Kasus perkosaan yang dialami almarhumah Yuyun menyedot perhatian publik dalam beberapa hari terakhir. Tidak terkecuali Presiden Joko Widodo. Jokowi berharap pelaku perkosaan dan pembunuhan Yuyun diberi hukuman seberat-beratnya. Ini disebabkan Yuyun adalah generasi penerus yang harus dilindungi.

Dalam akun twitternya @jokowi Rabu (4/5) beliau membuat pernyataan “kita semua berduka atas kepergian Yuyun yang tragis. Tangkap dan hukum pelaku seberat-beratnya. Perempuan dan anak-anak harus dilindungi dari kekerasan.

Sebelumnya, terlebih dahulu pegiat LSM mengutuk kasus perkosaan dan pembunuhan Yuyun. Korban yang masih 14 tahun dan diperkosa 14 orang tersebut semakin menyita perhiatan publik karena brutalnya perilaku pelaku terhadap Yuyun sangat diluar batas kemanusiaan.

Seorang perwakilan LSM Perempuan Mahardhika, Mutiara Ika Pratiwi menuntut Presiden Jokowi untuk segera bersikap tegas dalam menyikapi kasus ini.

Ika berpendapat, ketegasan sikap dan respons presiden terhadap kasus Yuyun sangat dibutuhkan untuk mempercepat kerja aparat penegak hukum dalam menuntaskan kasus tersebut dan kasus kekerasan sejenis lainnya.

“Pernyataan ini akan membantu kesamaan sikap seluruh birokrasi dan seluruh aparatur negara dari pusat hingga daerah, akan melihat ini sebagai situasi yang penting. Tapi itu (pernyataan sikap Jokowi) yang kita tunggu-tunggu,” kata Ika.

SHARE