John Maynard Keynes adalah ekonom asal Inggris, sekaligus pemimpin Bank of England yang telah mengubah ilmu ekonomi menjadi sebuah mesin bagi revolusi perubahan sosial saat Inggris mengalami badai resesi dan krisis perekonomian.

Dunia sejarah ilmu ekonomi semakin sempurna karena muncul berbagai pemikiran mengenai ekonomi dan keuangan yang baru dari J.M, Keynes yang dinilai para ahli ekonomi sebagai ekonomi modern.

Kemudian ia dikenal sebagai tokoh yang menyebabkan lahirnya aliran ekonomi baru yakni aliran Keynes.

Back

1. Siapakah Keynes?

John Maynard Keynes dilahirkan di Cambridge, Inggris pada tanggal 5 Juni 1883. Tahun kelahiran Keynes bertepatan dengan tahun wafatnya Karl Marx.

Kedua tokoh pemikir ekonomi yang waktunya bersinggungan ini sangat berbeda cara pandang satu sama lain. Namun demikian, keduanya banyak mempengaruhi filsafat sistem kapitalis yang saat ini telah mendunia.

Nama John Maynard Keynes adalah sebuah nama Inggris kuno. Kecakapan serta sifat-sifat baiknya diperoleh secara turun temurun.

Pada bidang akademik, ia menjadi dosen dalam mata kuliah ilmu ekonomi dan keuangan di cambridge.

Keynes juga tercatat sebagai bendaharawan King’s College, menjadi anggota Royal Cominision, dan jabatan bergengsi lainnya.

liveluvcreate.com
Back