Di dunia ini ada banyak sekali jenis pekerjaan, mulai dari pekerjaan mentereng, gaji besar, fasilitas lengkap gratis, sampai pekerjaan yang jenisnya tidak dilirik sama sekali, boro-boro fasilitas, gaji pun defisit, bahkan bisa jadi tidak dapat penghasilan sama sekali.

Di satu sisi, pekerjaan dengan penghasilan kecil ini secara tak sadar sebetulnya sangat dibutuhkan oleh orang-orang. Boleh jadi orang-orang sangat tergantung dengan mereka.

Dengan adanya mereka lah, keseimbangan hidup ini bisa terjadi. Apa saja profesi tersebut?

1Tukang Ojek

tribunnews.com

Saat ini ojek sudah menjadi salah satu transportasi andalan, terutama di kota-kota besar yang menjadikan ojek sebagai alternatif angkutan umum karena faktor kemacetan lalu lintas.

Sudah tak terbilang jasa tukang ojek yang menyalip sana-sini demi membawa penumpang sampai ke tujuan tepat waktu.

2Tukang Sayur Keliling

mubarika-darmayanti.com

Tukang sayur keliling sangat berjasa dalam membantu para ibu rumah tangga untuk tidak perlu repot-repot ke pasar atau supermarket membeli kebutuhan dapur.

Tukang sayur yang keliling komplek atau kampung untuk menjajakan dagangannya sudah menyediakan apa yang dibutuhkan lengkap di atas gerobak dorongnya.

3Tukang Parkir

abekabek.blogspot.com

Bagi yang membawa mobil, pasti sangat terasa sekali kehadiran tukang parkir ini sangat membantu.

Mulai dari mencarikan tempat parkir, membantu mengarahkan kendaraan untuk masuk dan keluar parkiran, sampai membantu menyebrangkan kendaraan bila dekat jalan raya.

4Pedagang Kaki Lima

adityafajar.com

Kalau kamu kelaparan tiba-tiba di tengah perjalanan, kamu bisa berhenti sebentar, menepi untuk mencari makanan ringan atau minuman ke pedagang kaki lima.

Kehadiran mereka seperti oasis di tengah gurun sahara. Ketika sedang letih dan lapar, adanya mereka seperti penolong bagi perut.

5Cleaning Service

mitra-mandirigondola.com

Nah, orang-orang ini berjasa besar membuatmu nyaman belajar di ruang kuliah, nyaman bekerja di kantor, nyaman memasuki sebuah gedung.

Coba kalau ruangan yang akan kamu pakai kotor, bau, menjijikkan? Tentu adanya mereka tidak bisa kita remehkan begitu saja.

Mereka lah orang pertama yang rela berkotor-kotor demi melihat semua orang nyaman menempati suatu ruangan.

6Tukang Angkut Sampah

coneight.com

Siapa yang kuat menahan bau sampah lama-lama? Jangan pernah sebut mereka dengan tukang sampah. Sebab yang pantas disebut tukang sampah adalah kita, yang sering membuang sampah sembarangan.

Mereka ini justru yang membersihkan sampah, mengangkut sampah yang secara tak bertanggung jawab kita buang begitu saja di jalanan.

7Penyapu Jalan

republika.co.id

Kalau jalanan kota tampak bersih, terasa nyaman, maka berterima kasih lah pada mereka, para penyapu jalanan yang rela dibayar kecil, tapi tetap berdedikasi pada pekerjaannya dengan sepenuh hati dan jiwa.

8Penjual Makanan di Depan Bangunan

perumtelagamas.blogspot.com

Mereka juga berjasa sama seperti pedagang kaki lima. Menjual makanan ringan atau minuman untuk melepas dahaga dan rasa lapar para pekerja bangunan.

9Kurir

kurirdepok.com

Pasti kurir adalah orang yang kamu tunggu-tunggu kehadirannya di rumah, ketika memesan barang, membelinya secara online.

Kurir lah yang rela berpanas-panas dan kehujanan, mencari alamat rumah seseorang yang seringkali tidak jelas, hanya demi mengantar sebuah barang sampai pada tangan penerimanya.

Jangan lupa bersyukur, berterimakasihlah pada mereka, dan terus berbagi rejeki yang kamu punya. Kita tidak pernah tahu, kebaikan kecil yang manakah yang akan memasukkan kita k