Mendaki adalah sebuah hobi yang hanya dimiliki bagi mereka yang menyukai tantangan. Kadang ada yang mendaki memang karena panggilan hati, namun juga ada yang mendaki karena faktor lain.

Seperti ketika ternyata seorang perempuan menikah dengan lelaki pendaki, maka dia akan sebisa mungkin berusaha mau melakukan pendakian demi menyenangkan hati suaminya.

Atau yang memang harus melakukan pendakian karena ikut pelatihan atau diklat suatu organisasi. Dan masih banyak alasan lain bagi seseorang untuk mendaki.

Nah, di artikel ini kamu akan menemukan beberapa jurus jitu agar pendakianmu menjadi lebih ringan dan tidak terasa berat.

Terutama bagi kamu yang baru saja ingin memulai hobi barumu ini, atau bagi kamu yang ingin belajar mengenal hobi mendaki.

1Masukan Makanan Ringanmu dalam Kantong Plastik Kecil

makancentil.wordpress.com

Apakah kamu tahu model plastik klip yang kecil-kecil dengan berbagai ukuran itu?

Ya, plastik yang satu ini bisa sangat membantumu di saat pendakian. Kamu bisa menyiasati penyimpanan makanan ringanmu di dalam kantong plastik praktis tersebut.

Kantong makanan ringan yang biasanya menggelembung besar akan membuat ruang tas carriermu menjadi lebih sempit.

Jadi jalan amannya, kamu bisa tetap membawa banyak macam makanan ringan, dengan memasukkan ke plastik klip, maka ruangan dalam tas carriermu tetap luas.

2Pasang Plester dan Petroleum Jelly di Kaki

id.wikipedia.org

Masalah kaki terkilir atau lecet sudah menjadi makanan biasa bagi para pendaki gunung. Namun walau begitu, hal tersebut sebisa mungkin harus kamu hindari.

Selain agar pendakianmu tetap berjalan lancer karena kamu tak harus terlalu banyak istirahat akibat kaki sakit, pendakianmu juga akan lebih terasa nyaman dan menyenangkan.

Nah, salah satu pencegahan yang bisa kamu lakukan agar kaki tidak lecet, kamu bisa memasang plester dan petroleum jelly pada kakimu.

Oleskan bahan kimia tersebut pada bagian-bagian kaki yang mudah lecet, lalu tutup dengan plester.

3Letakkan Barang-barang Penting di Tempat Mudah Jangkau

theindira.blogspot.com

Barang-barang pentingmu seperti HP (walau mungkin di beberapa spot HP tak akan bisa digunakan karena tak ada sinyal di ketinggian), botol minum, atau minyak kayu putih, pasti amat berharga saat mendaki.

Karena kamu tahu benar barang-barang tersebut amat penting dan sangat kamu butuhkan sewaktu-waktu, maka ada baiknya kamu letakkan barang-barang tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

Missal, botol minum kamu letakkan di kantong tas bagian samping, beberapa lembar uang dan obat-obatan darurat di saku jaketmu, kacamata hitam di tas kecilmu, dan sebagainya.

Di sini tentu kamu yang lebih paham dan bisa memilah-milah seberapa pentingnya barang tersebut dan baiknya diletakkan di tempat mana yang mudah kamu jangkau.

4Masukkan Ujung Celana Dalam Sepatu Boot/Daki-mu

agustinriosteris.blogspot.com

Trik yang satu ini bisa membuatmu terhindar dari ‘keganasan’ semak belukar yang penuh duri.

Sepatu boot dakimu mungkin sudah cukup aman melindungi kaki, namun lebih baik lagi jika kamu bisa mengantisipasi kemungkinan kakimu terkena duri dari semak dengan memasukkan ujung celana dalam sepatu.

Dengan begini, maka kemungkinan kakimu terluka atau tergores duri semak akan semakin sedikit.

5Sesuaikan Arah Tenda dengan Arah Angin

en.wikipedia.org

Pada saat camping, kamu akan merasakan sensasi udara dingin dan banyaknya nyamuk di alam terbuka.

Nah, jika kamu tak ingin terganggu dengan gigitan nyamuk, kamu bisa menghindari nyamuk dengan menyesuaikan arah tendamu menghadap arah datangnya angin.

Trik ini terbukti sangat ampuh mengurangi serangan nyamuk, karena nyamuk biasanya datang melawan arah angin.

Nah, beberapa tips di atas bisa kamu praktekkan saat mendaki. Selain bisa menjadikan pendakianmu lebih nyaman dan menyenangkan, kamu juga bisa lebih merasakan kemudahan sampai di puncak gunung.

Selamat mendaki!

SHARE