Bisnis jual beli mobil adalah bisnis yang sepertinya dapat bertahan lama. Artinya, dalam bisnis ini kamu mungkin tidak akan mengalami keuntungan yang meroket tajam tanpa usaha apapun.

Namun, kamu juga tidak akan mengalami rugi berat seperti yang terjadi pada bisnis-bisnis monyet (monkey Business). Monkey business adalah bisnis yang tenar dalam waktu singkat, kemudian tiba-tiba meredup.

Nah, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dalam bisnis menjual atau membeli mobil. Kamu haru tetap mewaspadai berbagai hal yang terasa tidak lazim untuk menghindari penipuan jual beli mobil yang kerap terjadi.

1Tips Membeli Mobil

youtube.com

Kalau kamu sangat awam dalam dunia otomotif terutama seputar mobil, sebaik kamu browsing singkat dulu mengenai mobil. Kamu juga perlu tanya kerabat atau teman kamu yang mengerti tentang mobil.

Karena perkara membeli mobil adalah tentang uang yang besar, puluhan hingga ratusan juta. Mungkin kalau kamu membeli mobil baru, kamu akan mendapat jaminan garansi dan resiko dibohongi sangat kecil.

thegaspol.com
thegaspol.com

Namun, kalau kamu berniat membeli mobil bekas, banyak hal yang harus kamu cari tahu. Minimal kamu tahu sedikit tentang mesin mobil yang akan kamu beli. Bagaimana ciri mesin yang masih bagus, bagaimana perawatannya dan lain lainnya.

Untuk mendapatkan referensi yang lebih jauh, kamu bisa ikut berbagai obrolan di forum otomotif. Sedangkan untuk mendapat pilihan lebih banyak, kamu bisa mencoba mencarinya di berbagai situs jual beli mobil online.

cangcut.net
cangcut.net

Tentu saja jika telah tetap pada satu pilihan mobil dari situs jual beli mobil online, kamu harus bertemu empat mata dengan penjualnya. Melihat secara langsung mobilnya, mengecek onderdil dan kelengkapannya.

Hal yang terpenting adalah jangan sampai kamu menyetujui untuk melakukan transfer uang berapapun nominalnya jika mobil belum dapat kamu bawa. Banyak beredar modus penipuan dengan cara menyuruh transfer uang seperti ini.

2Tips Menjual Mobil

beritadaerah.co.id

Kalau kamu ingin memulai bisnis menjual mobil, tentu kamu juga harus mengerti betul tentang membeli mobil. Hal ini berkaitan dengan harga mobil yang kamu beli, agar tidak terlalu tinggi dan bisa kamu jual dengan harga yang lebih tinggi.

Kamu mungkin bisa mengunjungi beberapa kawasan yang menjadi pusat mobil bekas. Dari pusat-pusat mobil bekas tersebut kamu bisa hunting mobil bekas dengan harga yang cukup rendah untuk dapat dijual kembali.

iklanmobilbekas49.biz
iklanmobilbekas49.biz

Kamu mungkin akan butuh bantuan orang lain karena ketika terjadi jual beli mobil, proses di belakannya pun mengikuti. Seperti urusan STNK, BPKB, pajak di SAMSAT, kredit mobil, dan banyak hal administratif lainnya yang harus diselesaikan.

Tentu saja kamu harus menyiapkan showroom mobil jika ‘koleksi’ mobil yang akan kamu jual sudah cukup banyak. Kamu juga bisa menawarkan mobil lewat situs jual beli mobil online.

Beberapa situs yang terpercaya seperti mobil123.com, carmudi.co.id, mobil88.astra.co.id, otosia.com, garasi24.com, rajamobil.com, warungmobil.com, otopedia.com, dan mobilbekas.co.id.

techno.okezone.com
techno.okezone.com

Nah, informasi yang kamu pasang lewat situs jual beli online tersebut juga harus asli dan otentik. Gunakan foto yang jelas pada berbagai bagian mobil, jelaskan kondisi kekurangan mobil.

Dengan begini, jika calo pembeli meminta untuk bertemu secara langsung dan melakukan cek pada kondisi mobil, calon pembeli tersebut tidak akan merasa dibohongi oleh iklan spesifikasi dan detil keadaan mobil yang kamu tawarkan lewat situs.

Terakhir, membeli atau menjual, usahakan semua transaksi dilakukan tanpa bunga. Adanya bunga dalam transaksi kredit / cicil kerap menjadi masalah tersendiri pada waktu-waktu yang akan datang.