisa lunch bersama teman kantor seperti itu maka kamu perlu mencharge semangatmu lagi dengan  liburan.

7Lupa Kapan Terakhir Kali Kamu Senang

www.coachtatang.com

Kamu bingung dan terdiam mengingat-ingat kembali kapan terakhir kali kamu merasakan liburan. Mungkin sudah terlalu lama tidak menikamati sensasi liburan, sehingga kamu lupa kapan terakhir kali kamu bersenang-senang.

8Ketakutan Saat Ponsel Berdering

assets.kompas.com

Ponsel bisa menjadi ketakutan terbesarmu. Ketika ia berdering pikiranmu langsung melayang-melayang dari siapakah itu? Pak Bos atau Klien?Atau Sekertaris yang menanyakan tugas?

Jantungmu pun juga berirama lebih cepat. Sudahlah, itu adalah tanda akut, kamu harus butuh waktu untuk liburan. Menikmati sejuknya udara pantai akan mebuatmu rileks.

Jika kamu telah merasakan tanda-tanda di atas, dapat dipastikan kamu telah mengidap gejala perlu liburan tinkgat akut.

Tubuh, tenaga, dan pikiranmu seperti hampir menyerah mengadapi rutunitas yang melelahkan. So, saat tugamu telah selesai buruan angkat koper dan ranselmu untuk menikmati liburan.