Zaman kini telah berubah. Pada era modern seperti saat ini, semua hal dapat dijual. Baik yang bersifat konkrit maupun abstrak dapat dinilai sejumlah uang untuk diperdagangkan.

Kini Indonesia telah menjadi pasar. Begitu pula Tiongkok, meskipun masih mempertahankan potensinya untuk menyuplai barang apa saja ke seluruh dunia. Sebentar lagi mereka juga akan menjadi pasar.

Bagi anak muda Indonesia. Kini pilihan ada di tanganmu. Apakah tetap akan menjadi konsumen saja ataukah menjadi seorang pengusaha yang mandiri.

Satu hal yang jelas, tidak ada kesuksesan yang instan. Semua butuh proses yang cukup melelahkan. Seperti para desainer dan inventor yang berhasil menciptakan berbagai terobosan produk bernilai tinggi di pasaran. Lalu apa saja yang bisa kita pelajari dari mereka? Berikut ulasannya.

Mereka Terlihat Jenius? Tidak Juga

unsplash.com
unsplash.com

Jika kamu melihat berbagai produk start up yang berkembang di Indonesia saat ini begitu luar biasa. Mungkin kamu berpikir mereka yang menciptakannya adalah orang-orang jenius. Padahal sebenarnya, semua orang sama-sama jeniusnya.

Bahwa jenius sebenarnya merupakan hasil dari proses percobaan berulang dengan beberapa pemaksaan dan penyesuaian mendasar. Sehingga berbagai konsep keren dan desain unik itu sebenarnya merupakan konsep pemaksaan ide yang hasilnya sempurna.

Perhatikan dengan Mata dan Kepala

unsplash.com
unsplash.com

Hasil yang baik dari suatu desain produk selalu bergantung pada apa yang dilihat oleh indera penglihatanmu. Apa yang kamu lihat, berkelindan dengan hasil pikiran di kepalamu. Maka, perhatikan setiap masalah dengan detail.

Temukan di mana letak salahnya, bagian mana yang kurang, dan bagaimana kamu memperbaiki dan menyempurnakannya. Di sanalah letak konsep dan desain produkmu sebagai solusi atas masalah yang hendak kamu selesaikan.

Lakukan Sesuatu yang Berdampak

unsplash.com
unsplash.com

Banyaknya dukungan dan bantuan yang kamu dapatkan berkolerasi dengan ide dan gagasanmu. Maka lakukan suatu project yang berpengaruh cukup besar pada lingkungan dan masyarakat. Atau untuk mencari solusi mendasar atas suatu masalah.

Selain itu, keberadaan tim juga mutlak diperlukan dalam program yang kamu lakukan. Dengan kecenderungan manusia yang mendukung sesuatu yang baik, maka akan ada banyak orang yang mendukung di belakangmu supaya dapat berhasil bersamamu.

Pahami Tujuannya, Evaluasi Hasilnya

unsplash.com
unsplash.com

Memahami dengan benar tujuan dasar dari sebuah produk, sistem atau teknologi yang kamu ciptakan sangat diperlukan sebelum melangkah pada tahap evaluasi.  Karena, tanpa adanya evaluasi yang berdasar dari tujuan dan maksud dasar, suatu project akan terasa hambar dan mengambang.

Jika Bukan Dampak, Tunjukkan What dan Why

unsplash.com
unsplash.com

Saat desain atau penemuanmu tidak memberikan dampak yang cukup besar pada aspek sosial, maka tunjukkan apa dan mengapa sebuah masalah harus di cari jalan keluarnya. Hal ini sangat krusial dan cukup sulit untuk dilakukan. Namun sangat penting.

Penemuan yang Baik Itu Terinderawikan Secara Visual

unsplash.com
unsplash.com

Dalam pepatah Inggris populer disebutkan, good design is obvious atau jika di Indonesiakan, penemuan, desain, teknologi, sistem atau produk yang baik itu adalah yang kentara atau mudah terlihat.

Dengan cara sini, masyarakat dapat melihat masalah apa yang ingin kamu selesaikan. Selain itu, mereka juga akan cepat mengerti tentang konsep dan cara kerja inovasimu dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi, jangan terlalu rumit membuat desain dan produkmu, cukup ciptakan sesuatu yang jelas dan kentara.

[td_smart_list_end]